Representasi Semiotik Matematis Siswa SMA Dalam Masalah Aplikasi Turunan Fungsi Aljabar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4115Abstract
Kemampuan dalam matematika diantaranya adalah interpretasi sebuah tanda. Kurangnya kemampuan siswa dalam menginterpretasi tanda didalam matematika menyebabkan siswa tidak mampu dalam menyelesaikan masalah aplikasi turunan fungsi aljabar. Kemampuan representasi semiotik maematis didasarkan pada konsep Peirce untuk memperlihatkan kemampuan siswa dalam mengungkapkan tanda dari suatu fenomena atau lambang yang mewakilinya merujuk pada suatu objek. Oleh karena itu, kajian ini bertujuan untuk mendeksripsikan tentang kemampuan representasi semiotik matematis dengan subjek yang digunakan siswa dari kelas XII disalah satu SMA di Kabupaten Karawang, sebanyak 3 subjek terpilih berdasarkan pencapaian siswa pada setiap indikator kemampuan representasi semiotik matematis. Kemampuan representasi semiotik matematis diukur berdasarkan 1) mampu menyajikan data atau informasi kedalam tampilan gambar yang dapat dilihat secara visual; 2) mampu menyatakan masalah, menggunakan simbol dan menginterpretasikan simbol ke dalam matematika; 3) mampu menyimpulkan suatu tampilan representasi dengan menggunakan kata-kata. Berdasarkan hasil analisis jawaban, diperoleh informasi bahwa SA mampu 1) menyajikan data atau informasi kedalam tampilan gambar yang dapat dilihat secara visual; 2) mampu menyatakan masalah, menggunakan simbol dan menginterpretasikan simbol ke dalam matematika; 3) mampu menyimpulkan suatu tampilan representasi dengan menggunakan kata-kata. Sedangkan SB hanya mampu 1) menyatakan masalah, menggunakan simbol dan menginterpretasikan simbol ke dalam matematika; dan 2) mampu menyimpulkan suatu tampilan representasi dengan menggunakan kata-kata. Sedangkan SC tidak mampu memenuhi salah satunya.
Keywords:
Representasi Semiotik, Turunan Fungsi Aljabar, MatematikaDownloads
References
Arfianto, H., & Hakim, D. L. (2019). Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Fungsi Komposisi. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematik, 2018, 1248–1256.
Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (3rd ed.). Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Chen, M. S., Qi, J., Xiang, L., Li, L., Liu, B. Y., Wang, C. D., & Huang, D. (2022). Representation Learning in Multi‑view Clustering: A Literature Review. Data Science and Engineering, 7(3), 225–241. https://doi.org/10.1007/s41019-022-00190-8
Choiriyaza, A. E. (2017). Pengaruh Metode Pemodelan Matematika Berbantuan Autograph Terhadap Kemampuan Representasi Semiotik Matematik Siswa.
Choiriyaza, A. E., Kadir, & Fatma, M. (2021). Pemodelan Matematika : Dapatkah Autograph Meningkatkan Representasi Semiotik Matematik Siswa ? 5(2), 264–276.
Cristina, L., & Monteiro, S. (2022). Semiosis to Communicate Mathematics: Complementarity in the Circularity of Interpretations in Mathematics for the Development of Creativity. 19(2).
Erlita, & Hakim, D. L. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MTS Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar Segiempat. 5(4), 971–982. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.971-982
Fadilah, N. A. S., & Hakim, D. L. (2022). Efektivitas Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(November), 565–574.
Fadilah, N. S., & Hakim, D. L. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Pada Materi Fungsi dengan Tahapan Polya. 7, 64–73.
Fitriyah, I. M. (2020). Analisis Komponen Semiotik Dalam Generalisasi Matematis Siswa.
Hasanah, M., & Hakim, D. L. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Pada Soal Matematika PISA Konten Quantity dan Konten Change and Relationship. 5(2), 157–166.
Isnaini, A., & Surya, E. (2018). Analisis kemampuan representasi matematika siswa pada materi barisan aritmatika berbantuan kobar dago.
Khoiroh, R. U. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Semiotik Siswa SMA Pada Materi Barisan Dan Deret Aritmatika.
Nugraha, D. I. D., & Hakim, D. L. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Aritmatika Sosial. 8(1), 320–327. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1994
OECD. (2019). PISA 2018 Result What Students Know And Can Do: Vol. I.
Presmeg, N., Radford, L., Roth, W.-M., & Kandunz, G. (2016). Semiotics in Mathematics Education.
Risah, Y., Sutirna, & Hakim, D. L. (2021). Pencapaian Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Trigonometri. 4(2), 307–316. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.307-316
Scheleicher, A. (2018). PISA 2018 Insight and Interpretation. 6(2), 601–610. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1341
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Summaries, C. E. (2018). PISA 2018 Results. I.
Suningsih, A., & Istiani, A. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. 10, 225–234.
Ully, A. C., & Hakim, D. L. (2022). Jurnal Didactical Mathematics Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Tahapan Polya. 4(April), 156–162.
Umam, M. A., & Zulkarnaen, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. 8(1), 303–312. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1993
Wahidah, N., & Hakim, D. L. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Materi Barisan dan Deret Aritmatika Kelas XII SMA. 4(April), 74–83.
Wibowo, I. S. W. (2006). Semiotika Komunikasi (Aplikasi praktis bagi penelitian dan skripsi komunikasi). 1–159.
Yanah, & Hakim, D. L. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. 8(1), 355–366. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1995
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Citra Loka Dewi, Dori Lukman Hakim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work