Media Pembelajaran Berbasis Canva Dengan Desain Infografis Dalam Mata Pelajaran Sejarah di Sekolah Menengah Atas

Authors

  • Imamatul Azizah Universitas Sriwijaya
  • Retno Susanti Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4798

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis canva dengan desain infografis yang valid dan efektif untuk siswa sekolah menengah atas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE meliputi; Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 10 Palembang dengan subyek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 4 yang berjumlah 41 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik tes dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kevalidan media pembelajaran dinilai dari tiga ahli yakni ahli materi, media, dan desain instruksional telah memenuhi kriteria valid. Hasil validasi materi 4,50 dengan kategori sangat valid. Hasil validasi media 4,43 dengan kategori sangat valid. Hasil validasi desain instruksional 4,50 dengan kategori sangat valid. Rata-rata hasil uji validitas adalah 4,47 dengan kategori sangat valid. Hasil tahap uji coba lapangan diperoleh nilai N-gain sebesar 0,71 dengan keefektifan kategori tinggi. Berdasarkan data hasil penelitian diketahui bahwa media pembelajaran berbasis canva dengan desain infografis sudah memenuhi kriteria valid dan efektif sehingga layak digunakan.

Keywords:

pengembangan, media pembelajaraan, desain infografis, canva

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Kartu Domino Bilangan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Pelangi, 9(2).

Darung, A., Setyasih, I., & Ningrum, M. V. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Menggunakan Poster Infogrfis. geoedusains: Jurnal Pendidikan Geografi, 1(1), 27-41.

Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11.

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).

Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384-2394.

Kamaliah, K. (2021). Hakikat peserta didik. Educational journal: General and Specific Research, 1(1), 49-55

Mustafida, F. (2013). Kajian Media Pembelajaran Berdasarkan Kecenderungan Gaya Belajar Peserta Didik SD/MI. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 20.

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra indonesia jenjang sma/ma. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 79-96.

Rahmat, Pupu Saeful. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Surabaya : PT. Scopindo Media Pustaka.

Sa’adah, Risa Nur, dan Wahyu. (2020). Metode Penelitian R&D (Research and Development) Kajian Teoretis dan Aplikatif. Malang: Literasi Nusantara.

Saputra, M. I. (2015). Hakekat pendidik dan peserta didik dalam pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 231-251.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39.

Sukmadinata, N. S. (2018). Metode Penelitian Pendekatan. Rosdakarya

Sutarti, T & Irawan, E. (2017). Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Yogyakarta : Deepublish

Widyastuti, E. (2019). Using the ADDIE model to develop learning material for actuarial mathematics. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1188, No. 1, p. 012052). IOP Publishing.

Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102-118.

Downloads

Abstract Views : 1391
Downloads Count: 1265

Published

2023-04-28

How to Cite

Azizah, I., & Susanti , R. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Canva Dengan Desain Infografis Dalam Mata Pelajaran Sejarah di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 458–464. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4798

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.