Implementasi Kitab Nubdzatul Bayan Dalam Pembelajaran Nahwu dan Shorrof Bagi Pemula

Authors

  • Moh. Ulum Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
  • Khalishatun Nuriyah Universitas Nurul Jadid, Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5215

Abstract

Implementasi Kitab Nubdzatul bayan dalam pembelajaran Nahwu dan shorrof bagi pemula di Ma’had Aly Nurul Jadid dengan menggunakan berbagai metode untuk memudahkan cara belajar mahasantri, Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui efektifitas implementasi kitab Nubdzatul bayan terhadap pembelajaran nahwu dan shorrof bagi pemula di Ma’had Aly Nurul Jadid yang mana seorang guru harus mampu mengimplementasikan kitab Nudzatul Bayan dengan pendalaman qowaid (nahwu dan shorrof), kedua ilmu tersebut berperan penting dalam membaca kitab kuning serta mampu meningkatkan semangat mahasantri khususnya bagi pemula. Kitab ini di implementasikan dengan beberapa tahap yaitu : Kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan. Sedangkan jenis penelitiannya adalah menggunakan studi kasus yang mana peneliti melakukan observasi implementasi kitab Nubdzatul bayan di Ma’had Aly Nurul Jadid dengan melakukan wawancara terhadap salah satu santri aktif dan salah satu pengajar Ma’had Aly Nurul Jadid, dengan adanya penenlitian ini diharapkan mahasantri  mampu meningkatkan pembelajaran nahwu shorrof serta mampu meningkatkan semangat mahasantri bagi pemula di Ma’had Aly Nurul Jadid. Hasil penellitian menunjukkan bahwa Implementasi Kitab Nubdzatul Bayan Dalam pembelajaran nahwu dan shorrof efektif digunakan untuk memahami Kitab Kuning dan dapat meningkatkan semangat mahasantri pemula di Ma’had Aly Nurul Jadid.

Keywords:

Implementasi Kitab Nubdzatul Bayan, Pembelajaran Nahwu dan shorrof

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fentia, N. A. (2021). Implementasi Metode Sorogan Dalam Pembelajaran Nahwu Di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Mujahidin Rawalo Banyumas (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).

Holilulloh, A. (2018). Epistemologi Ilmu Nahwu. In Yogyakarta: Trussmedia Grafika.

Husna, M. A. (2018). Metode Diskusi Dalam Pemebelajaran Kitab Kuning Klasik Dalam Peningkatan Keterampilan Membaca. Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas Dan Intelektualitas, 6(2), 114–135. https://doi.org/10.31942/pgrs.v6i2.2541

Islamiati, S., & Latuconsina, S. N. (2022). Korelasi Antara Kemampu Shorof Santri Madrasah A Sultan Hasanu. arabia, 14, 14898.

Izza, N. I., & Putri, N. R. A. (2019). Implementasi Strategi Talking Stick Mata Pelajaran Nahwu dalam meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas VIII A di Mts Miftahul Jannnah Mantingan Ngawi Jawa Timur. Multaqa Nasional Bahasa Arab, 2(1), 1-12.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.

Munawaroh, W. (2020). Program Intensif Bahasa Arab Di Pondok Pesantren. E-Jurnal Unisda, 17–32.

Moleong, J. L. (2018). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi revi).

Ni'am, M. A., & Basid, A. (2022). Pengaruh Reward Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Ilmu Nahwu Siswa Kelas Viii Smp Tahfidz Al-Ittiba’klaten. Jurnal Al-Fawa'id: Jurnal Agama dan Bahasa, 12(2), 192-204.

Restu, M., & Wahyuni, S. (2019). Implementasi Metode Al Miftah Lil Ulum Dalam Membaca Kitab Fathul Qorib Bagi Pemula Di Pondok Pesantren Sidogiri Salafi Kabupaten Pasuruan. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 9(3), 263–272. https://doi.org/10.33367/ji.v9i3.1025

Santoso, G. (2005). Fundamental Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Sholikha, M. A. (2018). Implementasi Metode Manhaji dalam Pembelajaran Nahwu Shorof di Manhaji Course. ACADEMICA: Journal of Multidisciplinary Studies, 2(1), 179–188.

Wahyono, I. (2019). Strategi Kiai Dalam Mensukseskan Pembelajaran Nahwu Dan Shorof Di Pondok Pesantren Al-Bidayah Tegalbesar Kaliwates Jember. Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam, 3(2), 106. https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v3i2.262

Wildan, K. (2019). Implementasi Metode Tamyiz Dalam Pembelajaran Baca Kitab Kuning. AL-WIJDÃN: Journal of Islamic Education Studies, 4(1), 91–105. https://doi.org/10.33379/alwijdn.v4i1.301

Downloads

Abstract Views : 1854
Downloads Count: 1260

Published

2023-06-28

How to Cite

Ulum, M., & Nuriyah, K. (2023). Implementasi Kitab Nubdzatul Bayan Dalam Pembelajaran Nahwu dan Shorrof Bagi Pemula. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1126–1132. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5215

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.