Pembelajaran Vokasional Terhadap Karir Siswa Berkebutuhan Khusus

Authors

  • Ani Supriati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang
  • Sistriadini Alamsyah Sidik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang
  • Neti Asmiati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3995

Abstract

Persoalan yang dihadapi anak berkebutuhan khusus bukan hanya menyelesaikan pendidikan di tingkat sekolah, akan tetapi bagaimana jaminan pendidikan lanjutan setelah lulus sekolah. Pendidikan dianggap penting bagi semua orang terlebih bagi anak berkebutuhan khusus karena pendidikan sebagai dasar untuk mengeksplorasi karir agar dapat memperoleh perencanaan karir yang tepat sehingga mendapatkan pekerjaan yang layak.Tujuan penelitian untuk mengetahui ketersesuaian pembelajaran vokasional terhadap kebutuhan siswa, ketersesuaian pembelajaran vokasional terhadap karir siswa, dan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan karir siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilakukan di Sekolah Khusus KORPRI Pandeglang. Informan penelitian ini yaitu guru pembelajaran vokasional, dua siswa tunarungu, satu siswa tunagrahita, tiga orang tua siswa, dan projek manager yayasan menembus batas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketersesuaian pembelajaran vokasional terhadap kebutuhan siswa SKh KORPRI Pandeglang, dalam memberikan pembelajaran vokasional sekolah sudah menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing anak. Serta ketersesuaian pembelajaran vokasional terhadap karir  belum sesuai untuk anak yang bakatnya belum terlihat, tetapi cukup sesuai untuk anak yang memang bakatnya sudah terlihat. Sedangkan potensi (bakat) yang dimiliki oleh siswa menjadi faktor utama berhasilnya suatu karir. Sedangkan faktor keberhasilan karir dari segi minat tidak terlalu terlihat.

Keywords:

Pembelajaran Vokasional, Karir, Siswa Berkebutuhan Khusus

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alam, F. A. (2020). Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Di SMP Negeri 3 Barru. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 1-11.

Anwar. (2014). Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill Education). Bandung: Alfabeta.

Atmaja, T. T. (2014). Upaya meningkatkan perencanaan karir siswa melalui bimbingan karir dengan penggunaan media modul. Psikopedagogia, 3(2), 58-68.

Budyartati, S. (2014). Problematika Pembelajaran di Sekolah Dasar. Deepublish.

Fanreza, R. (2017). Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Dosen Tetap Al-Islam Kemuhammadiyahan Di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(2), 141-161.

Husna, F., Yunus, N. R., & Gunawan, A. (2019). Hak Mendapatkan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Dimensi Politik Hukum Pendidikan. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 6(2), 207-22.

Khotimah, K. (2019). Implementasi Program Keterampilan Vokasional Bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Khusus, 11(1).

Marani, A. (2017). Kurikulum Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Jurnal Studia Insania, 5(2), 105-119.

Nurmalasari, Y., & Erdiantoro, R. (2020). Perencanaan Dan Keputusan Karier: Konsep Krusial Dalam Layanan BK Karier. Quanta, 4(1), 44-51.

Papalia, D. E. (2009). Sally Wendkos olds., dan Ruth Duskin Feldman. Human Development (perkembangan manusia). Alih bahasa Brian Marswendy. Jakarta: Salemba Humanika.

Putri, S. A. P. (2012). Karir dan pekerjaan di masa dewasa awal dan dewasa madya. Majalah Ilmiah Informatika, 3(3), 193-212.

Rosyada, S. A., & Muslim, A. (2021). Implementasi Layanan Bimbingan Karir Bagi Anak Tunawicara Di Smplb Ypac Palembang [Implementation Of Career Guidance Service For Speech Impaired Children In Smplb Ypac Palembang]. Acta Islamica Counsenesia: Counselling Research and Applications, 1(2).

Salim & Syahrum. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka.

Sudira, P. (2017). TVET ABAD XXI Filosofi, Teori, Konsep, Dan Strategi Pembelajaran Vokasinal. Yogyakarta. Uny Press 2017.

Ulfasari, N., & Fauziah, P. Y. (2021). Pendampingan Orang Tua pada Pendidikan Anak di Masa Pandemi Covid-19 Berdasarkan Profesi Orang Tua. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 935-944.

Wahy, H. (2012). Keluarga sebagai basis pendidikan pertama dan utama. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 12(2).

Widiastuti, N. L. G. K. (2020). Layanan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Dengan Gangguan Emosi dan Perilaku. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(2), 1-11.

Downloads

Abstract Views : 897
Downloads Count: 1061

Published

2022-12-29

How to Cite

Supriati, A., Sidik, S. A., & Asmiati, N. (2022). Pembelajaran Vokasional Terhadap Karir Siswa Berkebutuhan Khusus . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1567–1574. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3995

Similar Articles

<< < 60 61 62 63 64 65 

You may also start an advanced similarity search for this article.