Peran Pendidik Dalam Pengembangan Nilai Agama dan Moral Pada Pembelajaran Berbasis Al Qur’an

Authors

  • Nunuk Marlina Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Hamid Patilima Universitas Panca Sakti Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5348

Keywords:

Peran Pendidik, Nilai Agama Moral, Pembelajaran Al Qur’an

Abstract

Pentingnya pengembangan nilai agama dan moral anak ditanamkan sejak dini. Pembelajaran berbasis Al Qur’an di TK Islam Al Aqsha bertujuan untuk menghasilkan anak yang memiliki nilai agama dan moral yang baik sebagai Sumber Daya Manusia berdasarkan Al qur’an. Peran guru sangat dibutuhkan dalam pengembangan nilai agama dan moral di sekolah. Guru harus memiliki kemampuan serta wawasan yang baik dalam mendidik peserta didiknya. Penelitian ini mendeskripsikan Peran Guru Dalam Pengembangan Nilai Agama dan Moral Pembelajaran Berbasis Al Qur’an pada anak usia dini. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan studi kasus. Data penelitian diambil melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran pendidik sangat dibutuhkan dalam mengembangkan nilai agama dan moral anak sesuai dengan pembelajaran berbasis Al Qur’an sehingga anak memiliki nilai agama dan moral yang baik. Dalam pelaksanaan pembelajaran Al-Qur'an pada perkembangan NAM anak usia dini menunjukan bahwa anak dapat mengetahui do’a pendek sehari-hari, anak mengetahui surat-surat yang biasa dibaca ketika shalat dan anak menunjukan perilaku sopan, hormat, peduli dan toleransi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Muqit, A., & Maskur, A. (2021). Manajemen Pembelajaran Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus Di PAUD Ad-Din Cirebon). El-Athfal : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, 1(02), 95–108. https://doi.org/10.56872/elathfal.v1i02.277

Ahmad, Z. (2015). Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Guru Pembimbing Dalam Menanamkan Nilai Moral Pada Perkembangan Moral Siswa Di SMP Negeri 22 Kota Jambi. Skripsi. Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan, Universitas Jambi.

Aini, N., Ruslan, R., & Ely, R. (2016). Penanaman nilai-nilai moral pada siswa di sd negeri lampeuneurut. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1).

Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28

Aprida, S. N., & Suyadi, S. (2022). Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2462–2471. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1959

Ardiansari, B. F., & Dimyati, D. (2021). Identifikasi Nilai Agama Islam pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 420–429. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.926

Buan, Y. A. L. (2021). Guru dan Pendidikan Karakter: Sinergitas Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di Era Milenial. Penerbit Adab.

Cahyani, K., & Dewi, D. A. (2021). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik agar Menciptakan Siswa yang Berkualitas. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 268-281.

Dea, L. F., & Setiawan, A. (2019). Peran guru dalam mengembangkan nilai moral agama pada anak usia dini di raudlatul athfal ma’arif 1 metro. Jurnal Program Studi PGRA, 5(1), 13–29.

Dwiputri, F. A., & Anggraeni, D. (2021). Penerapan Nilai Pancasila dalam Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar yang Cerdas Kreatif dan Berakhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1267-1273.

Hidayat, B. (2017). Pembelajaran Alquran pada Anak Usia Dini Menurut Psikologi Agama dan Neurosains. Proceedings of The 2nd Annual Conference on Islamic Early Childhood Education, 2, 60.

KBBI. (n.d.). Pengertian Guru. Retrieved April 2, 2023, from https://kbbi.web.id/guru

Kementrian Pendidikan Nasional RI. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini No 137 Tahun 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 1–76. https://portaldik.id/assets/upload/peraturan/PERMEN KEMENDIKBUD Nomor 137 Tahun 2014 Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.pdf

Limbong, I., Munawar, M., & Kusumaningtyas, N. (2019). Perencanaan pembelajaran paud berbasis steam ( science, technology, eingeneering, art, mathematic ). Seminar Nasional PAUD 2019, 203–212. http://conference.upgris.ac.id/index.php/Snpaud2019/article/view/450

Munif, M. (2017). Strategi internalisasi nilai-nilai pai dalam membentuk karakter siswa. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 1-12.

Novia, N. H., & Rusmana, D. S. A. (2022). Peran Guru Sebagai Opinion Leader Dalam Mengatasi Degradasi Moral Siswa Sd Negeri Parunggalih Di Era Digital. Jurnal Sosial-Politika, 3(1), 14-29.

Oktaviana, A., Marhumah, M., Munastiwi, E., & Na’imah, N. (2022). Peran Pendidik dalam Menerapkan Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5297–5306. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2715

Patilima, H. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. alfabeta.

Tanfidiyah, N. (2017). Perkambangan Agama dan Moral yang tidak Tercapai pada AUD: Studi Kasus di Kelas A1 TK Masyitoh nDasari Budi Yogyakarta. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 199–222. https://doi.org/10.21580/nw.2017.11.2.1810

Tatminingsih, S. (2016). Hakikat Anak Usia Dini. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 1, 1–65.

Telaumbanua, A. (2018). Peranan guru pendidikan agama Kristen dalam membentuk karakter siswa. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika, 1(2), 219-231.

Wardhani, N. W., & Wahono, M. (2017). Keteladanan Guru Sebagai Penguat Proses Pendidikan Karakter. Untirta Civic Education Journal, 2(1).

Yuanitari. (2022). Pendidikan Tahfidz Pada Anak Usia Dini: Strategi Penguatan Nilai Moral Keagamaan Pada Masa Pandemi Covid-19. UIN Sunan Kalijaga.

Yusri, D., Mandailing, E. M., Hasibuan, S., Agama, N., & Moral, N. (2021). Peran Dan Tanggung Jawab Guru Dalam Menanamkan Nilai Agama Dan Nilai Moral Pada Anak Usia Dini Di Lembaga Paud. AUD Cendekia: Journal of Islamic Early Childhood Education, 01(02), 135–147. http://e-journal.stakanakbangsa.ac.id/index.php/ijce/article/view/36

Zamili, U. (2019). Upaya guru dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa/i kristen tarutung kecamatan sipoholon Kota Taput. JURNAL PIONIR, 5(4).

Downloads

Published

2023-07-14

How to Cite

Marlina, N., & Patilima , H. (2023). Peran Pendidik Dalam Pengembangan Nilai Agama dan Moral Pada Pembelajaran Berbasis Al Qur’an . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1252–1259. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5348