PENGARUH PRAMUKA TERHADAP NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SDN 106144

  • Meri Panjaitan Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Anton Sitepu Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Rumiris Lumban Gaol Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Patri Silaban Universitas Katolik Santo Thomas Medan
Keywords: pendidikan pramuka, pendidikan karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan pramuka terhadap nilai-nilai pendidikan karakter peserta didik di SD Negeri 106144 Sei Mencirim tahun pembelajaran 2020/2021. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik SD Negeri 106144 Sei Mencirim yang berjumlah 165 peserta didik. Pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling dan diperoleh sampelnya berjumlah 32 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan pramuka terhadap nilai-nilai pendidikan karakter peserta didik termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 81,5. Sedangkan Hasil penelitian nilai-nilai pendidikan karakter peserta didik terhadap pendidikan pramuka termasuk dalam kategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata 102,94. Selanjutnya pengujian hipotesis adalah 6,990 kemudian dikonsultasi dengan tabel t pada taraf signifikan 0,05. Oleh karena itu yang diperoleh lebih besar dari yaitu 6,990>1,697 maka dapat disimpulkan bahwa pendidikan berpengaruh signifikan terhadap nilai-nilai pendidikan karakter peserta didik di SD Negeri 106144 Sei Mencirim tahun pembelajaran 2020/2021. Dengan demikian, pendidikan pramuka ini tepat digunakan dalam proses membentuk nilai karakter peserta didik.

Published
2020-11-30
How to Cite
Panjaitan, M., Sitepu, A., Gaol, R. L., & Silaban, P. (2020). PENGARUH PRAMUKA TERHADAP NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SDN 106144 . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 456-461. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.569
Section
Articles