Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Team Games Tournament Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8997Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Kanisius Gendongan. Menggunakan desain Quasi Experimental dengan pretest-posttest non-equivalent control group, penelitian melibatkan dua kelas: kelas eksperimen (menggunakan PBL) dan kelas kontrol (menggunakan TGT). Data dikumpulkan melalui tes esai, observasi, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test kelas eksperimen (85,8) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (80,65). Uji Mann Whitney menghasilkan nilai Mean Rank post-test kelas eksperimen sebesar 28,05 dan kelas kontrol sebesar 12,95 dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Hal ini mengindikasikan bahwa model pembelajaran PBL lebih efektif dibandingkan model TGT dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam efektivitas model PBL dan TGT, dengan PBL terbukti lebih unggul dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPA kelas V. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pemilihan model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, yang sangat diperlukan dalam menghadapi tantangan era globalisasi.
Keywords:
Problem Based Learning, Team Games Tournament, Kemampuan Berpikir KritisDownloads
References
Adianti, T. N., Zain, M. I., & Affandi, L. H. (2021). Problematika Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 (Studi Kasus Di SD Negeri 1 Taman Ayu). Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 2(2), 147-156.
Amalia, N. F., & Pujiastuti, E. (2017). Kemampuan berpikir kritis dan rasa ingin tahu melalui model pbl. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 523-531).
Budi, S. S., Firman, F., & Desyandri, D. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 234-241.
Ilise, R. N., & Santi, N. (2022). Kreativitas guru dalam mengimplementasi kurikulum 2013 paud selama pandemi covid 19. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(5), 817-826.
Indarwati, D., Wahyudi, W., & Ratu, N. (2014). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui penerapan problem based learning untuk siswa kelas V SD. Satya Widya, 30(1), 17-27.
Kristiyanto, D. (2020). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika dengan model Project Based Learning (PJBL). Mimbar Ilmu, 25(1), 1-10.
Mareti, J. W., & Hadiyanti, A. H. D. (2021). Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 31-41.
McFarlane, C. (2010). The comparative city: Knowledge, learning, urbanism. International journal of urban and regional research, 34(4), 725-742.
Nordiana, N., Asnar, A., Suryangsi, S., & Herliah, E. (2024). Konstruksi Pemahaman Siswa Dalam Memandang Kedaulatan Nasional Atas Sumber Daya Mineral Batu Bara Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis. PRIMER: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(1), 105-111.
Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari keterampilan proses sains dan motivasi belajar melalui model pbl. Journal of primary education, 6(1), 35-43.
Reski, R., Hutapea, N., & Saragih, S. (2019). Peranan model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(1), 049-057.
Siregar, N. F. (2022). Pengaruh model problem based learning terhadap higher order thinking skills siswa SMP. EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 7(1), 14-23.
Sutarsa, D. A., & Puspitasari, N. (2021). Perbandingan kemampuan berpikir kritis matematis siswa antara model pembelajaran GI dan PBL. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 169-182.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Agata Elsa Sonia, Gamaliel Septian Airlanda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work