Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Karakter Islami Tema 1 Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Agus Arba'i Mahmud Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Ashari Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Nur Ngazizah Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2281

Keywords:

lembar kerja peserta didik, karakter islami, ADDIE

Abstract

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang melibatkan peserta didik secara aktif. Penggunaan bahan ajar sangat diperlukan dalam keaktifan dan penanaman karakter dalam pembelajaran. LKPD berbasis karakter Islami  merupakan kumpulan materi, soal-soal untuk berlatih dan memperdalam materi pembelajaran yang dilengkapi dengan hadits dan penanaman karakter Islami. Penelitian pengembangan ini bertujuan: (1) Mengetahui pengembangan LKPD Berbasis Karakter Islami pada Tema 1 Kelas V Sekolah Dasar, (2) Mengetahui kelayakan LKPD Berbasis Karakter Ialami pada Tema 1 Kelas V Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan yaitu : Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Pekutan tahun ajaran 2021/2022, dengan jumlah 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan angket. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar wawancara, lembar validasi, angket respon peserta didik, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Analisis data dengan menghitung persamaan yang telah ditentukan yang kemudian hasil diubah ke dalam bentuk skala empat. Hasil penelitian yang dilakukan : (1) Menghasilkan LKPD berbasis karakter islami dengan menggunakan model ADDIE; (2) Kelayakan produk diperoleh dari (a) Kevalidan dengan hasil penilaian validasi ahli materi sebesar 3.88 dikategori sangat valid, ahli media sebesar 3.17 dikategori valid, dan guru kelas sebesar 3.86 dikategori sangat valid, dan hasil keseluruhan nilai sebesar 3.63 dengan kategori sangat valid. (b)Kepraktisan dari respon peserta didik diperoleh keseluruhan nilai 3.47 dikategorikan sangat praktis, dan keterlaksanaan pembelajaran diperoleh nilai 3.67 dikategorikan sangat praktis. (c)Keefektifan dilihat dari hasil pretest dengan rerata nilai 62 dan postest rerata nilai 85. Dengan presentase ketuntasan sebesar 85.8% dapat dikategorikan sangat efektif. Sehingga LKPD berbasis karakter islami pada tema 1 yang dikembangkan dalam penelitian ini dikategorikan sangat layak digunakan dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Markhamah, Sufanti, M., Sabardila, A., & Winarni. (2020). Pembelajaran Ejaan Di Sekolah Dasar. Muhammadiyah University Press.
Mu’tashimah, A., Putri, A. D., & Ramury, F. (2020). Lilin sebagai Konteks Materi Tabung pada LKPD Berbasis PMRI. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 83. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.7776
Mulyatiningsih, E. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Rahayuningsih, S., & Jayanti, R. (2019). High Order Thinking Skills (Hots) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Dalam Menyelesaikan Masalah Grup. Majamath, Volume 2 N, 87–88.
Widoyoko, E. P. (2014). Penilaian Hasil pembelajaran Di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2022-05-29

How to Cite

Mahmud, A. A., Ashari, A., & Ngazizah, N. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Karakter Islami Tema 1 Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 623–633. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2281

Issue

Section

Articles