Media Pembelajaran MUTIVI Pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5077Abstract
Dengan semakin berkembangnya teknologi dan informasi, guru dituntut untuk mampu melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan teknologi yang tepat. Dengan mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran, siswa akan lebih tertarik mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran MUTIVI dalam mata pelajaran IPS di sekolah dasar, 2) medeskripsikan kelayakan media pembelajaran MUTIVI pada tema 7 subtema 2 indahnya keragaman budaya negeriku. Prosedur penelitian menggunakan model ADDIE, yaitu: Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Instrumen dalam lembar penelitian ini adalah lembar validasi ahli media, ahli materi dan praktisi serta lembar angket respon pserta didik, kelayakan dari media pembelajaran MUTIVI dapat dilihat dari angket respon siswa. Media pembelajaran MUTIVI ini dibuat menggunakan unity 3D. Berdasarkan analisis data rata-rata penilaian ahli media sebesar 97% dengan kategori “sangat baik”,penilaian ahli materi sebesar 97% dengan kategori “sangat baik”, penilaian respon peserta didik sebesar 93% dengan kategori “sangat layak”. Sehingga media pembelajaran MUTIVI memenuhi kriteria layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
Keywords:
media pembelajaran, model ADDIE, unity 3DDownloads
References
Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534
Ernanida, E., & Al Yusra, R. (2019). Media audio visual dalam pembelajaran PAI. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 101-112.
Fajrianti, R., & Meilana, S. F. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Animaker Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6630–6637.
Fatmawati, N. (2020). Pemanfaatan Teknologi Sebagai Pembelajaran E-Learning Google. Journal of Social Science and Education, 1(2), 31–42.
Hartono, H., Lesmana, C., Permana, R., & Matsun, M. (2018). Pelatihan dan pendampingan pembuatan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 14(2), 139–147.
Husein, S., Herayanti, L., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(3), 221–225. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v1i3.262
Kusumawati, L. D., & Mustadi, A. (2021). Kelayakan Multimedia Pembelajaran Interaktif dalam Memotivasi Siswa Belajar Matematika. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1), 31-51.
Lestari, N (2019). Media Pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Jawa Tengah:Lakeisha
Manurung, P. (2021). Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14(1), 1–12.
Manurung, & Panggabean. (2020). Improving Students’ Thinking Ability In Physics Using Interactive Multimedia Based Problem Solving. Cakrawala Pendidikan, 39(2), 460–470. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.28205
Mawarni, & Muhtadi. (2017). Pengembangan Buku Digital Interaktif Mata kuliah Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.10114.
Munandar, H., Sutrio, S., & Taufik, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Animasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 5 Mataram Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(1), 111–120. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v4i1.526.
Nopriyanti, N., & Sudira, P. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Kompetensi Dasar Pemasangan Sistem Penerangan Dan Wiring Kelistrikan Di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpv.v5i2.6416
Ompi, S., & Sugiarso. (2020). Video animasi interaktif 3d dampak penggunaan gadget pada anak sekolah dasar tingkat awal. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 9(2). https://doi.org/https://doi.org/10.35793/jtek.9.2.2020.29717
Putri, zahwa syah, & Rakhmawati, F. (2018). Pengaruh Multimedia Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik pada Materi Pokok Persegi Panjang dan Persegi Kelas VII Di Mts Al-Ulum Medan T.P. 2016/2017. Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7, 71–82. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1776.
Rahman, R. H. (2021). Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Akhlak Anak Sekolah Dasar Di Masa Pandemi. Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 21(01), 46-54.
Sari, R. (2018). Strategi belajar & pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan bahasa. Jurnal Pendiidkan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1, 108–113.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Bandung:Alfabeta.
Sulistiawati, A., & Prastowo, A. (2021). Penggunaan Phet Sebagai Media Interaktif Pembelajaran Ipa Pada Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 2(2), 82-91.
Sutisna, E., Novita, L., & Iskandar, M. I. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi, Informasi, Dan Komunikasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 01–06.
Wuryanti. (2016). Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2). https://doi.org/.https://doi.org/ 10.21831/jpk.v6i2.12055.
Zulherman*, Z., Amirulloh, G., Purnomo, A., Aji, G. B., & Supriansyah, S. (2021). Development of Android-Based Millealab Virtual Reality Media in Natural Science Learning. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 1–10.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mutiara Estu Inayah, Arsyi Rizqia Amalia, Astri Sutisnawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work