Pengembangan Worksheet Berbasis Keterampilan Proses dan Karakter Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V SD

Authors

  • Nurul Hidayah Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Sugeng Eko Putro Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Nur Ngazizah Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1450

Keywords:

karakter, keterampilan proses, worksheet

Abstract

Keterampilan Proses dan Karakter dalam worksheet masih belum dapat diaplikasikan dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mengetahui kelayakan worksheet berbasis keterampilan proses dan karakter, (2) mengetahui kepraktisan worksheet berbasis keterampilan proses dan karakter ditinjau dari respon peserta didik dan keterlaksanaan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (analyse, design, development, implementation, evaluation). Subjek uji coba dilakukan terhadap peserta didik kelas V SD Negeri Kenteng. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner), observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi kelayakan worksheet diperoleh kriteria sangat layak, dan hasil validasi mendapatkan Percentage Agreement memperoleh kriteria sangat reliabel. Untuk kepraktisan, ditinjau dari respon peserta didik pada uji coba terbatas mendapatkan kategori sangat baik, sedangkan respon peserta didik dengan uji luas memperoleh kategori sangat baik, adapun hasil keterlaksanaan pembelajaran pertemuan I, II, dan III memperoleh kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa worksheet berbasis keterampilan proses dan karakter layak digunakan untuk tema lingkungan sahabat kita kelas V Sekolah Dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad. 2019. Media Pembelajaran. Depok: PT. Raja Grafindo Persada

Murniyetti, dkk. (2016). Pelakasanaan Pendidikan Karakter Terhadap Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 163.

Pamungkas, Aji., Bambang Subali, dan Suharto Lunuwih. 2017. Implementasi Model Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar.(https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/14562). Diakses pada tanggal 23 November 2020

Prasetyo, Rizki Noor dan Eka Trisnawati. 2018. Pengaruh Pembelajaran IPA berbasis Empat Pilar Pendidikan Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. (http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jipva/article/view/679). Diakses pada tanggal 14 Desember 2020

Sa'ria, S. Ngazizah, N. Adhe, L. 2021. Penilaian Keterampilan Proses Siswa Dalam Pembelajaran Daring.

Downloads

Published

2022-01-22

How to Cite

Hidayah, N., Putro, S. E. ., & Ngazizah, N. . (2022). Pengembangan Worksheet Berbasis Keterampilan Proses dan Karakter Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 27–33. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1450