Media Pembelajaran Pop Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4189Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh Media Pembelajaran Pop Up Book terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Ciangsana 04 Bogor. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan yaitu metode quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah kelas V SDN Ciangsana 04 Bogor dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas V SDN Ciangsana 04 Bogor, yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas V A yang berjumlah 29 siswa, sebagai kelas eksperimen, dan dan kelas V B yang terdiri dari 25 siswa, sebagai kelas kontrol. Dengan media pembelajaran pop up book dan dikelas kontrol menggunakan media pembelajaran konvensional. Pada penelitian ini alat pengumpul data yang digunakan adalah tes pilihan ganda berjumlah 20 soal yang telah diuji validasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar di kelas VA yang menggunakan media pembelajaran pop up book memiliki nilai rata-rata sebesar 92,321 sedangkan pada kelas V B yang menggunakan media pembelajaran konvensional memiliki memperoleh nilai rata-rata sebesar 82,5. Dari hasil perhitungan uji perbedaan dua kelompok bebas diperoleh hasil bahwa hasil belajar kelompok siswa yang menggunakan media pop up book lebih baik dibandingkan kelompok siswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional. Maka berdasarkan kriteria pengujian H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil tersebut maka kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran pop up book dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas v di sdn ciangsana 04 bogor.
Keywords:
Media Pembelajaran, Pop Up Book, Hasil BelajarDownloads
References
Ahmad, Z. D. Y. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran PKN SMA Swasta Darussa’adah Kec. Pangkalan Susu. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v7i2.618
Alman, A., & Nugrahaeni, N. (2022). Media Pembelajaran Pop Up Book terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas II SD. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi …, 4(2), 149–155. https://unimuda.ejournal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/2662%0Ahttps://unimuda.ejournal.id/jurnalpendidikandasar/article/download/2662/1079
Anies, S. L., & Mariana, N. (2018). Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas Iv Sdn Wonoplintahan Ii Kecamatan Prambon. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(9), 1537–1547.
Benardi, A. I. (2018). Pendidikan Kesiapsiagaan Bencana Tanah Longsor untuk Siswa Anak Usia Dini dengan Metode Dongeng Berbasis Media Pop Up Book di PAUD Dewi Sartika Kecamatan Bergas. Jurnal Pendidikan Geografi, 23(2), 85–93. https://doi.org/10.17977/um017v23i22018p085.
Djamaluddin, A. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.
Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. in Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional
Fitriani, D., Fauzy, T., & Jaya, M. (2020). Pengaruh Media Pop Up Book Berbasis Cerita Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Kelompok B (Usia 5-6 Tahun) Di Paud Al-Huda Palembang Tahun 2019. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 15-26.
Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349
Karisma, I. K. E., Margunayasa, I. G., & Prasasti, P. A. T. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book pada Topik Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 121. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24458.
Laksana, S. D. (2016). Urgensi Pendidikan Islam Dalam Perubahan Sosial Di Masyarakat. Aristo, 4(2), 47. https://doi.org/10.24269/ars.v4i2.188
Lestari, P., & Hudaya, A. (2018). Penerapan Model Quantum Teaching Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Viii Smp Pgri 3 Jakarta. Research and Development Journal of Education, 5(1), 45. https://doi.org/10.30998/rdje.v5i1.3387
Marlina, L., & Solehun. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(1), 66–74. https://unimuda.e-journal.id/jurnalbahasaindonesia/article/download/952/582
Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Journal of Chemical Information and Modeling, 1(2), 95–105.
Nisa, K., Triwoelandari, R., & Kosim, A. M. (2018). Jurnal Mitra Pendidikan ( JMP Online ) ِ. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(10), 1063–1077.
Nurhayati, R. & Afifah, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Pop-Up untuk Pembelajaran Karya Sastra Bahasa Jerman di Kelas XI SMA Negeri 1 Tarik Sidoarjo. Journal Deutsch Als Fremdsprache in Indonesian, 1(2), 1-8., 1–8
Rafsanzani, M. A., Maharani, S. D., & Iramawaty, I. (2014). Media Pop Up Book Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Dasar, 1(2), 120-129.
Simbolon, M. E., & Fitriyani, Y. (2021). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 34. https://doi.org/10.25078/aw.v6i1.1810 l, 1(November 2019), 174–180.
Umam, N. K., Bakhtiar, A. M., & Iskandar, H. (2019). Pengembangan pop up book bahasa indonesia berbasis budaya Slempitan. Trapsila: Jurnal pendidikan dasar, 1(02), 1-11.
Sylvia, N. I., & Hariani, S. (2015). Pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap keterampilan menulis narasi siswa sekolah dasar. Jurnal PGSD Universitas Negeri Surabaya, 3(02), 1197-1205.
Syofyan, H. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(02), 248-265.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Reres Gita Resta, Safril Kodri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work