PENGEMBANGAN MEDIA VIDEOSCRIBE TEMATIK BERBASIS KOMPETENSI ABAD 21 TEMA 7 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1 KELAS V SD NEGERI LEDUG

  • Khumaida Rahmah Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Sony Irianto Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Supriatna Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Keywords: pengembangan media, videoscribe, model pembelajaran 5e, kompetensi abad 21

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran Videoscribe berbasis kompetensi abad 21, 2) mengetahui kelayakan media Videoscribe berbasis kompetensi abad 21, 3) mengetahui respon peserta didik dan respon guru terhadap media Videoscribe berbasis kompetensi abad 21. Pengembangan dan penelitian ini, dilakukan dengan menggunakan rancangan model pengembangan Research and Development (R&D). Adapun langkah-langkah pengembangan metode Research and Development (R&D) yaitu tahap pendefinisian (Define), tahap perencanaan (Design), tahap pengembangan (Develop), tahap penyebaran (Disseminate). Pengembangan media Videoscribe pada pembelajaran menggunakan model kolaborasi tipe 5E yang meliputi Engage (Melibatkan), Explore (Eksplorasi), Explain (Jelaskan), Extend atau Elaborate (Kembangkan), dan Evaluate (Lakukan Evaluasi). Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran Videoscribe yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Setelaj dilakukan validasi dan ujicoba , rata-rata penilaian yang didapat sebagai berikut: ahli media (4,50), ahli bahasa (4,25), ahli media dan bahasa (4,08). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pelajaran, meningkatkan hasil belajar, membantu peserta didik memahami materi dan menarik perhatian peserta didik sehingga media Videoscribe berbasis kompetensi abad 21 layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Published
2020-11-25
How to Cite
Rahmah, K., Irianto , S., & Supriatna. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEOSCRIBE TEMATIK BERBASIS KOMPETENSI ABAD 21 TEMA 7 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1 KELAS V SD NEGERI LEDUG. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 214-218. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.353
Section
Articles