Perbedaan Model Problem Posing dan Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Anjelina Wati Universitas Kristen Satya Wacana
  • Indri Anugraheni

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3186

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan efektivitas antara model Problem Posing dan Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPS siswa kelas V.  Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu yang menggunakan teknik analisis deskriptif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SD Negeri Tingkir Lor 01 dengan jumlah 22 siswa dan 25 siswa kelas V SD Negeri Tingkir Lor 02. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes dan non test kepada siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data statistik kuantatif. Hasil penelitin menunjukkan adanya perbedaan efektivitas yang signifikan, dan nilai rata-rata penggunaan model Problem Based Learning yaitu 88 yang mengalami peningkatan Tinggi dengan nilai N-Gain 79,2% sedangkan nilai rata-rata lebih rendah dari model Problem Posing yaitu 63 dengan nilai N-Gain 64,9%. Simpulan penelitian adalah model Problem Based Learning terbukti lebih efektif dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPS pada siswa dibandingkan menggunakan model Problem Posing.

Keywords:

Problem Posing, berpikir kritis, problem based learning

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiwiguna, P. S., Dantes, N., & Gunamantha, I. M. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Berorientasi Stem Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains Siswa Kelas V Sd DiGugus I Gusti Ketut Pudja. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 94–103.

Afifah, E. P., Wahyudi, W., & Setiawan, Y. (2019). Efektivitas Problem Based Learning Dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Matematika. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(1), 95-107.

Afifah, (2012). Peran Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Khusus pada SLB di Sidoarjo. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik). https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p21-30

Al-Fikry, I., Yusrizal, Y., & Syukri, M. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6(1), 17–23. https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i1.10776.

Ariani, T. (2020). Analysis of Students’Critical Thinking Skills in Physics Problems. Physics Educational Journal, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.37891/kpej.v3i1.119.

Arianti, N. M., Wiarta, I. W., & Darsana, I. W. (2019). Pengaruh model pembelajaran problem posing berbantuan media semi konkret terhadap kompetensi pengetahuan matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 385-393.

Astiwi, Tri, K. P., Antara, P. A., & Agustiana,I. G. A. T. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Pada Mata Pelajaran PPKn. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3).

Asuan, Mawardi, & Wardani, K. W. (2019). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Make A Match dalam Pembelajaran Tematik Kelas V SD Negeri Sidorejo Lor 04yang Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis. International Journal of Elementary Education, 3(3), 275–283

Barrington, L., Casner-Lotto, J., & Wright, M. (2006). Are they really ready to work? Employers’ perspectives on the basic knowledge and applied skills of new entrants to the 21st Century U.S. workforce. The Partnership for 21st Century Skills. Retrieved from http://tinyurl.com/j2c5uh6.

Changwong, K., Sukkamart, A., & Sisan, B. (2018). Critical thinking skill development: Analysis of a new learning management model for Thai high schools. Journal of International Studies, 11(2).

Farisi, A., Hamid, A., & Melvina. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ssiswa pada Konsep Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(3), 283–287.

Febrina, D. A., & Airlanda, G. S. (2020). Meta Analisis Pengaruh Problem BasedLearning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(4), 564–572. https://doi.org/10.5281/zenodo.4297499.

Fitriana, R. (2020). Perbedaan Keterampilan Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran Fisika Menggunakan Metode Problem Posing dan Problem Solving. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(1), 44. https://doi.org/10.20527/bipf.v3i1.767

Geertsen, H. R. (2003). Rethinking Thinking about Higher-Level Thinking. Teaching Sociology, 31(1), 1-19. Retrieved from http://tinyurl.com/nyhb6qr

Halidayanti, I. N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Kegiatan Ekonomi dalam Memanfaatkan Sumber Daya Alam Pada Siswa Kelas IV SDN Bintoro 02.

Herzon, H. H., Budijanto, & Utomo, D. H. (2018). Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 42–46. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kaliky, S., & Juhaevah, F. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA dalam menyelesaikan masalah identitas trigonometri ditinjau dari gender. Matematika dan Pembelajaran, 6(2), 111-126.

Kristiana, T. F., & Radia, E. H. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 818–826. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.828.

Lestari & Yudhanegara, 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Nopia, R., & Sujana, A. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Daur Air. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 641–650. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2996

Nurhayati, Lia Angraeni, Wahyudi (2019). Pengaruh model problem based learning, kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan berpikir tingkat. Edusains, 11(1), 12–20.

Prasetyo, I. B. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Muatan PPKn pada Tema 8 Subtema 1. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 279–285. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15465.

Qurniati, D., Andayani, Y., & Muntari. (2015). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. E-Journal Penelitian Pendidikan IPA, 1(2), 12–23. https://doi.org/10.29303/jppipa.v1i2.20.

Rambe, N., Ardiana, N., & Harahap, M. S. (2020). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Penggunaan Model Problem Posing di SMP Swasta Tapian Nauli. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 3(2), 69-74.

Reeve, E. M. (2016). 21st-century skills needed by students in technical and vocational education and training (TVET). Asian International Journal of Social Sciences, 16(4), 65–82. doi: 10.29139/aijss.20160404

Retno Wardhani, N. (2018). Pengaruh Model Pbl Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pembelajaran Ipa Kelas Iv Sdn Kramattemenggung 2 Sidoarjo. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar,

Rosita, I. I., & Bahriah, E. S. (2016). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap sikap ilmiah siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Seminar Nasional Pendidikan IPA-Biolog, (September), 95–105.

Saidah, N., Parmin, & Dewi, N. R. (2014). Pengembangan LKS IPA Terpadu Berbasis Problem Based Learning Melalui Lesson Study Tema Ekosistem Dan Pelestarian Lingkungan. USEJ -Unnes Science Education Journal, 3(2). https://doi.org/10.15294/usej.v3i2.3357.

Santrock, (2011). Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VI SD Negeri Sanawetan 2 Kota Blitar. Jurnal Edukasi. https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8009

Sapriya, (2011). Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Septian, A., & Rahayu, S. (2021). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pendekatan problem posing dengan Edmodo. PRISMA, 10(2), 170-181.

Setyorini, U., Sukiswo, S. ., & Subali, B. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sd. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(1), 52–56. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i1.p33-41

Shanti, W (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Problem Posing. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan). https://doi.org/10.21927/literasi.2017.8(1).48-58

Suci, D. W., Firman, F., & Neviyarni, N. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pendekatan Realistik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2042–2049. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.229.

Utami, D. (2019). Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Mediaaudio Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. MAJU, 6(1). https://doi.org/10.24903/pm.v5i1.461.

Wahyudi, & Anugraheni, I. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika. In Satya Wacana University Press (Issue August).

Downloads

Abstract Views : 363
Downloads Count: 472

Published

2022-11-23

How to Cite

Wati, A., & Anugraheni, I. (2022). Perbedaan Model Problem Posing dan Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1200–1206. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3186

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.