Metode Drill dan Estafet: Bagaimana Pengaruhnya Terhadap Renang Gaya Bebas?
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6079Abstract
Renang adalah olahraga di air dengan berbagai gaya seperti dada, bebas, punggung, dan kupu-kupu. Pada renang gaya bebas, pentingnya menguasai posisi tubuh, gerakan kaki dan tangan, teknik pernapasan, dan koordinasi gerakan. Namun atlet pemula banyak melakukan kesalahan umum diantaranya gerakan tangan yang memukul air bukan meluncur sehingga hanya menghasilkan cipratan air. Ada 2 Metode yang optimal dalam Renang Gaya Bebas Yaitu metode drill dan metode estafet. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh metode drill dan estafet terhadap hasil renang gaya bebas atlet. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Group. Penelitian ini dilakukan di Akssa Swimming Club dengan sampel sebanyak 6 orang atlet renang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan instrument test oleh (Nasikh, 2020). Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh metode latihan drill terhadap hasil renang gaya bebas pada atlet renang ASC (Akssa Swimming Club). Begitu pun juga terdapat pengaruh metode latihan estafet terhadap hasil renang gaya bebas pada atlet renang ASC (Akssa Swimming Club). Metode latihan drill dan estafet keduanya sama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil renang gaya bebas, namun jika dilihat dari persentase peningkatan kemampuan renang gaya bebas, metode latihan drill lebih baik dibandingkan metode estafet. Dengan hasil ini disimpulkan, metode latihan drill lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan renang gaya bebas.
Keywords:
Renang, Gaya Bebas, Drill, EstafetDownloads
References
Fanani, Z. (2020). Peningkatan Kemampuan Teknik Dasar Passing Permainan Bola Voli Melalui Metode Drill. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 4(2), 111–126. https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.345
Jihad, M., & Annas, M. (2021). Pembinaan Prestasi Olahraga Sepak Bola pada SSB 18 di Kabupaten Jepara Tahun 2021. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 2, 46-53.
Kusmita, F. S., Nurudin, A. A., & Saleh, M. (2022). Latihan Daya Tahan Kekuatan Otot Tungkai Untuk Meningkatkan Kecepatan Renang Gaya Bebas 50 Meter. 8(3), 1052–1057. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2846
Muttaqien, I. M. (2017). Peningkatan keterampilan gerakan lengan renang gaya crawl (bebas) menggunakan metode drill bervariasi di Tirta Sani Gemilang swimming club usia 11-13 tahun (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).
Nasikh, M. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Gerak Dasar Renang Gaya Crawl Siswa Kelas IV SD.
Nugroho, F. A., & Khory, F. D. (2020). Pengaruh Media Audio Visual Dan Latihan Drill Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Dada. Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 8(3), 137-142.
Prasetyo, D. E., Damrah, D., & Marjohan, M. (2018). Evaluasi Kebijakan Pemerintah Daerah dalam Pembinaan Prestasi Olahraga. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(2), 32-41.
Ramadhan, G. E. P. (2018). Efektifitas Latihan Body Position Pada Teknik Dasar Renang Gaya Bebas Bagi Pemula Menggunakan Metode DrillDi Club Oscar Fc Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).
Rizkiyansyah, A., & Mulyana, B. (2019). Pengaruh Media Papan Luncur dan Pull Buoy Pola Metode Drill terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Renang Gaya Bebas. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 11(2), 112-123.
Solihin, A. O., & Sriningsih. (2016). Pintar Belajar Renang. ALFABETA.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.)). ALFABETA.
Waleuru, D. T. (2020). Peningkatan keterampilan teknik renang gaya punggung (backstroke) menggunakan metode drill pada atlet pemula Tirta Nirwana Swimming Club Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).
Yanda, R. A., Haetami, M., & Hidasari, F. P. (2017). Pengaruh Metode Drill Pada Renang Gaya Dada Untuk Peserta Didik Tuna Wicara Di Sekolah Luar Biasa Dharma Asih Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(7).
Yusnizar, H., & Hartoto, S. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Drilling Jarak Pendek Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Bebas (Crawl Stroke)(Studi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Puri Mojokerto). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 7(3).
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Annisa Dwi Wahyuni, Firman Maulana, Ahmad Alwi Nurudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work