Permainan Bowling Modifikasi Meningkatkan Pemahaman Instruksi Sederhana Anak Autis
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3695Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan anak dalam merespon instruksi sederhana siswa autis kelas IV di SKh Korpri Pandeglang melalui penggunaan permainan bowling modifikasi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan single subject research (SSR). Subjek penelitian yaitu siswa autis kelas IV SDLB. Perilaku sasaran yaitu kemampuan merespon instruksi sederhana.Teknik pengumpulan data diperoleh dengan observasi dan tes perbuatan. Pengukuran data dalam penelitian menggunakan durasi. Analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dengan penyajian grafik. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada kemampuan merespon instruksi sederhana dalam memainkan permainan bowling modifikasi terdapat durasi rata-rata atau mean level pada penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan setelah diberikannya intervensi. Fase baseline-A1 yaitu rata-rata durasi 2 menit. Fase intervensi yaitu 4 menit 15,5 detik. Dan fase baseline-A2 yaitu 4 menit 5,5 detik. Dari perolehan data di atas peneliti simpulkan melalui permainan bowling modifikasi dapat meningkatkan kemampuan pemahaman instruksi sederhana anak autis kelas IV di SKh Korpri Pandeglang
Keywords:
Permainan bowling modifikasi, Pemahaman instruksi sederhana, anak autisDownloads
References
Cahyono, G. (2019). Pembelajaran PAI bagi Anak Autis Berwawasan Teknologi Pendidikan. Edukasia Islamika, 4(1), 62-76.
Desmianti, M. (2012). Improve The Coordination Of Eye And Hand Motion Through Bowling Game For Children Tunagrahita Are Classes VI SLB YPAC Ekonomi. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 1(2),
Fara, F., Wondal, R., & Mahmud, N. (2020). Kajian Penerapan Permainan Bowling Berbahan Bekas pada Kemampuan Berhitung Permulaan Anak. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(2).
Goa, L., & Derung, T. N. (2017). Komunikasi Ekspresif Dengan Metode Pecs Bagi Anak Dengan Autis. Jurnal Nomosleca, 3(2).
Hayati, F. N., & Samawi, A. (2018). Permainan Lego untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak Autis. Jurnal Ortopedagogia, 3(1), 30-35.
Islamyati, A. Z. (2020). Efektivitas Permainan Ular Tangga Dalam Meningkatkan Kemampuan Konsep Ruang Bagi Anak Autisme. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(4), 53-57.
Isnaini, W., & Sulthoni, S. (2014). Pengaruh permainan ular tangga terhadap peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak autis. Jurnal Ortopedagogia, 1(3), 231-237.
Nugraheni, S. A. (2012). Menguak belantara autisme. Buletin Psikologi, 20(1-2), 9-17.
Norlita, W., & Sari, M. (2021). Kemampuan Perhatian Anak Autisme Pada Permainan Puzzle Di SLB Melati Rumbai Pekanbaru. Jurnal Kesehatan" As-Shiha", 1(1), 16-33.
Pamuji, P. (2014). Adaptasi Media Pembelajaran Gambar Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Anak Autis. Jurnal Ortopedagogia, 1(2), 117-127.
Pristianti, M. (2021). Penerapan permainan bowling angka terhadap kemampuan kognitif anak (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Rahmaniah, R., Hayati, F., & Nasriadi, A. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilanganmelalui Permainan Bowling Anak Kelompok B Tk Al-Latif Mutiara Timur Kabupaten Pidie. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 2(1).
Santrock, J. W. (2012). Life Span Development : Perkembangan Masa. Hidup Jilid I. (B. Widyasinta, Penerj.) Jakarta: Penerbit Erlangga.
Utari, L., Kurniawan, K., & Fathurrochman, I. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Peserta Didik Autis. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 3(1), 75-89.
Wardana, D. K. (2017). Peningkatan Kemampuan Konsentrasi Melalui Permainan Bowling Pada Anak Autis. Jurnal Pendidikan Khusus, 9(3).
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sa'adatul Abadiah, Sistriadini Alamsyah Sidik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work