Global Physical Activity Questionnaire : Aktivitas Fisik Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sukabumi Pasca Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5975Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi tingkat aktivitas fisik mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (PJKR) di Universitas Muhammadiyah Sukabumi pasca pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penggunaan instrumen GPAQ (Global Physical Activity Questionnaire) memungkinkan penilaian intensitas aktivitas fisik yang kemudian diklasifikasikan menjadi tinggi, sedang, atau rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa (63,3%) memiliki tingkat aktivitas fisik yang tinggi, sementara sebagian kecil (26,7%) memiliki tingkat sedang, dan hanya 10% memiliki tingkat rendah. Hasil ini mengindikasikan bahwa sebagian besar mahasiswa di universitas ini aktif secara fisik dan mungkin terlibat dalam aktivitas fisik yang cukup intens. Aktivitas fisik diakui memiliki dampak positif terhadap kesehatan fisik dan mental, termasuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengurangi stres, dan meningkatkan konsentrasi. Oleh karena itu, mahasiswa dengan tingkat aktivitas fisik yang tinggi cenderung memiliki gaya hidup yang lebih sehat dan siap menghadapi tuntutan akademik dan kehidupan sehari-hari dengan lebih baik. Hasil penelitian ini dapat menjadi dasar bagi universitas dan pihak terkait untuk mempromosikan aktivitas fisik yang lebih aktif di antara mahasiswa sebagai bagian dari pendidikan jasmani yang holistik. Hal ini dapat mendukung kesehatan dan kesejahteraan mahasiswa, serta meningkatkan kualitas hidup mereka.
Keywords:
aktivitas fisik, Global Physical Activity Questionnaire, mahasiswaDownloads
References
Adesanya, A. S. ., Ogunlusi, C. F. ., Olginni, B. O., Eniayewu, A. J. ., & Olowu, E. A. . (2023). The Emerging Roles of Human Resource Managers: The Post-Covid-19 Experience in Nigeria. Indonesian Journal of Education and Social Sciences, 2(1), 44–55. https://doi.org/10.56916/ijess.v2i1.468
Amanati, S., & Jaleha, B. (2023). Hubungan Antara Aktifitas Fisik Terhadap Cardiorespiratory Fitness. Jurnal Fisioterapi dan Rehabilitasi, 7(1), 30-33.
American Diabetes Association (ADA) (2015). Diagnosis and classification of diabetes mellitus. American Diabetes Care, Vol.38, pp: 8-16.
Angga, D. T., Putra, K. P., & Nugroho, K. P. A. (2019). Gambaran Aktivitas Fisik Pada Individu Obesitas Di Wilayah Kerja Puskesmas Sidorejo Kidul Salatiga. Journal of Health, 6(1), 24–30. https://doi.org/10.30590/vol6-no1-p24-30
Angga, D. T., Putra, K. P., & Nugroho, K. P. A. (2019). Gambaran Aktivitas Fisik Pada Individu Obesitas Di Wilayah Kerja Puskesmas Sidorejo Kidul Salatiga. Journal of Health, 6(1), 24–30. https://doi.org/10.30590/vol6-no1-p24-30
Bachtiar, F., Condrowati, C., Purnamadyawati, P., Anggraeni, D. T., Larasati, K., Meilana, A. S. B., & Fadilah, N. (2023). Hubungan antara Aktivitas Fisik dengan Kesehatan Mental Remaja di Masa Pandemi Covid-19. Malahayati Nursing Journal, 5(2), 503-514.
Burhaein, E. (2019). Pembelajaran dalam Pandemi COVID-19: Mengapa Pendidikan Jasmani Adaptif Penting untuk Siswa Disabilitas di Sekolah Luar Biasa. Disrupsi Strategi Pembelajaran Olahraga: Serta Tantangan dalam Menghadapi New Normal selama masapandemi Covid, 19, 187-196.
Cristanto, M., Saptiningsih, M., & Indriarini, M. Y. (2021). Hubungan aktivitas fisik dengan pencegahan hipertensi pada usia dewasa muda: Literature review. Jurnal Sahabat Keperawatan, 3(01), 53-65.
Dwimaswasti, O. (2013). Perbedaan aktivitas fisik pada pasien asma terkontrol sebagian dengan tidak terkontrol di RSUD Dr. Moewardi.
Hadiyanti, I. (2022). Gambaran Tingkat Stres Kerja dan Aktivitas Fisik pada Tenaga Kependidikan yang Menderita Hipertensi di Rektorat Universitas Hasanuddin= The Work Stress and Physical Activity in Patients with Hypertension Education Staff at the Hasanuddin University Rectorate (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).
Khotimah, F. K., & Wahjuni, E. S. (2021). Aktivitas Fisik Siswa Sman 1 Driyorejo Gresik Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 9(01), 267-271.
Khotimah, H., & Kuswandi, K. (2015). Hubungan Karakteristik Ibu Dengan Status Gizi Balita Di Desa Sumur Bandung Kecamatan Cikulur Kabupaten Lebak Tahun 2013. 2(1), 146–162.
Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2020). Analisis literasi digital calon guru SD dalam pembelajaran berbasis virtual classroom di masa pandemi covid-19. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2).
Pane, B. S. (2015). Peranan olahraga dalam meningkatkan kesehatan. Jurnal pengabdian kepada masyarakat, 21(79), 1-4.
Wicaksono D. dan Nurhayati F. 2013. Survey Kemampuan Motorik Siswa Sekolah Dasar Muhamadiyah Tahun Ajaran 2012-2013. Jurnal Pendidikan Olahraga. 2013. 1 (1): 98-103.
Yueniwati, Y. (2015). Deteksi Dini Stroke Iskemia: dengan Pemeriksaan Ultrasonografi vaskular dan variasi genetika. Universitas Brawijaya Press.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rivaldi, Firman Septiadi, Ahmad Alwi Nurudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work