Modul Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Tumbuhan Sumber Kehidupan Untuk Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5089Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas modul berbasis problem based learning pada materi tumbuhan sumber kehidupan untuk siswa kelas IV SDN 193 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D. Penelitian ini menggunakan tiga tahap yaitu (1) tahap define (pendefinisian), yaitu analisis bahan ajar, analisis kebutuhan guru dan siswa, analisis lingkungan belajar dan telaah kurikulum, (2) tahap design (perancangan), yaitu perancangan pembuatan produk sesuai kebutuhan. (3) tahap pengembangan adalah uji validitas. Sumber data di peroleh dari data primer yaitu guru, tiga orang siswa dan validator, sedangkan data sekunder di peroleh dari jurnal, buku, serta penelitian terdahulu. Data yang di kumpulkan melalui teknik wawancara, angket dan dokumentasi. Di analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul berbasis problem based learning dikatakan sangat valid tanpa revisi di karenakan memperoleh persentase 94,04 dengan kategori sangat valid, aspek bahasa 87,49 % dengan kategori sangat valid dan aspek desain 91,47% dengan kategori sangat valid, secara keseluruhan validitas modul berbasis berbasis problem based learning memperoleh nilai rata-rata 91% sehingga modul ini berkategori sangat valid tanpa revisi. Diharapkan modul ini dapat di gunakan secara baik di sekolah dasar sehingga siswa dapat lebih aktif lagi dan memotivasi siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan modul yang menarik, kreatif dan inovatif.
Keywords:
Bahan ajar, Model problem based learning, Sekolah dasarDownloads
References
Aji, S. D., Hudha, M. N., & Rismawati, A. Y. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. SEJ (Science Education Journal), 1(1), 36–51. https://doi.org/10.21070/sej.v1i1.830.
Aldo, N., Revita, R., & Nurdin, E. (2021). Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Statistika Smp Kelas VIII. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 6(2), 115–129. Retrieved from https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2SH/article/view/987.
Amris, F. K., & Desyandri. (2021). Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learniing (Pbl) Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2171–2180. https://doi.org/10.24036/pakar.v16i2.43.
Anggraini, L., & Perdana, R. (2019). Hubungan Sikap dan Percaya Diri Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama. SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 5(2), 188. https://doi.org/10.32699/spektra.v5i2.103.
Dewi, N. R., & Akhlis, I. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Berbasis Pendidikan Multikultural Menggunakan Permainan Untuk Mengembangkan Karakter Siswa. Unnes Science Education Journal, 5(1), 1098–1108. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/view/9569.
Doyan, A., Taufik, M., & Anjani, R. (2018). Pengaruh pendekatan multi representasi terhadap hasil belajar fisika ditinjau dari motivasi belajar peserta didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(1).
Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150. Retrieved from http://www.aftanalisis.com.
Imran, A., Amini, R., & Fitria, Y. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Model Learning Cycle 5E di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 343–349. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.691.
Khair, B. N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Untuk Siswa Kelas V SD. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 97–108. https://doi.org/10.30651/else.v2i1.1426.
Khoirudin, R., Sunarto, S., & Sunarso, A. (2022). Pengembangan Modul dalam PBL untuk meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep IPS dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4442–4450. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2770.
Nafsiah, I. N., Rizal, F., & Giataman. (2019). Validitas Pengembangan Modul Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Kuliah Manajemen Proyek Di Pendidikan Teknik Bangunan Ft-Unp. Educational Building: Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan Dan Sipil, 5(1), 26–31.
Nurbaeti, R. U. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Berbasis Problem. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1), 53.
Pendidikan, K., Teknologi, D. A. N., Standar, B., & Pendidikan, D. A. N. A. (2022). Salinan Keputusan Kurikulum Merdeka Belajar. In In Vitro Cellular and Developmental Biology--Animal. Retrieved from https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/unduhan/CP_2022.pdf.
Rahayu, J., & , Rosdiah Salam, M. H. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa SD. Pinisi Journal PGSD, 1(3), 1014–1022.
Saputri, R. H., & Ramadan, Z. . (2022). Pengembangan Modul Berbasis Nilai Karakter Pada Subtema Indahnya Persatuan Dan Kesatuan Negeriku Di Sekolah Dasar. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(3), 306–318.
Septiana, I. T., Wijayanti, O., & Muslim, A. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 2(2), 14–17. https://doi.org/10.31949/jee.v2i2.1513.
Sohibun, S., & Ade, F. Y. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Class Berbantuan Google Drive. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 121. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.2177.
Sugiyono. (2019). Metode PEnelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Afabeta.
Suwarti, S., Laila, A., & Permana, E. P. (2020). Pengembangan Media Komik Berbasis Kearifan Lokal untuk Menentukan Pesan dalam Dongeng pada Siswa Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 7(2), 140–151. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i2.11553.
Syukur, S. K., Fitria, Y.-, & F, F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar IPA Tema 8 Menggunakan Model Project Based Learning Di Sekolah Dasar. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 120–127. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.120-127.
Thiagarajan, S. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Council for Exceptional Children, Association Drive, Reston, Virginia.
Violadini, R., & Mustika, D. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Metode Inkuiri Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1210–1222. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.899.
Yuanta, F. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 91–100. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816.
Yuristia, F., Hidayati, A., & Ratih, M. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2400–2409. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2393.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Intan Rosdiana, Ramadan Zaka Hadikusuma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work