Media Pembelajaran Berbasis Canva Dengan Desain Infografis Dalam Mata Pelajaran Sejarah di Sekolah Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4798Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis canva dengan desain infografis yang valid dan efektif untuk siswa sekolah menengah atas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE meliputi; Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 10 Palembang dengan subyek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 4 yang berjumlah 41 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik tes dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kevalidan media pembelajaran dinilai dari tiga ahli yakni ahli materi, media, dan desain instruksional telah memenuhi kriteria valid. Hasil validasi materi 4,50 dengan kategori sangat valid. Hasil validasi media 4,43 dengan kategori sangat valid. Hasil validasi desain instruksional 4,50 dengan kategori sangat valid. Rata-rata hasil uji validitas adalah 4,47 dengan kategori sangat valid. Hasil tahap uji coba lapangan diperoleh nilai N-gain sebesar 0,71 dengan keefektifan kategori tinggi. Berdasarkan data hasil penelitian diketahui bahwa media pembelajaran berbasis canva dengan desain infografis sudah memenuhi kriteria valid dan efektif sehingga layak digunakan.
Keywords:
pengembangan, media pembelajaraan, desain infografis, canvaDownloads
References
Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Kartu Domino Bilangan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Pelangi, 9(2).
Darung, A., Setyasih, I., & Ningrum, M. V. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Menggunakan Poster Infogrfis. geoedusains: Jurnal Pendidikan Geografi, 1(1), 27-41.
Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11.
Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).
Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384-2394.
Kamaliah, K. (2021). Hakikat peserta didik. Educational journal: General and Specific Research, 1(1), 49-55
Mustafida, F. (2013). Kajian Media Pembelajaran Berdasarkan Kecenderungan Gaya Belajar Peserta Didik SD/MI. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 20.
Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra indonesia jenjang sma/ma. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 79-96.
Rahmat, Pupu Saeful. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Surabaya : PT. Scopindo Media Pustaka.
Sa’adah, Risa Nur, dan Wahyu. (2020). Metode Penelitian R&D (Research and Development) Kajian Teoretis dan Aplikatif. Malang: Literasi Nusantara.
Saputra, M. I. (2015). Hakekat pendidik dan peserta didik dalam pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 231-251.
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39.
Sukmadinata, N. S. (2018). Metode Penelitian Pendekatan. Rosdakarya
Sutarti, T & Irawan, E. (2017). Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Yogyakarta : Deepublish
Widyastuti, E. (2019). Using the ADDIE model to develop learning material for actuarial mathematics. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1188, No. 1, p. 012052). IOP Publishing.
Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102-118.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Imamatul Azizah, Retno Susanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work