Representasi Semiotik Matematis Siswa SMA Dalam Masalah Aplikasi Turunan Fungsi Aljabar

Authors

  • Citra Loka Dewi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dori Lukman Hakim Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4115

Abstract

Kemampuan dalam matematika diantaranya adalah interpretasi sebuah tanda. Kurangnya kemampuan siswa dalam menginterpretasi tanda didalam matematika menyebabkan siswa tidak mampu dalam menyelesaikan masalah aplikasi turunan fungsi aljabar. Kemampuan representasi semiotik maematis didasarkan pada konsep Peirce untuk memperlihatkan kemampuan siswa dalam mengungkapkan tanda dari suatu fenomena atau lambang yang mewakilinya merujuk pada suatu objek. Oleh karena itu, kajian ini bertujuan untuk mendeksripsikan tentang kemampuan representasi semiotik matematis dengan subjek yang digunakan siswa dari kelas XII disalah satu SMA di Kabupaten Karawang, sebanyak 3 subjek terpilih berdasarkan pencapaian siswa pada setiap indikator kemampuan representasi semiotik matematis. Kemampuan representasi semiotik matematis diukur berdasarkan 1) mampu menyajikan data atau informasi kedalam tampilan gambar yang dapat dilihat secara visual; 2) mampu menyatakan masalah, menggunakan simbol dan menginterpretasikan simbol ke dalam matematika; 3) mampu menyimpulkan suatu tampilan representasi dengan menggunakan kata-kata. Berdasarkan hasil analisis jawaban, diperoleh informasi bahwa SA mampu 1) menyajikan data atau informasi kedalam tampilan gambar yang dapat dilihat secara visual; 2) mampu menyatakan masalah, menggunakan simbol dan menginterpretasikan simbol ke dalam matematika; 3) mampu menyimpulkan suatu tampilan representasi dengan menggunakan kata-kata. Sedangkan SB hanya mampu 1) menyatakan masalah, menggunakan simbol dan menginterpretasikan simbol ke dalam matematika; dan 2) mampu menyimpulkan suatu tampilan representasi dengan menggunakan kata-kata. Sedangkan SC tidak mampu memenuhi salah satunya.

Keywords:

Representasi Semiotik, Turunan Fungsi Aljabar, Matematika

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arfianto, H., & Hakim, D. L. (2019). Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Fungsi Komposisi. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematik, 2018, 1248–1256.

Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (3rd ed.). Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Chen, M. S., Qi, J., Xiang, L., Li, L., Liu, B. Y., Wang, C. D., & Huang, D. (2022). Representation Learning in Multi‑view Clustering: A Literature Review. Data Science and Engineering, 7(3), 225–241. https://doi.org/10.1007/s41019-022-00190-8

Choiriyaza, A. E. (2017). Pengaruh Metode Pemodelan Matematika Berbantuan Autograph Terhadap Kemampuan Representasi Semiotik Matematik Siswa.

Choiriyaza, A. E., Kadir, & Fatma, M. (2021). Pemodelan Matematika : Dapatkah Autograph Meningkatkan Representasi Semiotik Matematik Siswa ? 5(2), 264–276.

Cristina, L., & Monteiro, S. (2022). Semiosis to Communicate Mathematics: Complementarity in the Circularity of Interpretations in Mathematics for the Development of Creativity. 19(2).

Erlita, & Hakim, D. L. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MTS Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar Segiempat. 5(4), 971–982. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.971-982

Fadilah, N. A. S., & Hakim, D. L. (2022). Efektivitas Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(November), 565–574.

Fadilah, N. S., & Hakim, D. L. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Pada Materi Fungsi dengan Tahapan Polya. 7, 64–73.

Fitriyah, I. M. (2020). Analisis Komponen Semiotik Dalam Generalisasi Matematis Siswa.

Hasanah, M., & Hakim, D. L. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Pada Soal Matematika PISA Konten Quantity dan Konten Change and Relationship. 5(2), 157–166.

Isnaini, A., & Surya, E. (2018). Analisis kemampuan representasi matematika siswa pada materi barisan aritmatika berbantuan kobar dago.

Khoiroh, R. U. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Semiotik Siswa SMA Pada Materi Barisan Dan Deret Aritmatika.

Nugraha, D. I. D., & Hakim, D. L. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Aritmatika Sosial. 8(1), 320–327. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1994

OECD. (2019). PISA 2018 Result What Students Know And Can Do: Vol. I.

Presmeg, N., Radford, L., Roth, W.-M., & Kandunz, G. (2016). Semiotics in Mathematics Education.

Risah, Y., Sutirna, & Hakim, D. L. (2021). Pencapaian Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Trigonometri. 4(2), 307–316. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.307-316

Scheleicher, A. (2018). PISA 2018 Insight and Interpretation. 6(2), 601–610. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1341

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Summaries, C. E. (2018). PISA 2018 Results. I.

Suningsih, A., & Istiani, A. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. 10, 225–234.

Ully, A. C., & Hakim, D. L. (2022). Jurnal Didactical Mathematics Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Tahapan Polya. 4(April), 156–162.

Umam, M. A., & Zulkarnaen, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. 8(1), 303–312. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1993

Wahidah, N., & Hakim, D. L. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Materi Barisan dan Deret Aritmatika Kelas XII SMA. 4(April), 74–83.

Wibowo, I. S. W. (2006). Semiotika Komunikasi (Aplikasi praktis bagi penelitian dan skripsi komunikasi). 1–159.

Yanah, & Hakim, D. L. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. 8(1), 355–366. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1995

Downloads

Abstract Views : 314
Downloads Count: 439

Published

2023-01-30

How to Cite

Loka Dewi, C., & Hakim, D. L. (2023). Representasi Semiotik Matematis Siswa SMA Dalam Masalah Aplikasi Turunan Fungsi Aljabar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 32–34. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4115