PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS IV DI SD BUDI LUHUR

Authors

  • Ratna Silaban Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Saut Mahulae Universitas Katolik Santo Thomas
  • Patri Silaban Universitas Katolik Santo Thomas

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.451

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar sisiwa siswa kelas IV SD RK Budi Luhur Medan. Model pembelajaran mind mapping diduga sebagai model pembelajaran yang tepat untuk diterapkan pada siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD RK Budi Luhur Medan. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu Kelas IV A yang berjumlah 40 siswa (sebagai kelas eksperimen) dan Kelas IV B yang berjumlah 40 siswa (sebagai kelas kontrol). dengan model mind mapping dan di kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes pilihan ganda berjumlah 30 item yang telah diuji validasi. Hasil belajar di kelas IV A (sebagai kelas eksperimen) menggunakan model pembelajaran mind mapping. Nilai rata-rata pretes adalah 60.675, kemudian setelah dilakukan perlakuan nilai rata-rata postes adalah 83.825. Dan hasil belajar untuk kelas IV B (kelas kontrol) yang menggunakan model pembelajaran konvensional memiliki rata-rata nilai pretest 62,15. nilai rata-rata postes adalah 70,05. Dari hasil uji-t diperoleh tarikan = 6,615 sedangkan t tabel = 0,024 karena thitung> t tabel (6,615> 0,024) maka H0 diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran mind mapping mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD RK Budi Luhur Medan.

Keywords:

Model Pembelajaran, Mind Mapping, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 729
Downloads Count: 394

Published

2020-11-27

How to Cite

Silaban, R. ., Mahulae, S., & Silaban, P. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS IV DI SD BUDI LUHUR . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 308–313. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.451

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

<< < 69 70 71 72 73 74 75 76 77 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.