Teknik Dasar Senam Lantai: Bagaimana Model Problem Based Learning Dapat Meningkatkan Sikap Lilin dan Kayang Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5395Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran psikomotor teknik dasar pada pembelajaran senam lantai sikap lilin dan sikap kayang melalui model pembelajaran problem based learning pada siswa kelas IV SDN Palasari Tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes, lembar observasi dan catatan lapangan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian bahwa peningkatan hasil pembelajaran psikomotor senam lantai sikap lilin dan sikap kayang melalui model pembelajaran problem based learning ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata siswa. Nilai rata-rata pada kondisi awal siswa sebesar 64,99 dengan persentase ketuntasan sebesar 30,00%. Kondisi tersebut mengalami peningkatan pada siklus I yaitu sebesar 70,56 dan persentase ketuntasan sebesar 46,66%. Kemudian setelah melanjutkan ke siklus II siswa kembali mengalami peningkatan sebesar 79,16 dengan persentase ketuntasan sebesar 83,33%. Untuk materi sikap kayang kondisi awal sebesar 66,38 dengan persentase ketuntasan sebesar 33,33%. Kondisi tersebut mengalami peningkatan pada siklus I yaitu sebesar 68,05 dan persentase ketuntasan sebesar 43,33%. Kemudian setelah melanjutkan ke siklus II siswa kembali mengalami peningkatan sebesar 76,93 dengan persentase ketuntasan sebesar 86,66%.
Keywords:
Teknik Dasar, Senam Lantai, Model Problem Based LearningDownloads
References
Alisa, Y., Yennita, Y., & Irawati, S. (2017). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL). Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 113–120. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.113-120
Anda, J. (2016). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Cirebon: IAIN Syekh Nurjati Press.
Asrori, & Rusman. (2020). Classroom action reserach pengembangan kompetensi guru. In Pena Persada.
Aulia, L., & Budiarti, Y. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Journal Of Elementary School Education (Jouese), 2(1), 105-109.
Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL): Suatu model pembelajaran untuk mengembangkan cara berpikir kritis peserta didik. Widya Accarya, 12(1), 61-69.
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.
Fadila Nur. (2019). Nur fadila Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar.
Fauzia, H. A. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40-47.
Gentana, R., Hermawan, R., & Jubaedi, A. (2018). Upaya Peningkatan Gerak Dasar Kayang Dengan Alat Bantu Bola, Box Dan Bantuan Teman. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 14(2), 121–136. https://doi.org/10.21831/jorpres.v14i2.23823
Jamilah, G., & Nugraheni, W. (2017). Hubungan antara fleksibilitas otot perut dengan keterampilan gerak dasar kayang dalam senam artistik. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 7(2), 56-59.
Juliansyah, R., Nurudin, A. A., & Nugraheni, W. (2023). Perbandingan Latihan Zig-zag Run dan Ladder Drill Dalam Meningkatkan Keterampilan Dribbling. 9(1), 217–222. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4394
Lengkana, A. S., & Sofa, N. S. N. (2017). Kebijakan pendidikan jasmani dalam pendidikan. Jurnal Olahraga, 3(1), 1-12.
Maulana, F., & Odang, S. A. O. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Melalui Metode Pembelajaran Penugasan Dalam Materi Pembelajaran Senam Lantai Pada Siswa Kelas XI IPS 2 SMAN 2 Kota Sukabumi. Utile: Jurnal Kependidikan, 5(1), 27-34.
Maulana, M., Ismaya, B., & Hidayat, A. S. (2020). Minat Siswi Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Senam Lantai Sman 1 Cikampek. Jurnal Literasi Olahraga, 1(1).
Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Project Based Learning Mampu Melatihkan Keterampilan Abad 21? Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 2(1), 48. https://doi.org/10.25273/jpfk.v2i1.24
Mukhlis, S., & Herianingtyas, N. L. R. (2021). Peningkatan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V SDN Cililitan 02 melalui Problem Based Learning (PBL) berbasis Contextual Content. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 64-75.
Nasution, E. (2016). Problematika pendidikan di Indonesia. Mediasi, 8(1).
Nugraheni, W., & Supena, G. H. (2019). Nugraheni, W. (2019). Meningkatkan Minat Siswa Dalam Pembelajaran Penjas Senam Lantai Melalui Permainan Pada Siswa Kelas X IPA 1 SMAN 4 Kota Sukabumi. Jendela Olahraga, 4(2), 63-69. https://doi.org/10.26877/jo.v
Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas 5 SD. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13-27. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2645
Pratikto, S. (2016). Peningkatan hasil belajar senam lantai melalui pendekatan saintifik pada siswa kelas iv sd negeri ngargoretno 2 tahun pelajaran 2015/2016.
Putu, L., Wati, S., Yogi, K., Lesmana, P., Kesehatan, J., & Pendidikan, U. (2016). Pengaruh Model Dan Media Pembelajaran Terhadap Mahasiswa Jurusan Penjaskesrek Undiksha. 5(1), 97–112.
Saputra, S. Y., Hariadi, N., Ulama, U. N., & Pendidikan, F. I. (2018). Creating Productive and Upcoming Sport Education Profesional Hmzanwadi University . 1(2), 8–13.
Somenada, I. W., Kanca, I. N., & Parwata, I. G. A. L. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Passing Bolavoli. Jurnal Penjakora, 9(1). https://doi.org/10.23887/penjakora.v9i1.45860
Strata, P. S., & Oleh, S. P. (2012). Pada Pembelajaran Senam Lantai Melalui Model Permainan Pada Kelas V Sd Negeri 1 Mergasana Kecamatan Kertanegara Kabupaten Purbalingga Tahun 2012 Skripsi.
Sudarman, S. (2018). Problem based learning: Suatu model pembelajaran untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan memecahkan masalah.[Problem based learning: A learning model for developing and improving problem solving skills]. Jurnal Pendidikan Inovatif, 2(2), 68-73.
Tabun, H. M., Taneo, P. N., & Daniel, F. (2020). Kemampuan literasi matematis siswa pada pembelajaran model problem based learning (PBL). Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01), 1-8.
Utama, A. B. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas BermainDalam Pendidikan Jasmani. Jurnal pendidikan jasmani indonesia, 8(1).
Wajdi, F. (2017). Implementasi project based learning (PBL) dan penilaian autentik dalam pembelajaran drama indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra UPI, 17(1), 86-101.
Widowati, A., & Rasyono, R. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Senam Lantai Untuk Pembelajaran Senam Dasar Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Jambi. Jurnal Segar, 7(1), 11-20.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hafifah Zahra, Firman Maulana, Wening Nugraheni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work