PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 067245 MEDAN

Authors

  • Murnihati Giawa Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Saut Mahulae Universitas Katolik Santo Thomas
  • Antonius Remigius Universitas Katolik Santo Thomas
  • Patri Silaban Universitas Katolik Santo Thomas

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.483

Abstract

Pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu kuesioner dan studi dokumentasi. Sampel dalam penelitian yaitu siswa kelas V SD Negeri 067245 Medan yang berjumlah 32 siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik sample random sampling. Untuk menguji kualitas instrument dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data menggunakan rumus uji normalitas. Untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t pada SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pengujian korelasi dapat dilihat pada nilai koefisien korelasi sebesar 0,691 artinya rhitung (0,691) ≥ rtabel (0,349) maka Ha diterima. Maka terdapat pengaruh antara Motivasi Belajar terhadap Prestasi belajar siswa di kelas V SD Negeri 067245 Medan. Dapat juga dilihat dari hasil pengujian hipotesis uji-t dimana thitung ≥ ttabel yaitu 5.235 ≥ 1,697 sehingga menyatakan bahwa hipotesis Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi belajar siswa di kelas V SD Negeri 067245 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Sedangkan keeratan hubungannya termasuk Tinggi karena berada pada rentang 0,600-0,800.

Keywords:

Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 4357
Downloads Count: 4155

Published

2020-11-28

How to Cite

Giawa, M., Mahulae, S. ., Remigius, A., & Silaban, P. (2020). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 067245 MEDAN. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 327–332. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.483

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>