HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

  • Asikin SDN Teja II Rajagaluh Majalengka
Keywords: gaya kepemimpinan situasional, guru SD, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya kepemimpinan situasional guru dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Se Gugus Lima, Rajagaluh tahun ajaran 2019/2020. Hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan positif antara gaya kepemimpinan situasional guru dalam pembelajaran terhadap prestasi siswa kelas V Sekolah Dasar Se-Gugus Lima, Rajagaluh tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwagaya kepemimpinan situasional guru berhubungan signifikan dengan prestasi siswa. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa gaya kepemimpinan situasional guru dalam pembelajaran ada hubungan positif terhadap prestasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Se-Gugus Lima, Rajagaluh tahun ajaran 2019/2020.

References

Istiana. (2015). Pengelolaan Kelas di Madrasah Ibtidayah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 267-284.

Misbahuddin & Hasan, I. (2014). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta; BumiAksara.

Muhaimin, dkk. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Citra Media.

Muhardi. (2004). Kontribusi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia. Mimbar, 20(4), 478 – 492.

Nahdi, D.S. & Cahyaningsih, U. (2019). Keterampilan Guru SD Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 57-63.

Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1 (1), 24-44.

Pamela, dkk. (2019). Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 23-30.

Pusparini, dkk. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Koloid. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 8(1), 35-42.

Rivai, V. & Murni, S. (2012). Education Management Analisis Teori dan Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sanjaya. Wina. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kencana. Jakarta.

Sukardi. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta; Bumi aksara.

Sundari, F. (2017). Peran Guru Sebagai Pembelajar Dalam Memotivasi Peserta Didik Usia SD. Prosiding Diskusi Panel Pendidikan “Menjadi Guru Pembelajar”, 60-76.

Supardi. (2014). Kinerja guru. Cet. II: Jakarta: Rajawali Pers.

Published
2020-06-01
How to Cite
Asikin. (2020). HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 68-73. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.211
Section
Articles