Aspek Afektif Dalam Pembelajaran Penjas: Bagaimana Kontribusi Metode Permainan Terhadap Level Taksonomi Bloom Siswa?
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5679Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh lemahnya aspek afektif siswa pada saat proses pembelajaran Pendidikan Jasmani seperti kurangnya perhatian siswa, minat, dan kurangnya antusias siswa ketika mengikuti perintah dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aspek afektif siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani dengan menggunakan metode permainan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan dengan desain ”Penelitian Tindakan Model Susman”. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMA PGRI Cicurug yang berjumlah 36 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan berupa lembar observasi penilaian peningkatan aspek afektif siswa. Analisis data secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meningkatnya aspek afektif siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani dalam pertemuan dua siklus. Peningkatan secara signifikan dibandingkan dengan hasil data siklus satu. Peningkatan aspek afektif dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani pada siklus dua telah sesuai dengan indikator keberhasilan dengan hasil 68 menunjukan bahwa aspek afektif siswa meningkat dengan kategori baik.
Keywords:
Metode Permainan, Aspek Afektif, Pendidikan JasmaniDownloads
References
Bintarko, A. (2016). Minat Siswa kelas XI SMAN 1 Pundong Kabupaten Bantul Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Tahun Ajaran 2015/2016.
Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. PT RajaGrafindo Persada.
Ermayasari, E., & Yadi, F. (2013). Hubungan Antara Ranah Afektif siswa dengan hasil belajar Mata Pelajaran Sistem Pengelasan di SMK N 1 Indralaya Utara Tahun 2013. 116-130
Faizah, S. N. (2017). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Volume, 1.
Fakhurrazi. (2018). Hakikat Pembelajaran yang Efektif. At-Tafkir, XI(1), 85–99.
Hajaroh, M. (2006). Pengembangan Evaluasi Afektif Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam. Kependidikan.
Hastuti, M. & T. A. (2015). Peningkatan keaktifan aspek afektif siswa dalam pembelajaran gerak dasar lompat tinggi dengan metode permainan siswa kelas IV SD NEgeri BAnyuraden Gamping Sleman. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 11.
Husdarta, H. J. . (2015). Manajemen Pendidikan Jasmani. Alfabeta.
Krathwoll, D. R., Bloom, B. S., & Maria, B. B. (1968). Taxonomy of Education Objectives: The Classification of Educational Goals. New York: David Mekay Co.
Kurniawan, A. wibowo. (2019). Olahraga dan Permainan Tradisional. Wineka Media.
Latifah, L. (2017). Upaya Meningkatan Hasil Belajar Siswa Materilari Dengan Pendekatan Bermain Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Kalahang Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Sagacious, 4(1), 76-67.
Maulana Zulkarnain, A. (2015). Pengaruh Pemberian Permainan Kecil Dalam Pemanasan Terhadap Minat Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan (Studi Pada Siswa Kelas VIII Smp Negeri 3 Kamal, Bangkalan). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(1), 160–165.
Mulyaarja. (2015). Meningkatkan Keaktifan Aspek Afektif Siswa Dalam Pembelajaran Gerak Dasar Lompat Tinggi Siswa Kelas IV SD Negeri Banyuraden Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman dengan Metode Permainan
Mulyaarja, & Hastuti, T. A. (2015). Peningkatkan Keaktifan Aspek Afektif Siswa Dalam Gamping Sleman. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 11(November), 111–117.
Nugroho, A. P., Raharjo, T., & Wahyuningsih, D. (2013). Pengembangan media pembelajaran Fisika menggunakan permainan ular tangga ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas VIII Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1).
Paputungan, E., & Paputungan, F. (2023). Pendekatan dan Fungsi Afektif dalam proses pemblajaran. Journal of Education and Culture (JEaC), 3(1), 1-8.
Rahayu, E. T. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Alfabeta.
Rame, I. N. (2022). Peningkatan Hasil Belajar PJOK Materi Analisis Keterampilan Gerak Mengontrol Bola Melalui Metode Permainan (game) di kelas XI SMA Negeri 2 Kalabahi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2).
Sari, R. K., Mudjiran, M., Fitria, Y., & Irsyad, I. (2021). Meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik berbantuan permainan edukatif di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5593-5600.
Setiawati, T. (2018). Penanaman Nilai-nilai Karakter pada Pendidikan Agama Islam melalui Metode Permainan di Sekolah Dasar. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D (Cetakan ke). Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Novita Ramdani, Wening Nugraheni, Firman Septiadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work