Pembelajaran Vokasional Terhadap Karir Siswa Berkebutuhan Khusus
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3995Abstract
Persoalan yang dihadapi anak berkebutuhan khusus bukan hanya menyelesaikan pendidikan di tingkat sekolah, akan tetapi bagaimana jaminan pendidikan lanjutan setelah lulus sekolah. Pendidikan dianggap penting bagi semua orang terlebih bagi anak berkebutuhan khusus karena pendidikan sebagai dasar untuk mengeksplorasi karir agar dapat memperoleh perencanaan karir yang tepat sehingga mendapatkan pekerjaan yang layak.Tujuan penelitian untuk mengetahui ketersesuaian pembelajaran vokasional terhadap kebutuhan siswa, ketersesuaian pembelajaran vokasional terhadap karir siswa, dan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan karir siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilakukan di Sekolah Khusus KORPRI Pandeglang. Informan penelitian ini yaitu guru pembelajaran vokasional, dua siswa tunarungu, satu siswa tunagrahita, tiga orang tua siswa, dan projek manager yayasan menembus batas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketersesuaian pembelajaran vokasional terhadap kebutuhan siswa SKh KORPRI Pandeglang, dalam memberikan pembelajaran vokasional sekolah sudah menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing anak. Serta ketersesuaian pembelajaran vokasional terhadap karir belum sesuai untuk anak yang bakatnya belum terlihat, tetapi cukup sesuai untuk anak yang memang bakatnya sudah terlihat. Sedangkan potensi (bakat) yang dimiliki oleh siswa menjadi faktor utama berhasilnya suatu karir. Sedangkan faktor keberhasilan karir dari segi minat tidak terlalu terlihat.
Keywords:
Pembelajaran Vokasional, Karir, Siswa Berkebutuhan KhususDownloads
References
Alam, F. A. (2020). Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Di SMP Negeri 3 Barru. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 1-11.
Anwar. (2014). Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill Education). Bandung: Alfabeta.
Atmaja, T. T. (2014). Upaya meningkatkan perencanaan karir siswa melalui bimbingan karir dengan penggunaan media modul. Psikopedagogia, 3(2), 58-68.
Budyartati, S. (2014). Problematika Pembelajaran di Sekolah Dasar. Deepublish.
Fanreza, R. (2017). Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Dosen Tetap Al-Islam Kemuhammadiyahan Di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(2), 141-161.
Husna, F., Yunus, N. R., & Gunawan, A. (2019). Hak Mendapatkan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Dimensi Politik Hukum Pendidikan. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 6(2), 207-22.
Khotimah, K. (2019). Implementasi Program Keterampilan Vokasional Bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Khusus, 11(1).
Marani, A. (2017). Kurikulum Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Jurnal Studia Insania, 5(2), 105-119.
Nurmalasari, Y., & Erdiantoro, R. (2020). Perencanaan Dan Keputusan Karier: Konsep Krusial Dalam Layanan BK Karier. Quanta, 4(1), 44-51.
Papalia, D. E. (2009). Sally Wendkos olds., dan Ruth Duskin Feldman. Human Development (perkembangan manusia). Alih bahasa Brian Marswendy. Jakarta: Salemba Humanika.
Putri, S. A. P. (2012). Karir dan pekerjaan di masa dewasa awal dan dewasa madya. Majalah Ilmiah Informatika, 3(3), 193-212.
Rosyada, S. A., & Muslim, A. (2021). Implementasi Layanan Bimbingan Karir Bagi Anak Tunawicara Di Smplb Ypac Palembang [Implementation Of Career Guidance Service For Speech Impaired Children In Smplb Ypac Palembang]. Acta Islamica Counsenesia: Counselling Research and Applications, 1(2).
Salim & Syahrum. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka.
Sudira, P. (2017). TVET ABAD XXI Filosofi, Teori, Konsep, Dan Strategi Pembelajaran Vokasinal. Yogyakarta. Uny Press 2017.
Ulfasari, N., & Fauziah, P. Y. (2021). Pendampingan Orang Tua pada Pendidikan Anak di Masa Pandemi Covid-19 Berdasarkan Profesi Orang Tua. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 935-944.
Wahy, H. (2012). Keluarga sebagai basis pendidikan pertama dan utama. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 12(2).
Widiastuti, N. L. G. K. (2020). Layanan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Dengan Gangguan Emosi dan Perilaku. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(2), 1-11.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ani Supriati, Sistriadini Alamsyah Sidik, Neti Asmiati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work