Pengaruh Kompetensi Keahlian, Motivasi Kerja, Dan Praktik Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK
Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.9204Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi atas hasil studi literatur dan observasi di lapangan, diantaranya berdasarkan data terbaru dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pandeglang Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) dari tamatan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) masih menjadi penyumbang yang paling tinggi dibandingkan tamatan jenjang pendidikan lainnya, peningkatan angka pengangguran yaitu sebesar 9,24% dari 7,70%. Selain itu, dari hasil pengamatan, terlihat bahwa masih banyak siswa SMK yang belum memiliki kesiapan kerja yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi keahlian, motivasi kerja dan praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII TITL SMKN 2 Pandeglang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei dengan pendekatan Ex-Post Facto. Penelitian ini dilakukan di SMKN 2 Pandeglang pada siswa kelas 12. Instrumen yang digunakan meliputi lembar angket uji coba instrumen kompetensi keahlian, motivasi kerja, praktik kerja industri, dan kesiapan kerja. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh positif antara variabel kompetensi keahlian terhadap kesiapan kerja siswa Kelas XII TITL SMKN 2 Pandeglang dengan nilai koefisien korelasi = 0.554 dengan kontribusi sebesar 30,7%, (2) terdapat pengaruh positif antara variabel motivasi kerja terhadap kesiapan kerja siswa Kelas XII TITL SMKN 2 Pandeglang dengan nilai koefisien korelasi = 0.607 dengan kontribusi sebesar 36,8%, (3) terdapat pengaruh positif antara variabel praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa Kelas XII TITL SMKN 2 Pandeglang dengan nilai koefisien regresi = 0.889 dengan kontribusi sebesar 79%, (4) terdapat pengaruh positif antara kompetensi keahlian, motivasi kerja, dan praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa Kelas XII TITL SMKN 2 Pandeglang dengan nilai korelasi = 0,892 dengan kontribusi sebesar 79,5%..
Keywords:
Kompetensi keahlian, Motivasi kerja, Praktik kerja industri, Kesiapan kerjaDownloads
References
Alfianika, N. 2018. Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Amri, R., Irwanto & Aribowo, D. 2022. Pengaruh Kompetensi Kerja dan Kesesuaian Kompetensi Praktik Kerja Lapangan (PKL) terhadap kesiapan Kerja Siswa SMKN 1 Cinangka. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal.Volume 4 Nomor 3.
Armaulana, G. W., & Suprarto. 2022. Hubungan Praktik Kerja Industri dan Uji Kompetensi Kerja Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan SMKN 1 Jenangan. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik bangunan (JKPTB). Volume 8 Nomor 2 Tahun 2022. ISSN: 2252-5122
Dau, L. M., Thoharudin & Relita, D. T. 2019. Pengaruh Praktik Kerja Industri terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII SMK Kartini Sintang. EKLEKTIK: Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan. Volume 2. Nomor 1.
Darmawan, dkk. 2023. Desain Sistem Pembelajaran. Bandung: CV. Widina Media Utama.
Fauzi, A, dkk. 2022. Metodologi Penelitian. Jawa Tengah: CV. Pena Persada.
Munawaroh, S. F., & Laras D. B. T. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Praktik Instalasi Tenaga Listrik Bangunan Sederhana. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 7 (5): 402–8.
Rukajat, A. 2021. Metodologi Penelitian (Kuantitatif Dan Kualitatif). Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Sahir, S., H. 2022. Metodologi Penelitian. Jawa Timur: KBM Indonesia.
Sari, D. P. 2022. Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Di Smk Pgri 2 Tuban. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 7, No. 1 (2022), Hal. 496-499 e-ISSN: 2580-3921 – p-ISSN: 2580-3913.
Sudaryono. 2016. Metde Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Wardani, E. S. 2019. “Pengaruh Ekspektasi Karir Terhadap Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik.” JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro) 4 (1): 34–41.
Zainuddin, M. 2020. Pengaruh Kompetensi Kerja, Bimbingan Belajar dan Efikasi
Diri terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI dan XII SMK Negeri 1 Selong. Jurnal Humaniora Rinjani (JHR).Vol. 3. No. 1.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ragil Febrian, Irwanto, Cahyono Bagus Dwi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work