Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Kemampuan Interaksi Anak Tunagrahita

Authors

  • Koyimah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang
  • Sistriadini Alamsyah Sidik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3996

Abstract

Metode Role Playing dijadikan sebagai salah satu metode pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan interaksi pada anak tunagrahita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode role playing terhadap peningkatkan kemampuan interaksi pada anak tunagrahita di SKh Korpri Pandeglang. Subjek penelitian yang digunakan yaitu siswa SMPLB kelas VIII & IX dan siswa SMALB kelas X dengan jumlah keseluruhan subjek 3 orang, yang memiliki kemampuan interaksi yang masih kurang yang ditandai dengan (kurang terjalinnya interaksi dengan baik bersama temannya di kelas, anak cenderung pendiam dan menyendiri serta bersikap acuh terhadap lingkungan). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan tes, kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode role playing meningkatkan kemampuan interaksi anak tunagrahita. Hasil tes menunjukkan kemampuan interaski anak tunagrahita setelah pembelajaran role playing lebih baik dibandingkan sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa metode role playing berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan interaksi pada anak tunagrahita di SKh Korpri Pandeglang.

Keywords:

metode role playing, kemampuan interaksi, anak tunagrahita

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, R. (2018). Peningkatan Pembelajaran PKn dengan Penerapan Metode Role-Playing Siswa Kelas II SDN 003 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 2(1), 33-42.

Ariska, P., Muchtar, H., Montessori, M., & Nurman, S. (2022). Artikel Potret Interaksi Sosial Pekerja Perempuan pada Pabrik Pondok Batu Kapur Bukit Tui Kota Padang Panjang. Journal of Civic Education, 5(3), 380-387.

Atmaja, J. A. (2018). Pendidikan Dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Aziz, R. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Jual Beli Bagi Anak Tunagrahita Di SLB A YKAB Surakarta. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Ismaya, M. (2021). Bermain Peran Berbantuan Video Untuk Meningkatkan Perilaku Adaptif Dalam Berkomunikasi Anak Autis. GRAB KIDS: Journal of Special Education Need, 1(2).

Khoiroh, H., & Budiyanto, B. (2021). Bermain Peran Dalam Permainan Pasaran Dengan Orang Tua Untuk Interaksi Sosial Anak Spektrum Autis. Jurnal Pendidikan Khusus, 16(2).

Kliwon, K., & Nurhidayah, L. R. (2019). Peningkatan Kemampuan Berinteraksi Melalui Role Playing Anak Retardasi Mental Di Slb Negeri Surakarta. Jurnal Keterapian Fisik, 4(2), 92-99.

Lisniasari, L., Susanto, S., Nuriani, N., & Widiyanto, W. (2022). Pelatihan Mengajar Dengan Metode Role Play Berbasis Psikodrama Kepada Tenaga Pendidik Sekolah Dasar Swasta Pelopor Duri. IKRA-ITH ABDIMAS, 5(1), 61-65.

Nastiti, A. T., & Huda, A. (2018). Metode Role Playing Sebagai Media Keterampilan Bersosialisasi Siswa Tunagrahita. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 2(2), 100-103.

Nur, B., & Ardianingsih, F. (2018). penerapan metode bermain peran untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak autis di SBL. Jurnal Pendidikan Khusus, 10(2).

Purwanti, E. (2016). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ips Melalui Metode Bermain Peran (Role Playing) Di Kelas Iv Sdn Citepus 3 Kecamatan Cicendo Kota Bandung (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Setiawan, H., & Lubis, Z. (2017). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Bahasa Arab Materi Hiwar Dengan Menggunakan Metode Role Play Pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Semester Ii Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 8(2), 47-51.

Sulistyawati, E. B., & Putra, S. (2019). Penggunaan Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (Smp It) Al-Falaah Simo. Thulabuna, 1(1).

Sudariyanto, S. P. (2020). Interaksi Sosial. Alprin.

Supriatno, D., & Romadhon, I. (2017). Pengaruh Media Komunikasi Smartphone terhadap Interaksi Sosial Pelajar (Studi Deskripsi Kuantitatif pada Pelajar SMK Astra Nawa Ambulu). JURNAL PARADIGMA MADANI, 4(2), 65-74.

Downloads

Abstract Views : 1353
Downloads Count: 891

Published

2022-12-29

How to Cite

Koyimah, K., & Sidik, S. A. (2022). Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Kemampuan Interaksi Anak Tunagrahita . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1582–1588. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3996

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.