Aspek Afektif Dalam Pembelajaran Penjas: Bagaimana Kontribusi Metode Permainan Terhadap Level Taksonomi Bloom Siswa?

Authors

  • Novita Ramdani Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Wening Nugraheni Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Firman Septiadi Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5679

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh lemahnya aspek afektif siswa pada saat proses pembelajaran Pendidikan Jasmani seperti kurangnya perhatian siswa, minat, dan kurangnya antusias siswa ketika mengikuti perintah dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aspek afektif siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani dengan menggunakan metode permainan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan dengan desain ”Penelitian Tindakan Model Susman”. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMA PGRI Cicurug yang berjumlah 36 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan berupa lembar observasi penilaian peningkatan aspek afektif siswa. Analisis data secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meningkatnya aspek afektif siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani dalam pertemuan dua siklus. Peningkatan secara signifikan dibandingkan dengan hasil data siklus satu. Peningkatan aspek afektif dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani pada siklus dua telah sesuai dengan indikator keberhasilan dengan hasil 68 menunjukan bahwa aspek afektif siswa meningkat dengan kategori baik.

Keywords:

Metode Permainan, Aspek Afektif, Pendidikan Jasmani

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bintarko, A. (2016). Minat Siswa kelas XI SMAN 1 Pundong Kabupaten Bantul Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Tahun Ajaran 2015/2016.

Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. PT RajaGrafindo Persada.

Ermayasari, E., & Yadi, F. (2013). Hubungan Antara Ranah Afektif siswa dengan hasil belajar Mata Pelajaran Sistem Pengelasan di SMK N 1 Indralaya Utara Tahun 2013. 116-130

Faizah, S. N. (2017). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Volume, 1.

Fakhurrazi. (2018). Hakikat Pembelajaran yang Efektif. At-Tafkir, XI(1), 85–99.

Hajaroh, M. (2006). Pengembangan Evaluasi Afektif Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam. Kependidikan.

Hastuti, M. & T. A. (2015). Peningkatan keaktifan aspek afektif siswa dalam pembelajaran gerak dasar lompat tinggi dengan metode permainan siswa kelas IV SD NEgeri BAnyuraden Gamping Sleman. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 11.

Husdarta, H. J. . (2015). Manajemen Pendidikan Jasmani. Alfabeta.

Krathwoll, D. R., Bloom, B. S., & Maria, B. B. (1968). Taxonomy of Education Objectives: The Classification of Educational Goals. New York: David Mekay Co.

Kurniawan, A. wibowo. (2019). Olahraga dan Permainan Tradisional. Wineka Media.

Latifah, L. (2017). Upaya Meningkatan Hasil Belajar Siswa Materilari Dengan Pendekatan Bermain Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Kalahang Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Sagacious, 4(1), 76-67.

Maulana Zulkarnain, A. (2015). Pengaruh Pemberian Permainan Kecil Dalam Pemanasan Terhadap Minat Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan (Studi Pada Siswa Kelas VIII Smp Negeri 3 Kamal, Bangkalan). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(1), 160–165.

Mulyaarja. (2015). Meningkatkan Keaktifan Aspek Afektif Siswa Dalam Pembelajaran Gerak Dasar Lompat Tinggi Siswa Kelas IV SD Negeri Banyuraden Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman dengan Metode Permainan

Mulyaarja, & Hastuti, T. A. (2015). Peningkatkan Keaktifan Aspek Afektif Siswa Dalam Gamping Sleman. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 11(November), 111–117.

Nugroho, A. P., Raharjo, T., & Wahyuningsih, D. (2013). Pengembangan media pembelajaran Fisika menggunakan permainan ular tangga ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas VIII Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1).

Paputungan, E., & Paputungan, F. (2023). Pendekatan dan Fungsi Afektif dalam proses pemblajaran. Journal of Education and Culture (JEaC), 3(1), 1-8.

Rahayu, E. T. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Alfabeta.

Rame, I. N. (2022). Peningkatan Hasil Belajar PJOK Materi Analisis Keterampilan Gerak Mengontrol Bola Melalui Metode Permainan (game) di kelas XI SMA Negeri 2 Kalabahi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2).

Sari, R. K., Mudjiran, M., Fitria, Y., & Irsyad, I. (2021). Meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik berbantuan permainan edukatif di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5593-5600.

Setiawati, T. (2018). Penanaman Nilai-nilai Karakter pada Pendidikan Agama Islam melalui Metode Permainan di Sekolah Dasar. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D (Cetakan ke). Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Abstract Views : 1659
Downloads Count: 708

Published

2023-10-01

How to Cite

Ramdani, N., Nugraheni, W., & Septiadi , F. (2023). Aspek Afektif Dalam Pembelajaran Penjas: Bagaimana Kontribusi Metode Permainan Terhadap Level Taksonomi Bloom Siswa?. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1673–1678. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5679

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.