Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Kemampuan Interaksi Anak Tunagrahita
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3996Abstract
Metode Role Playing dijadikan sebagai salah satu metode pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan interaksi pada anak tunagrahita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode role playing terhadap peningkatkan kemampuan interaksi pada anak tunagrahita di SKh Korpri Pandeglang. Subjek penelitian yang digunakan yaitu siswa SMPLB kelas VIII & IX dan siswa SMALB kelas X dengan jumlah keseluruhan subjek 3 orang, yang memiliki kemampuan interaksi yang masih kurang yang ditandai dengan (kurang terjalinnya interaksi dengan baik bersama temannya di kelas, anak cenderung pendiam dan menyendiri serta bersikap acuh terhadap lingkungan). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan tes, kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode role playing meningkatkan kemampuan interaksi anak tunagrahita. Hasil tes menunjukkan kemampuan interaski anak tunagrahita setelah pembelajaran role playing lebih baik dibandingkan sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa metode role playing berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan interaksi pada anak tunagrahita di SKh Korpri Pandeglang.
Keywords:
metode role playing, kemampuan interaksi, anak tunagrahitaDownloads
References
Ananda, R. (2018). Peningkatan Pembelajaran PKn dengan Penerapan Metode Role-Playing Siswa Kelas II SDN 003 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 2(1), 33-42.
Ariska, P., Muchtar, H., Montessori, M., & Nurman, S. (2022). Artikel Potret Interaksi Sosial Pekerja Perempuan pada Pabrik Pondok Batu Kapur Bukit Tui Kota Padang Panjang. Journal of Civic Education, 5(3), 380-387.
Atmaja, J. A. (2018). Pendidikan Dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Aziz, R. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Jual Beli Bagi Anak Tunagrahita Di SLB A YKAB Surakarta. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Ismaya, M. (2021). Bermain Peran Berbantuan Video Untuk Meningkatkan Perilaku Adaptif Dalam Berkomunikasi Anak Autis. GRAB KIDS: Journal of Special Education Need, 1(2).
Khoiroh, H., & Budiyanto, B. (2021). Bermain Peran Dalam Permainan Pasaran Dengan Orang Tua Untuk Interaksi Sosial Anak Spektrum Autis. Jurnal Pendidikan Khusus, 16(2).
Kliwon, K., & Nurhidayah, L. R. (2019). Peningkatan Kemampuan Berinteraksi Melalui Role Playing Anak Retardasi Mental Di Slb Negeri Surakarta. Jurnal Keterapian Fisik, 4(2), 92-99.
Lisniasari, L., Susanto, S., Nuriani, N., & Widiyanto, W. (2022). Pelatihan Mengajar Dengan Metode Role Play Berbasis Psikodrama Kepada Tenaga Pendidik Sekolah Dasar Swasta Pelopor Duri. IKRA-ITH ABDIMAS, 5(1), 61-65.
Nastiti, A. T., & Huda, A. (2018). Metode Role Playing Sebagai Media Keterampilan Bersosialisasi Siswa Tunagrahita. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 2(2), 100-103.
Nur, B., & Ardianingsih, F. (2018). penerapan metode bermain peran untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak autis di SBL. Jurnal Pendidikan Khusus, 10(2).
Purwanti, E. (2016). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ips Melalui Metode Bermain Peran (Role Playing) Di Kelas Iv Sdn Citepus 3 Kecamatan Cicendo Kota Bandung (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Setiawan, H., & Lubis, Z. (2017). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Bahasa Arab Materi Hiwar Dengan Menggunakan Metode Role Play Pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Semester Ii Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 8(2), 47-51.
Sulistyawati, E. B., & Putra, S. (2019). Penggunaan Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (Smp It) Al-Falaah Simo. Thulabuna, 1(1).
Sudariyanto, S. P. (2020). Interaksi Sosial. Alprin.
Supriatno, D., & Romadhon, I. (2017). Pengaruh Media Komunikasi Smartphone terhadap Interaksi Sosial Pelajar (Studi Deskripsi Kuantitatif pada Pelajar SMK Astra Nawa Ambulu). JURNAL PARADIGMA MADANI, 4(2), 65-74.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Koyimah, Sistriadini Alamsyah Sidik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work