PENGEMBANGAN MEDIA VIDEOSCRIBE TEMATIK BERBASIS KOMPETENSI ABAD 21 TEMA 7 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1 KELAS V SD NEGERI LEDUG
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.353Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran Videoscribe berbasis kompetensi abad 21, 2) mengetahui kelayakan media Videoscribe berbasis kompetensi abad 21, 3) mengetahui respon peserta didik dan respon guru terhadap media Videoscribe berbasis kompetensi abad 21. Pengembangan dan penelitian ini, dilakukan dengan menggunakan rancangan model pengembangan Research and Development (R&D). Adapun langkah-langkah pengembangan metode Research and Development (R&D) yaitu tahap pendefinisian (Define), tahap perencanaan (Design), tahap pengembangan (Develop), tahap penyebaran (Disseminate). Pengembangan media Videoscribe pada pembelajaran menggunakan model kolaborasi tipe 5E yang meliputi Engage (Melibatkan), Explore (Eksplorasi), Explain (Jelaskan), Extend atau Elaborate (Kembangkan), dan Evaluate (Lakukan Evaluasi). Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran Videoscribe yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Setelaj dilakukan validasi dan ujicoba , rata-rata penilaian yang didapat sebagai berikut: ahli media (4,50), ahli bahasa (4,25), ahli media dan bahasa (4,08). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pelajaran, meningkatkan hasil belajar, membantu peserta didik memahami materi dan menarik perhatian peserta didik sehingga media Videoscribe berbasis kompetensi abad 21 layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Keywords:
pengembangan media, videoscribe, model pembelajaran 5e, kompetensi abad 21Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work