HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.211Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya kepemimpinan situasional guru dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Se Gugus Lima, Rajagaluh tahun ajaran 2019/2020. Hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan positif antara gaya kepemimpinan situasional guru dalam pembelajaran terhadap prestasi siswa kelas V Sekolah Dasar Se-Gugus Lima, Rajagaluh tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwagaya kepemimpinan situasional guru berhubungan signifikan dengan prestasi siswa. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa gaya kepemimpinan situasional guru dalam pembelajaran ada hubungan positif terhadap prestasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Se-Gugus Lima, Rajagaluh tahun ajaran 2019/2020.
Keywords:
gaya kepemimpinan situasional, guru SD, prestasi belajarDownloads
References
Istiana. (2015). Pengelolaan Kelas di Madrasah Ibtidayah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 267-284.
Misbahuddin & Hasan, I. (2014). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta; BumiAksara.
Muhaimin, dkk. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Citra Media.
Muhardi. (2004). Kontribusi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia. Mimbar, 20(4), 478 – 492.
Nahdi, D.S. & Cahyaningsih, U. (2019). Keterampilan Guru SD Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 57-63.
Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1 (1), 24-44.
Pamela, dkk. (2019). Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 23-30.
Pusparini, dkk. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Koloid. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 8(1), 35-42.
Rivai, V. & Murni, S. (2012). Education Management Analisis Teori dan Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sanjaya. Wina. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kencana. Jakarta.
Sukardi. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta; Bumi aksara.
Sundari, F. (2017). Peran Guru Sebagai Pembelajar Dalam Memotivasi Peserta Didik Usia SD. Prosiding Diskusi Panel Pendidikan “Menjadi Guru Pembelajar”, 60-76.
Supardi. (2014). Kinerja guru. Cet. II: Jakarta: Rajawali Pers.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work