Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII Tentang Bangun Datar Ditinjau Dari Teori Van Hiele

Authors

  • Bella Lorentina Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Lessa Roesdiana Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4693

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan yang berada di dalam diri seorang siswa dalam rangka menggunakan proses berpikir untuk memecahkan permasalahan dengan cara mengumpulkan fakta, informasi maupun alternatif yang lain, serta menentukan pemecahan masalah yang paling efektif. Tujuan penelitian ini untuk memahami tingkat kemampuan dalam memecahkan permasalahan dikaji menurut Teori Van Hiele pada siswa SMP dengan materi bangun datar. Subjek penelitian berjumlah 16 orang siswa yang dilakukan secara purposive sampling. Disamping itu, instrumen yang digunakan berupa tes essai. Dari penelitian ini, diperoleh hasil sebesar 18.75% yang berada pada kategori sangat tinggi, dimana siswa mampu memenuhi 4 indikator penilaian. Selanjutnya, 31.25% siswa berada pada kategori tinggi karena mereka hanya dapat memenuhi 3 indikator penilaian. Lalu 34.75% siswa berada pada kategori rendah karena mereka hanya dapat memenuhi 2 indikator penilaian. Terakhir terdapat 6.25% siswa berada pada kategori sangat rendah dikarenakan mereka hanya mampu memenuhi 1 indikator atau tidak sama sekali.

Keywords:

pemecahan masalah, bangun ruang, teori van hiele

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aripin, U. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita bangun datar segiempat ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematik untuk siswa kelas VII. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1135-1142.

Astuti, N. H., Rusilowati, A., Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Model Polya Materi Getaran, Gelombang, Dan Bunyi Siswa SMP. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 9(1), 1–8.

Firnanda, V., & Pratama, F. W. (2020). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Segitiga Berdasarkan Teori Van Hielle. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 487-498.

Hartini, S. (2011). Evaluasi Pembelajaran. Qinant.

Hidayah, N., Budiman, M. A., & Cahyadi, F. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Kelas V dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Operasi Hitung Pecahan. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1), 46–51. https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.29252

Hidayat, Wahyu & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Adversity Quotient Siswa Smp Melalui Pembelajaran Open Ended. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 2, 109–118.

Indriana, L., & Maryati, I. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Segiempat dan Segitiga di Kampung Sukagalih. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 541-552.

Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729

Kodariyati, L., & Astuti, B. (2016). Pengaruh Model Pbl Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V Sd. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 93. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7713

Mulyanti, N. R., Yani, N., & Amelia, R. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam pemecahan masalah matematik siswa smp pada materi teorema phytagoras. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 415-426.

Parulian, R. A., Munandar, D. R., & Ruli, R. M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dalam Menyelesaikan Materi Bilangan Bulat Pada Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 345–354. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika

Rambe, A. Y. F., & Afri, L. D. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi barisan dan deret. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 175-187.

Reski, R., Hutapea, N., & Saragih, S. (2019). Peranan model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(1), 049-057.

Rindyana, B. S. (2012). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Analisis Newman (Studi Kasus MAN Malang 2 Batu). Universitas Negeri Malang.

Ristanty, D. W., & Pratama, F. W. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Segiempat Berdasarkan Teori Van Hiele. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1648-1658.

Shadiq, F. (2004). Pemecahan Masalah, Penalaran dan Komunikasi. Widyaiswara PPPG Matematika Yogyakarta, 1–20.

Sudihartinih, E., & Wahyudin. (2019). The van hiele levels of geometric of students in first semester reviewed from gender. Journal of Physics: Conference Series, 1280(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1280/4/042034

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148-158.

Suparman, P. (2013). Deskripsi Kesalahan Siswa Dalam Menerjemahkan Soal Cerita Kedalam Model Matematika Dan Penyelesaiannya Pada Pokok Bahasan SPLDV. Universitas Negeri Gorontalo.

Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534–540. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22311

Van Hiele, P. M. (1959). The child’s thought and geometry. English translation of selected writings of Dina van Hiele-Geldof and Pierre M. van Hiele, 243-252.

Wijaya, A. A., & Masriyah. (2013). Analsis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Sistem Linear Dua Variabel. MATHEdunesa, 2(1), 1–7.

Wulan, E. R., & Rosidah, N. I. (2020). Bagaimana Problem Solving Geometri Ruang Dari Level Berpikir Van Hiele Siswa?. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 22-40.

Zulyanty, M. (2019). Newman Error Analysis Siswa Madrasah dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 379–388. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.121

Downloads

Abstract Views : 346
Downloads Count: 318

Published

2023-05-25

How to Cite

Lorentina, B., & Roesdiana, L. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII Tentang Bangun Datar Ditinjau Dari Teori Van Hiele. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 651–658. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4693

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.