Pengembangan Worksheet Berbasis Keterampilan Proses dan Karakter Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1450Abstract
Keterampilan Proses dan Karakter dalam worksheet masih belum dapat diaplikasikan dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mengetahui kelayakan worksheet berbasis keterampilan proses dan karakter, (2) mengetahui kepraktisan worksheet berbasis keterampilan proses dan karakter ditinjau dari respon peserta didik dan keterlaksanaan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (analyse, design, development, implementation, evaluation). Subjek uji coba dilakukan terhadap peserta didik kelas V SD Negeri Kenteng. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner), observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi kelayakan worksheet diperoleh kriteria sangat layak, dan hasil validasi mendapatkan Percentage Agreement memperoleh kriteria sangat reliabel. Untuk kepraktisan, ditinjau dari respon peserta didik pada uji coba terbatas mendapatkan kategori sangat baik, sedangkan respon peserta didik dengan uji luas memperoleh kategori sangat baik, adapun hasil keterlaksanaan pembelajaran pertemuan I, II, dan III memperoleh kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa worksheet berbasis keterampilan proses dan karakter layak digunakan untuk tema lingkungan sahabat kita kelas V Sekolah Dasar
Keywords:
karakter, keterampilan proses, worksheetDownloads
References
Murniyetti, dkk. (2016). Pelakasanaan Pendidikan Karakter Terhadap Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 163.
Pamungkas, Aji., Bambang Subali, dan Suharto Lunuwih. 2017. Implementasi Model Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar.(https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/14562). Diakses pada tanggal 23 November 2020
Prasetyo, Rizki Noor dan Eka Trisnawati. 2018. Pengaruh Pembelajaran IPA berbasis Empat Pilar Pendidikan Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. (http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jipva/article/view/679). Diakses pada tanggal 14 Desember 2020
Sa'ria, S. Ngazizah, N. Adhe, L. 2021. Penilaian Keterampilan Proses Siswa Dalam Pembelajaran Daring.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work