Pemanfaatan Program Bimbingan Konseling Untuk Perkembangan Bahasa Anak

Authors

  • Yulia Alawiyah Universitas Pancasakti
  • Septiyani Endang Yunitasari Universitas Pancasakti Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6352

Abstract

Perkembangan bahasa anak usia dini merupakan salah satu aspek yang harus dikembangkan optimal pada masa golden age. Masalah yang dihadapi pasca pandemi yaitu anak-anak cenderung bersahabat dengan gadget sehingga anak terbiasa berkomunikasi satu arah yang mengakibatkan anak enggan berbicara.dan akhirnya mengalami keterlambatan dalam perkembangan bahasanya. Guru tentunya sebagai garda terdepan mempunyai  tanggungjawab yang besar agar perkembangan anak-anaknya bisa optimal. Selain guru, lembaga Pendidikan anak usia dini juga harus mempuyai program-program yang mendukung terlaksananya pembelajaran yang terintegrasi yang bisa menstimulasi 6 aspek perkembangan anak, salah satunya melalui layanan bimbigan dan koseling. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran perkembangan bahasa anak sebelum dan sesudah mendapatkan layanan bimbingan konseling di TKIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu bersifat kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis melalui proses reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang mempunyai hambatan dalam berbahasa baik bahasa ekpeksif maupun reseptif  mengalami kemajuan yang cukup signifikan setelah mereka mendapatkan layanan dari bimbingan dan konseling. Kerjasama yang baik dengan orangtua dapat meningkatkan keberhasilan perkembangan bahasanya.

Keywords:

Program Bimbingan konseling, perkembangan bahasa, anak usia dini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfin, J., & Pangastuti, R. (2020). Perkembangan Bahasa pada Anak Speechdelay. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 76–86. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.572

Anggrasari, A. P., & Rahagia, R. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Bicara Dan Bahasa Anak Usia 3-5tahun. 1(1), 18–24.

Angkur, M. F. M. (2022). Penerapan Layanan PAUD Holistik Integratif di Satuan PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4287–4296. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2587

Astuti, S., & Amri, N. (2021). Meningkatkan Kemampuan Reseptif Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Menggunakan Media Papan Panel. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 6.

Binekasri, R. (2014). Analisis Semiotika Homoseksual Pria pada Film Arisan 2. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 13(2), 90-108.

Bromley, H. (2001). A question of talk: Young children reading pictures. Reading, 35(2), 62-66.

Budiarti, E., Rahmani, E., Yusnita, E., Sumiati, C., & Yunaini, Y. (2022). Pengaruh Penerapan Oral Motor Untuk Anak Speech Delay Usia 2-4 Tahun. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(10), 953-960.

Dessy Syofianti, B. M. (2022). Iplementasi Pendidikan Anak Usia Dini Dengan Pendekatan Bimbingan Konseling. Jurnal Pendidikan , Sains, Dan Teknologi, 9(2), 443–459.

Djam’an Satori & Aan Komariah. (2014). Metodologi Penelitian Kuantatif. Alfabeta.

Gleason, P. (2019). Speaking of diversity: Language and ethnicity in twentieth-century America. JHU Press.

Haryawati, Y., Kartadinata, S., & ... (2019). Tinjauan Ontologis Bimbingan Dan Konseling Anak Usia Dini (BK-AUD). Jurnal ….

Hendarko, A. C., Anggraika, I., & Kunci, K. (2018). Efektivitas Teknik Prompting dan Positive Reinforcement untuk Meningkatkan Frekuensi Kontak Mata pada Anak Prasekolah dengan Autisme The Effectiveness of Prompting and Positive Reinforcement Technique to Increase Eye Contact Behavior for Preschool Children with Autism. 6(2), 176–185.

Hendra Sofyan. (2014). Perkembangan Anak Usia Dini dan Cara Praktis Peningkatannya. CV Infomedika.

Husna, A., & Eliza, D. (2021). Strategi Perkembangan dan Indikator Pencapaian Bahasa Reseptif dan Bahasa Ekspresif pada Anak Usia Dini. Jurnal Family Education, 1(4), 38–46. https://doi.org/10.24036/jfe.v1i4.21

Mulianah Khaironi. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35

Nuh, M. (2014). Isi, Standar Tingkat, Tentang Perkembangan, Pencapaian.

Prasasti, S., Efendi, M., Fkip, B. K., & Pembangunan, U. T. (n.d.). Program bimbingan konseling untuk anak usia dini. 18(1), 28–38.

Siti Nurhalisyah, S. (2023). Hubungan Antara Kemampuan Mengunyah Makanan Dengan Kemampuan Artikulasi Pada Anak Down Syndrome Di Samarinda. 1, 347–360.

Sitompul, L. K. (2021). Implementasi Teknik Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Gangguan Kecemasan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age.

Steinberg, D. D., & Steinberg, M. T. (1975). Reading before speaking. Visible Language, 9(3), 197-224.

Sugiyono. (2015). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Switri, E. (2022). Bimbingan Konseling Anak Usia Dini. Qiara Media.

Syaodih, E. (2015). Bimbingan Konseling untuk Anak Usia Dini. Universitas Terbuka.

Tatik Ariyanti. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Pendididkan Dasar, VII.

Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. C.V Andi.

Widyastuti, A., Konseling, B., & Pgri, U. I. (2018). Bahasa Positif Guru Dalam Bimbingan dan Konseling Membentuk Karakter Positif Anak Usia Dini. 4(1), 107–115.

Yani, M., & Ramli, R. (2022). Analisis Komunikasi Non-Verbal pada Siswa SLBN 1 Bima. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4475-4483.

Downloads

Abstract Views : 855
Downloads Count: 677

Published

2023-10-01

How to Cite

Alawiyah, Y., & Yunitasari, S. E. (2023). Pemanfaatan Program Bimbingan Konseling Untuk Perkembangan Bahasa Anak . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1840–1848. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6352

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.