Pengaruh Strategi Pembelajaran Team Assisted Individualization Terhadap Penguatan Keterampilan Berhitung Perkalian bersusun kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8727Abstract
Keterampilan berhitung tidak hanya berguna pada mata pembelajaran matematika saja, tetapi akan berguna juga dalam kehidupan sehari-hari peserta didik. Peneliti mengamati masih rendahnya keterampilan berhitung perkalian bersusun pada peserta didik di kelas IV. Masih banyak peserta didik yang tidak mengetahui cara mengalikan dan menempatkan posisi pada setiap angka yang dikalikan. Dalam pembelajaran guru juga banyak belum menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi, pembelajaran masih bersifat teacher centered . Oleh karena itu, untuk menguatkan keterampilan berhitung perkalian bersusun pada peserta didik sekolah dasar salah satunya adalah memilih strategi pembelajaran yang tepat. Maka tujuan utama dalam penelitian ini adalah melihat pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap penguatan keterampilan berhitung perkalian bersusun peserta didik kelas IV sekolah dasar. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa tes (pretest dan posttest). Penelitian ini ditujukan pada peserta didik kelas IV sekolah dasar dengan jumlah dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kontrol, masing-masing kelas terdiri dari 30 peserta didik. Hasil pretest dan post test menunjukan adanya pengaruh strategi pembelajaran Team Assisted Individualization memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berhitung perkalian bersusun yaitu memiliki nilai signifikansi 0,000. Adanya pengaruh juga dibuktikan pada peningkatan nilai rata-rata keseluruhan kelas eksperimen yaitu 44,1 menjadi 74,73. Selain itu waktu rata-rata pengerjaan soal meningkat dari 45 menit menjadi 30 menit. Dengan demikian, adanya penggunaan strategi pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) ini dapat berpengaruh memberi penguatan keterampilan berhitung perkalian bersusun pada peserta didik kelas IV SD.
Keywords:
Keterampilan berhitung, penguatan, perkalian bersusun, Team Assisted IndividualizationDownloads
References
Hardiyanti, S., Maulana, M., & Julia, J. (2017). Pengaruh pendekatan kontekstual berbantuan jarimatika terhadap kemampuan pemahaman matematis dan keterampilan berhitung siswa pada materi perkalian. 881–890.
Harsanti, A. G. (2017). Perbandingan Model Pembelajaran STAD dengan Model TAI (Team Assisted Individualization) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 4(1), 12–18.
Marzuki. (2011). Meningkatkan Prestasi Belajar Perkalian Bersusun Menggunakan Model Kooperatif Tipe TAI Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Meurah Dua. Lentera, 11(2), 31–39.
Rahayu, S. R., Supriyanto, D. H., & Susanto, S. (2022). Pengaruh Teknik Jarimatika Terhadap Keterampilan Berhitung Perkalian Siswa Kelas Iv Sdn Jogorogo 1 Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi. Jurnal Holistika, 6(1), 41. https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.41-48
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif dan R and D. In Bandung: Alfabeta (Vol. 3, Issue April).
Sunaengsih, C. (2008). P [Universitas Pendidikan Indonesia]. https://repository.upi.edu/70041/
Sunaengsih, C., Djuanda, D., Irawati, R., & Amelia Karlina dan Juni Artha Juneli, D. (2023). Peningkatan Keterampilan Pembuatan Media Pembelajaran Guru Sekolah Dasar Melalui Seminar Inovasi Pembelajaran. Jurnal Pasca Dharma Pengabdian Masyarakat, 4(4), 11–17.
Tamaraningtyas, O., Lestari, L., & Riyadi, R. (2018). … Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Berbantuan Media Flashcard untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung Perkalian pada Siswa Kelas II Sekolah …. JPI (Jurnal Pendidikan …. https://jurnal.uns.ac.id/jpi/article/view/46291%0Ahttps://jurnal.uns.ac.id/jpi/article/viewFile/46291/29111
Wulandari, S., & Prasetyaningrum, S. (2018). Media Stamp Game untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Slow Learner di Sekolah Dasar. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 131–148. https://doi.org/10.15575/psy.v5i2.2977
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sakti Wijayanti, Maulana, Cucun Sunaengsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work