Pengembangan LKS Digital Berbasis Critical Thinking Skill Pada Tema Ekosistem Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2152Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKS Digital berbasis Critical Thinking Skill pada tema ekosistem kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi lima tahap (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Uji coba dilakukan terhadap peserta didik kelas V SD Negeri 2 Baledono semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Subjek Penelitian meliputi uji coba terbatas sebanyak 5 peserta didik dan uji coba secara luas sebanyak 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan wawancara . Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil dari penelitian ini adalah Hasil Kelayakan meliputi Kevalidan LKS digital diperoleh dari penilaian ahli materi, ahli media dan guru kelas V yang memperoleh jumlah rerata skor 3,60 dengan Klasifikasi sangat valid. Kepraktisan dari LKS Digital diperoleh dari respon peserta didik dan hasil keterlaksanaan pembelajaran pada tahap uji coba terbatas dan uji coba luas 15 peserta didik. Keefektifan yng diperoleh dari skor penilaian soal evaluasi yang dikerjakan oleh peserta didik melalui tahap uji coba terbatas dan uji coba luas. Jumlah kedua tahap ini, diperoleh rerata skor 90 dari skala skor 100. . Tiga klasifikasi kelayakan ini,menghasilkan kesimpulan bahwa LKS digital layak untuk digunakan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKS digital berbasis Cricital Thinking Skill layak digunakan untuk tema Ekosistem pada kelas V Sekolah Dasar .
Kata Kunci. Critical Thinking , Ekosistem, LKS Digital
Keywords:
berpikir kritis, ekosistem, lembar kerja siswa digitalDownloads
References
Alda, S. (2021). Pengembangan Lkpd Berbasis Digital Pada Materi Sejarah Di Kelas Iv Sd Negeri 72 Banda Aceh (Doctoral dissertation, Universitas Bina Bangsa Getsempena).
Anshory, I., Saputra, S. Y., & Amelia, D. J. (2018). Pembelajaran tematik integratif pada kurikulum 2013 di kelas rendah SD Muhammadiyah 07 Wajak. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4(1), 35-46.
Fannie, R. D., & Rohati, R. (2014). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis POE (predict, observe, explain) pada materi program linear kelas XII SMA. Sainmatika: Jurnal Sains dan Matematika Universitas Jambi, 8(1), 221053.
Haryonik, Y., & Bhakti, Y. B. (2018). Pengembangan bahan ajar lembar kerja siswa dengan pendekatan matematika realistik. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(1), 40-55.
Isnanto, D. (2016). Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan Kontekstual Materi Kegiatan Ekonomi Di Indonesia Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 32 Tahun Ke-5, 5(32), 15–24.
Malahayati, E. N. (2017). Pengaruh Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Creative Problem Solving (CPS) Pada Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Sman 4 Blitar. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 147-158.
Palupi, W. K. S., Hasyim, M., Rohmah, N. F. N., Nurhasanah, W., Dharu, N. N. C., & Romadhoni, S. (2021). Pengembangan LKS Digital Berbasis Android dengan Pendekatan Etnomatematika Candi Sanggarahan untuk Mengatasi Hambatan Belajar Siswa. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 7(2), 30-37.
Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana
Pratiwi, Z. M. (2020). Pengembangan LKS Berbasis Digital Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas VII SMP. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 8(2).
Rahmadina, S., Yanzi, H., & Nurmalisa, Y. (2017). Persepsi Guru terhadap Penggunaan Lembar Kegiatan Peserta Didik di SMP Negeri 3 Terbanggi Besar Lampung Tengah. Jurnal Kultur Demokrasi, 5(8).
Ridwan, S. A. (2019). Pembelajaran berbasis HOTS. Tangerang : Tira Smart.
Sukowati, D. (2017). Pengaruh Lembar Kerja Siswa (LKS) Digital Teradap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Konsep Bunyi (Bachelor's thesis).
Syamsu, F. D. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik berorientasi pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).
Taufiqurrohman, T., Suryani, N., & Suharno, S. (2017, March). Pemanfaatan LKS digital untuk meningkatkan hasil belajar KKPI di SMK Negeri 1 Gesi Kabupaten Sragen. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan.
Widoyoko, S. E. P. (2020). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Winarni, E. W. (2018). Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara
Zakiah L, .Lestari I. (2019). Berpikir Kritis dalam Konteks Pembelajaran. Bogor : Erzatama Karya Abadi.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Urip Umi Salamah Salamah, Nur Ngazizah, Sugeng Eko Putro Widoyoko

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work