Metode Drill dan Estafet: Bagaimana Pengaruhnya Terhadap Renang Gaya Bebas?

Authors

  • Annisa Dwi Wahyuni Universitas Muhammdiyah Sukabumi
  • Firman Maulana Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Ahmad Alwi Nurudin Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6079

Abstract

Renang adalah olahraga di air dengan berbagai gaya seperti dada, bebas, punggung, dan kupu-kupu. Pada renang gaya bebas, pentingnya menguasai posisi tubuh, gerakan kaki dan tangan, teknik pernapasan, dan koordinasi gerakan. Namun atlet pemula  banyak melakukan kesalahan umum diantaranya gerakan tangan yang memukul air bukan meluncur sehingga hanya menghasilkan cipratan air. Ada 2 Metode yang optimal dalam Renang Gaya Bebas Yaitu metode drill dan metode estafet. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh metode drill dan estafet terhadap hasil renang gaya bebas atlet. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Group. Penelitian ini dilakukan di Akssa Swimming Club dengan sampel sebanyak 6 orang atlet renang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan instrument test oleh (Nasikh, 2020). Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh metode latihan drill terhadap hasil renang gaya bebas pada atlet renang ASC (Akssa Swimming Club). Begitu pun juga terdapat pengaruh metode latihan estafet terhadap hasil renang gaya bebas pada atlet renang ASC (Akssa Swimming Club). Metode latihan drill dan estafet keduanya sama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil renang gaya bebas, namun jika dilihat dari persentase peningkatan kemampuan renang gaya bebas, metode latihan drill lebih baik dibandingkan metode estafet. Dengan hasil ini disimpulkan, metode latihan drill lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan renang gaya bebas.

Keywords:

Renang, Gaya Bebas, Drill, Estafet

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fanani, Z. (2020). Peningkatan Kemampuan Teknik Dasar Passing Permainan Bola Voli Melalui Metode Drill. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 4(2), 111–126. https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.345

Jihad, M., & Annas, M. (2021). Pembinaan Prestasi Olahraga Sepak Bola pada SSB 18 di Kabupaten Jepara Tahun 2021. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 2, 46-53.

Kusmita, F. S., Nurudin, A. A., & Saleh, M. (2022). Latihan Daya Tahan Kekuatan Otot Tungkai Untuk Meningkatkan Kecepatan Renang Gaya Bebas 50 Meter. 8(3), 1052–1057. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2846

Muttaqien, I. M. (2017). Peningkatan keterampilan gerakan lengan renang gaya crawl (bebas) menggunakan metode drill bervariasi di Tirta Sani Gemilang swimming club usia 11-13 tahun (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Nasikh, M. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Gerak Dasar Renang Gaya Crawl Siswa Kelas IV SD.

Nugroho, F. A., & Khory, F. D. (2020). Pengaruh Media Audio Visual Dan Latihan Drill Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Dada. Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 8(3), 137-142.

Prasetyo, D. E., Damrah, D., & Marjohan, M. (2018). Evaluasi Kebijakan Pemerintah Daerah dalam Pembinaan Prestasi Olahraga. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(2), 32-41.

Ramadhan, G. E. P. (2018). Efektifitas Latihan Body Position Pada Teknik Dasar Renang Gaya Bebas Bagi Pemula Menggunakan Metode DrillDi Club Oscar Fc Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Rizkiyansyah, A., & Mulyana, B. (2019). Pengaruh Media Papan Luncur dan Pull Buoy Pola Metode Drill terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Renang Gaya Bebas. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 11(2), 112-123.

Solihin, A. O., & Sriningsih. (2016). Pintar Belajar Renang. ALFABETA.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.)). ALFABETA.

Waleuru, D. T. (2020). Peningkatan keterampilan teknik renang gaya punggung (backstroke) menggunakan metode drill pada atlet pemula Tirta Nirwana Swimming Club Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Yanda, R. A., Haetami, M., & Hidasari, F. P. (2017). Pengaruh Metode Drill Pada Renang Gaya Dada Untuk Peserta Didik Tuna Wicara Di Sekolah Luar Biasa Dharma Asih Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(7).

Yusnizar, H., & Hartoto, S. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Drilling Jarak Pendek Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Bebas (Crawl Stroke)(Studi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Puri Mojokerto). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 7(3).

Downloads

Abstract Views : 1646
Downloads Count: 551

Published

2023-10-01

How to Cite

Dwi Wahyuni, A., Maulana, F., & Nurudin, A. A. (2023). Metode Drill dan Estafet: Bagaimana Pengaruhnya Terhadap Renang Gaya Bebas?. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1746–1751. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6079

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.