PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK KURIKULUM 2013 BERBASIS KOMPETENSI PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Fitriana Devi Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Sony Irianto Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Sri Muryaningsih Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Keywords: Bahan Ajar, LKPD, Model Think Pair Square

Abstract

Penelitian ini merupakan Research and Development. Penelitian dan pengembangan bertujuan menghasilkan produk berupa sebuah LKPD Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7. Tujuan penelitian dan pengembangan ini antara lain; 1) Menghasilkan LKPD Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 kelas IV Sekolah Dasar, 2) Mengetahui validasi pakar terhadap kelayakan LKPD Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 kelas IV Sekolah Dasar, 3) Mengetahui respon guru terhadap LKPD Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 kelas IV Sekolah Dasar, 4) Mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 kelas IV Sekolah Dasar. Langkah-langkah penelitian mengacu pada model 4-D yaitu Tahap Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan, Penyebaran. Menurut Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Bentuk pengembangan bahan ajar yaitu dihasilkan berupa LKPD yang telah diuji cobakan secara terbatas pada kelas IV Sekolah Dasar. Hasil validasi LKPD bahwa LKPD mendapatkan kriteria “sangat baik” (4,43), hasil respon guru terhadap penggunaan LKPD pada saat melaksanakan pembelajaran mendapatkan kriteria “sangat baik” (4,9), dan hasil respon peserta didik setelah dilaksanakan uji coba secara terbatas mendapatkan kriteria “sangat baik” (4,68). Pengembangan bahan ajar LKPD untuk penelitian selanjutnya mencakup beberapa soal dalam satu tema dan menggunakan model pembelajaran Think Pair Square.

References

Ambarita, A. (2018). Developing Worksheet Based on Multiple Intelligences to Optimize the Creative Thinking Students. International Journal of African and Asian Studies, 47, 1-6.

Dakir. (2010). Perencanaan & Pengembangan Kurikulum. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Eka, N dan Muhammad. (2017). Pengembangan LKPD Tematik-Integratif Berbasis Karakter pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 1 (3), 62-68.

Faridhoh, L dan Ali. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Tematik-Integratif Berbasis Karakter pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 1 (5), 76-80.

Kemendikbud. (2013). Salinan Lampiran Permendikbud No. 67 tahun 2013 tentang kerangka dasar dan struktur kurikulum SD/MI. Jakarta. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Prasinta, D. (2018). Development of Inquiry Model Worksheet For 4th Grader Elementary School Students. Journal IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR- JRME), 8, 50-57.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

Yaqin, M., A, dkk. (2018). Think-Pair-Square Learning: improving student’s collaborative skills and cognitive learning outcome on animal diversity course. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia (Indonesia Journal of Biology Education). 4 (2), 135-142

Published
2020-05-22
How to Cite
Devi, F., Irianto, S., & Muryaningsih, S. (2020). PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK KURIKULUM 2013 BERBASIS KOMPETENSI PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 74-79. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.274