Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Quizizz

Authors

  • Atiqoh Choirun Nisa Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4459

Abstract

Literasi numerasi merupakan kemampuan yang wajib dimiliki siswa. namun beberapa studi menunjukkan literasi numerasi siswa di sekolah dasar masih rendah. Model problem based learning berbantu aplikasi quizizz merupakan strategi pembelajaran yang diduga dapat memfasilitasi kemampuan literasi numerasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan numerasi dalam pembelajaran Matematika dengan model problem based learning berbantu quizizz (penelitian tindakan di kelas III SDN Rorotan 07). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN Rorotan 07, dengan jumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui tes, pengamatan, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan applikasi quizizz dapat meningkatkan kemampuan numerasi pada peserta didik. Hal tersebut dibuktikan melalui lembar pengamatan yang dilakukan pada siklus I, siklus II dan siklus III. Persentase keterampilan berbicara pada siklus I adalah 53%, siklus II mencapai 75%, dan siklus III mencapai 94%. Dengan demikian, kesimpulan dari penelitian ini adalah model problem based learning dengan aplikasi quizizz dapat meningkatkan kemampuan numerasi pada peserta didik.

Keywords:

Numeration, Mathematics Learning, Quizizz

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, E. P., Wahyudi, W., & Setiawan, Y. (2019). Efektivitas Problem Based Learning Dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Matematika. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(1), 95-107.

Ambarwati, D., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Problem Based Learning berbantuan media Youtube terhadap kemampuan literasi numerasi siswa. Jurnal cendekia: jurnal Pendidikan matematika, 5(3), 2857-2868.

Anggraini, W., Utami, A., Santi, P., & Gery, M. I. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz untuk Tematik dalam Pembelajaran Jarak Jauh Kelas III Di SDN Kebayoran Lama Utara 07 Pagi. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 2–10. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/8839

Anggrella, D. P., Rahmasiwi, A., & Purbowati, D. (2021). Eksplorasi Kegiatan Praktikum Ipa Pgmi Selama Pandemi Covid-19. Sap (Susunan Artikel Pendidikan), 6(1). Https://Doi.Org/10.30998/Sap.V6i1.9612

Ati, T. P., & Setiawan, Y. (2020). Efektivitas problem based learning-problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika siswa kelas V. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 294-303.

Awami, F., Yuhana, Y., & Nindiasari, H. (2022). Meningkatkkan Kemampuan Literasi Numerasi Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Ditinjau Dari Self Confidence Siswa SMK. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 8(2), 231-243.

Dyah Worowiras tri Ekowati, Yuni Puji Astuti, Ima Wahyu Putri Utami, InnanyMukhlis hina, & Beti Is tanti Suwandayani. (2019). (Elementary School Education Journal) Literasi Numerasi di SD Muhamadiyah. ELSE (Elementary School Educatio Journal), 3(4), 93–103.

Faridah, N. R., Afifah, E. N., & Lailiyah, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi dan Literasi Digital Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu Vol, 6(1).

Firdaus, A., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenuri, Z. (2021). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 187–200. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.871

Harefa, N., & Silalahi, N. F. D. (2020). Improvement of student’s learning outcomes and motivation with chemical practicum e-module. Jurnal Pendidikan Kimia, 12(1), 10-19.

Indah, P. J., Saputro, B. A., & Sundari, R. S. (2020). Analisisi Kesulitani Belajari Operasii Hitungi Perkaliani dani Pembagiani Padai Masai Pandemi (Covid-19) di Sekolah Dasar. DIDAKTIKA Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 129–138.

Kemdikbud. (2021). Modul Literasi Numerasi Di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Sekolah Dasar.

Kusherawati, L., Windyariani, S., & Setiono, S. (2020). Profil Sikap Ilmiah Siswa Kelas Viii Smp, Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry Laboratory Experiment Method (Gilem). Biodik, 6(2), 168–175. Https://Doi.Org/10.22437/Bio.V6i2.9307

Kumala, A. J., Waluyo, S. B., & Siswanto, B. (2019). Implementasi model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan percaya diri Siswa kelas X SMA Negeri 4 Semarang. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 410-415).

Maghfiroh, F. L., Amin, S. M., Ibrahim, M., & Hartatik, S. (2021). Keefektifan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia terhadap kemampuan literasi numerasi siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3342-3351.

Marliyani, T., & Iskandar, S. (2022). Program Sekolah Penggerak (Psp) Terhadap Kinerja Dan Manajemen Kepala Sekolah. Jurnal Basicedu, 6(4), 6679–6685. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3255

Masliah, L., Nirmala, S. D., & Sugilar, S. (2023). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 1-10.

Mumpuni, A., Azizah, S., Rahma, S. A., Utami, D., Safitri, N. I., Tiana, F. A., ... & Pratama, A. A. (2022). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Peserta Didik di Sekolah Dasar. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 3(01), 8-14.

Ngatiyem, N. (2021). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 1(2), 149–157. https://doi.org/10.51878/action.v1i2.637

Pangesti, F. T. (2018). Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Dengan Soal Hots. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 3(2), 566–575.

Setiani, A., Lukman, H. S., & Suningsih, S. (2020). Meningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan strategi problem based learning berbantuan mind mapping. PRISMA, 9(2), 128-135.

Septian, A., & Komala, E. (2019). Kemampuan Koneksi Matematik dan Motivasi Belajar Siswa dengan Mengunakan Model Problem-Based Learning (PBL) Berbantuan Geogebra di SMP. Prisma, 8(1), 1-13.

Soleh, E. R. A., Setiawan, W., & Haqi, R. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning. Prisma, 9(1), 1-9.

Susanti, S. (2016). International Seminar on Education “Education Trends for Future Society” The Implementation Model Of Character Building Based On Honesty Canteen In A Basic Education Institutions (A Review of Behaviouristics theory, on Islamic and West Perspective). 59–66.

Susilawati, W. (2017). Sejarah & Filsafat Matematika. CV Insan Mandiri.

Widahyu, C. (2021). the Effectiveness of Using Video As a Learning Media Online Learning To Improve Students’ Learning Motivation and Creative Thinking At Home During the Covid-19 Pandemic the Effectiveness of Using Video As a Learning’Learning Motivation and Creative Thi. Journal.

Widyastuti, R. T., & Airlanda, G. S. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1120-1129.

Widiastuti, E. R., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh model problem based learning berbantuan software Cabri 3D V2 terhadap kemampuan literasi numerasi siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1687-1699.

Yandhari, I. A. V., Alamsyah, T. P., & Halimatusadiah, D. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 146-152.

Yuniastuti, dkk. (2021). Media Pembelajaran untuk Generasi Milenial. In Laboratorium Penelitian dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur (Vol. 000, Issue April).

Downloads

Abstract Views : 4350
Downloads Count: 3090

Published

2023-03-22

How to Cite

Nisa, A. C. (2023). Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Quizizz . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 310–317. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4459

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.