Permainan Bowling Modifikasi Meningkatkan Pemahaman Instruksi Sederhana Anak Autis

Authors

  • Sa'adatul Abadiah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Sistriadini Alamsyah Sidik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3695

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan anak dalam merespon instruksi sederhana siswa autis kelas IV di SKh Korpri Pandeglang melalui penggunaan permainan bowling modifikasi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan single subject research (SSR). Subjek penelitian yaitu siswa autis kelas IV SDLB. Perilaku sasaran yaitu kemampuan merespon instruksi sederhana.Teknik pengumpulan data diperoleh dengan observasi dan tes perbuatan. Pengukuran data dalam penelitian menggunakan durasi. Analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dengan penyajian grafik. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada kemampuan merespon instruksi sederhana dalam memainkan permainan bowling modifikasi terdapat durasi rata-rata atau mean level pada penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan setelah diberikannya intervensi. Fase baseline-A1 yaitu rata-rata durasi 2 menit. Fase intervensi yaitu 4 menit 15,5 detik. Dan fase baseline-A2 yaitu 4 menit 5,5 detik. Dari perolehan data di atas peneliti simpulkan melalui permainan bowling modifikasi dapat meningkatkan kemampuan pemahaman instruksi sederhana anak autis kelas IV di SKh Korpri Pandeglang

Keywords:

Permainan bowling modifikasi, Pemahaman instruksi sederhana, anak autis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyono, G. (2019). Pembelajaran PAI bagi Anak Autis Berwawasan Teknologi Pendidikan. Edukasia Islamika, 4(1), 62-76.

Desmianti, M. (2012). Improve The Coordination Of Eye And Hand Motion Through Bowling Game For Children Tunagrahita Are Classes VI SLB YPAC Ekonomi. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 1(2),

Fara, F., Wondal, R., & Mahmud, N. (2020). Kajian Penerapan Permainan Bowling Berbahan Bekas pada Kemampuan Berhitung Permulaan Anak. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(2).

Goa, L., & Derung, T. N. (2017). Komunikasi Ekspresif Dengan Metode Pecs Bagi Anak Dengan Autis. Jurnal Nomosleca, 3(2).

Hayati, F. N., & Samawi, A. (2018). Permainan Lego untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak Autis. Jurnal Ortopedagogia, 3(1), 30-35.

Islamyati, A. Z. (2020). Efektivitas Permainan Ular Tangga Dalam Meningkatkan Kemampuan Konsep Ruang Bagi Anak Autisme. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(4), 53-57.

Isnaini, W., & Sulthoni, S. (2014). Pengaruh permainan ular tangga terhadap peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak autis. Jurnal Ortopedagogia, 1(3), 231-237.

Nugraheni, S. A. (2012). Menguak belantara autisme. Buletin Psikologi, 20(1-2), 9-17.

Norlita, W., & Sari, M. (2021). Kemampuan Perhatian Anak Autisme Pada Permainan Puzzle Di SLB Melati Rumbai Pekanbaru. Jurnal Kesehatan" As-Shiha", 1(1), 16-33.

Pamuji, P. (2014). Adaptasi Media Pembelajaran Gambar Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Anak Autis. Jurnal Ortopedagogia, 1(2), 117-127.

Pristianti, M. (2021). Penerapan permainan bowling angka terhadap kemampuan kognitif anak (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Rahmaniah, R., Hayati, F., & Nasriadi, A. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilanganmelalui Permainan Bowling Anak Kelompok B Tk Al-Latif Mutiara Timur Kabupaten Pidie. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 2(1).

Santrock, J. W. (2012). Life Span Development : Perkembangan Masa. Hidup Jilid I. (B. Widyasinta, Penerj.) Jakarta: Penerbit Erlangga.

Utari, L., Kurniawan, K., & Fathurrochman, I. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Peserta Didik Autis. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 3(1), 75-89.

Wardana, D. K. (2017). Peningkatan Kemampuan Konsentrasi Melalui Permainan Bowling Pada Anak Autis. Jurnal Pendidikan Khusus, 9(3).

Downloads

Abstract Views : 403
Downloads Count: 489

Published

2022-12-18

How to Cite

Abadiah, S., & Sidik, S. A. (2022). Permainan Bowling Modifikasi Meningkatkan Pemahaman Instruksi Sederhana Anak Autis. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1374–1380. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3695

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.