Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Pada Peserta Didik

Authors

  • Asri Dwi Sari Institut Agama Islam Negeri Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.693

Abstract

Penerapan pendidikan  karakter saat ini sudah mulai dicanangkan oleh berbagai lembaga pendidikan  dimulai dari tingkat paling dasar hingga menengah. Atas dasar tersebut perlu dilakukan penelitian mengenai ketercapaian pelaksanaan pendidikan karakter tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu  mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang ditanamkan guru pendidikan agama islam (PAI) pada peserta didik di SDIT Nuruusshiddiiq dan SDIT Al-Furqon Muhamamdiyah, mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama islam (PAI) dalam menanamkan nilai-nilai karaker pada siswa di SDIT Nuruusshiddiiq dan SDIT Al-Furqon Muhamamdiyah, mendeskripsikan proses internalisasi nilai-nilai karakter pada peserta didik di SDIT Nuruusshiddiiq dan SDIT Al-Furqon Muhamamdiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pemaparan dari informan dengan temuan secara deksriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni dengan obervasi partisipan, wawancara mendalam, serta analisis dokumentasi.   Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penanaman nilai-nilai pendidikan karakter, guru memiliki strategi yang khusus dengan cara mengaplikasikan perannya sebagai seorang pendidik, fasilitator, pengajar, pengembang kurikulum, agent of change, dan teladan dalam mengintegrasikan nilai-nilai karakter ke seluruhan mata pelajaran. Pada proses internalisasi penanaman nilai-nilai karakter pada peserta didik dengan cara mengembangkan aspek kogniti, afektif dan psikomotorik peserta didik.

Keywords:

guru pendidikan agama islam, karakter, peserta didik, internalisasi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 895
Downloads Count: 673

Published

2021-03-01

How to Cite

Sari, A. D. (2021). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Pada Peserta Didik. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 12–18. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.693