Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Divergen Peserta Didik

Authors

  • Rini Carlina Universitas Negeri Makassar
  • Firdaus Daud Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Arsyad Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.11142

Abstract

Studi ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan representasi visual dari korelasi antara keterampilan berpikir divergen dan metodologi pembelajaran berbasis proyek serta pembelajaran penemuan, 2) memeriksa potensi perbedaan dalam kemampuan berpikir divergen siswa yang diajarkan melalui pembelajaran berbasis proyek dibandingkan dengan mereka yang terlibat dalam pembelajaran penemuan, dan 3) menilai sejauh mana peningkatan keterampilan berpikir divergen di antara siswa yang dididik melalui pendekatan pembelajaran berbasis proyek. Kemampuan berpikir divergen, yang mencakup kefasihan, fleksibilitas, orisinalitas, dan elaborasi, merupakan elemen penting dari kompetensi yang diperlukan di abad ke-21. Penelitian ini menggunakan desain kuasi-eksperimental yang melibatkan dua kelas yang berbeda: satu kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan satu kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran penemuan. Data dikumpulkan menggunakan metodologi pretest dan posttest dengan instrumen esai yang telah divalidasi. Temuan yang diperoleh dari analisis data menggunakan uji-t mengungkapkan hal-hal berikut: 1) Hasil pretest menunjukkan thitung (-0.216) < ttabel (1.669), yang mengarah pada kesimpulan bahwa tidak ada perbedaan signifikan antara kedua kelas. 2) Hasil posttest mengungkapkan thitung (2.997) > ttabel (1.669), menunjukkan bahwa kelas eksperimen mengalami dampak signifikan dari penerapan model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir divergen.

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Proyek, Dicovery Learning, Kemampuan Berpikir Divergen

Downloads

Download data is not yet available.

References

Erlinawati, C. E., Bektiarso, S., & Maryani, M. (2019). Model pembelajaran project based learning berbasis STEM pada pembelajaran fisika. Fkip E-Proceeding, 4(1), 1–4.

Faridah, N. S., & Ratnaningsih, N. (2019). Analisis kemampuan berpikir divergen siswa dalam menyelesaikan masalah open ended. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers.

Habsy, B. A., Rohida, A. I., Sudarsono, M., Sholikhah, M., Firdaus, M., & Anzhani, V. A. (2024). Tantangan Pendidikan Abad Ke-21: Pemikiran Ki Hajar Dewantara dan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 5065–5077.

Jalil, A., & Shobrun, Y. (2023). Pembelajaran Berbasis Proyek : Tinjauan Filosofi Pembelajaran Abad 21. ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 126–136.

Maysyaroh, S., & Dwikoranto, D. (2021). Kajian pengaruh model project based learning terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran fisika. ORBITA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 7(1), 44–53.

Nurfadillah, W. (2024). Analisis implementasi kurikulum merdeka belajar dalam meningkatkan keterampilan abad-21 pada SMA Negeri 36 Jakarta. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 6(4), 101–110.

Pierson, A. L. (2022). Teacher Perceptions of Technology-Enhanced, Collaborative, Project-Based Learning on Students in Mixed-Ability Classrooms. Walden University.

Ramadhanti, A., Kholilah, K., Fitriani, R., Rini, E. F. S., & Pratiwi, M. R. (2022). Hubungan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas X MIPA di SMAN 1 Kota Jambi. Journal Evaluation in Education (JEE), 3(2), 60–65.

Rifaldi, M., & Amin, B. D. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA NEGERI 11 LUWU. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 20(3), 260–268.

Singgih, S. (2024). Analisis Korelasi Kemampuan Berpikir Divergen dengan Kreativitas Ilmiah pada Mahasiswa Calon Guru IPA. Journal on Education, 6(4), 19438–19445.

Wahyuningtias, T., Azzahra, N. A., & ... (2023). Eksplorasi Penerapan Kurikulum Berbasis Teknologi bagi Siswa MI Nurul Huda Kabupaten Kediri. Asian Journal of …. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/AJECEE/article/view/2025

Downloads

Abstract Views : 329
Downloads Count: 92

Published

2025-01-21

How to Cite

Carlina, R., Daud, F., & Arsyad, M. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Divergen Peserta Didik . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 11(1). https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.11142

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.