Implementasi Kitab Nubdzatul Bayan Dalam Pembelajaran Nahwu dan Shorrof Bagi Pemula
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5215Abstract
Implementasi Kitab Nubdzatul bayan dalam pembelajaran Nahwu dan shorrof bagi pemula di Ma’had Aly Nurul Jadid dengan menggunakan berbagai metode untuk memudahkan cara belajar mahasantri, Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui efektifitas implementasi kitab Nubdzatul bayan terhadap pembelajaran nahwu dan shorrof bagi pemula di Ma’had Aly Nurul Jadid yang mana seorang guru harus mampu mengimplementasikan kitab Nudzatul Bayan dengan pendalaman qowaid (nahwu dan shorrof), kedua ilmu tersebut berperan penting dalam membaca kitab kuning serta mampu meningkatkan semangat mahasantri khususnya bagi pemula. Kitab ini di implementasikan dengan beberapa tahap yaitu : Kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan. Sedangkan jenis penelitiannya adalah menggunakan studi kasus yang mana peneliti melakukan observasi implementasi kitab Nubdzatul bayan di Ma’had Aly Nurul Jadid dengan melakukan wawancara terhadap salah satu santri aktif dan salah satu pengajar Ma’had Aly Nurul Jadid, dengan adanya penenlitian ini diharapkan mahasantri mampu meningkatkan pembelajaran nahwu shorrof serta mampu meningkatkan semangat mahasantri bagi pemula di Ma’had Aly Nurul Jadid. Hasil penellitian menunjukkan bahwa Implementasi Kitab Nubdzatul Bayan Dalam pembelajaran nahwu dan shorrof efektif digunakan untuk memahami Kitab Kuning dan dapat meningkatkan semangat mahasantri pemula di Ma’had Aly Nurul Jadid.
Keywords:
Implementasi Kitab Nubdzatul Bayan, Pembelajaran Nahwu dan shorrofDownloads
References
Fentia, N. A. (2021). Implementasi Metode Sorogan Dalam Pembelajaran Nahwu Di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Mujahidin Rawalo Banyumas (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).
Holilulloh, A. (2018). Epistemologi Ilmu Nahwu. In Yogyakarta: Trussmedia Grafika.
Husna, M. A. (2018). Metode Diskusi Dalam Pemebelajaran Kitab Kuning Klasik Dalam Peningkatan Keterampilan Membaca. Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas Dan Intelektualitas, 6(2), 114–135. https://doi.org/10.31942/pgrs.v6i2.2541
Islamiati, S., & Latuconsina, S. N. (2022). Korelasi Antara Kemampu Shorof Santri Madrasah A Sultan Hasanu. arabia, 14, 14898.
Izza, N. I., & Putri, N. R. A. (2019). Implementasi Strategi Talking Stick Mata Pelajaran Nahwu dalam meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas VIII A di Mts Miftahul Jannnah Mantingan Ngawi Jawa Timur. Multaqa Nasional Bahasa Arab, 2(1), 1-12.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.
Munawaroh, W. (2020). Program Intensif Bahasa Arab Di Pondok Pesantren. E-Jurnal Unisda, 17–32.
Moleong, J. L. (2018). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi revi).
Ni'am, M. A., & Basid, A. (2022). Pengaruh Reward Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Ilmu Nahwu Siswa Kelas Viii Smp Tahfidz Al-Ittiba’klaten. Jurnal Al-Fawa'id: Jurnal Agama dan Bahasa, 12(2), 192-204.
Restu, M., & Wahyuni, S. (2019). Implementasi Metode Al Miftah Lil Ulum Dalam Membaca Kitab Fathul Qorib Bagi Pemula Di Pondok Pesantren Sidogiri Salafi Kabupaten Pasuruan. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 9(3), 263–272. https://doi.org/10.33367/ji.v9i3.1025
Santoso, G. (2005). Fundamental Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Sholikha, M. A. (2018). Implementasi Metode Manhaji dalam Pembelajaran Nahwu Shorof di Manhaji Course. ACADEMICA: Journal of Multidisciplinary Studies, 2(1), 179–188.
Wahyono, I. (2019). Strategi Kiai Dalam Mensukseskan Pembelajaran Nahwu Dan Shorof Di Pondok Pesantren Al-Bidayah Tegalbesar Kaliwates Jember. Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam, 3(2), 106. https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v3i2.262
Wildan, K. (2019). Implementasi Metode Tamyiz Dalam Pembelajaran Baca Kitab Kuning. AL-WIJDÃN: Journal of Islamic Education Studies, 4(1), 91–105. https://doi.org/10.33379/alwijdn.v4i1.301
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Khalishatun Nuriyah, Moh. Ulum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work