Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar

Authors

  • Elizabeth Meiske Maythy Lasut Universitas Klabat, Airmadidi
  • Deisye Supit Universitas Klabat, Airmadidi
  • Mareike S. D. Lotulung Universitas Klabat, Airmadidi

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5426

Abstract

Pendekatan konvensional dalam pembelajaran tidak lagi efektif untuk memenuhi kebutuhan peserta didik saat ini. Peserta didik menginginkan proses pembelajaran yang menarik, menantang, dan membangun kemandirian. Penggunaan TIK oleh guru menjadi salah satu solusi yang efektif untuk menciptakan pembelajaran yang sesuai dengan harapan peserta didik. Penelitian kuantitatif ini difokuskan pada pengaruh pemanfaatan TIK oleh guru dalam pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik kelas V di SD Advent Airmadidi. Dari 90 responden yang dilibatkan dalam penelitian, hasil menunjukkan bahwa tingkat pemanfaatan TIK oleh guru berada pada tingkat tinggi dan hasil belajar peserta didik juga menunjukkan hasil yang baik. Melalui uji regresi sederhana, peneliti menemukan adanya pengaruh yang signifikan dari pemanfaatan TIK oleh guru dalam pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik. Artinya, hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Hasil ini menunjukkan bahwa pemanfaatan TIK oleh guru secara maksimal dapat berkontribusi positif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar para guru terus memanfaatkan TIK secara maksimal dalam pembelajaran. Dengan menggunakan TIK, guru dapat menciptakan pembelajaran yang lebih menarik, interaktif, dan relevan dengan kebutuhan peserta didik. Hal ini terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan memberikan dampak positif dalam proses pembelajaran. Dalam kesimpulannya, penelitian ini menunjukkan pentingnya penggunaan TIK oleh guru dalam pembelajaran dan membuktikan bahwa pemanfaatan TIK berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik.

Keywords:

hasil belajar, peserta didik, pemanfaatan TIK dalam pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almeida, L. S., & Vasconcelos, R. (2008). Ensino superior em Portugal: Décadas de profundas exigências e transformações. Innovación Educ, 18, 23–34

Andriani, R., Andriany, D. A., & Lailla, S. K. (2021). Meningkatkan Kualitas Guru Dalam Menguasai TIK Melalui Program Microsoft Partner in Learning (PiL) dan Aplikasi Moodle. In Current Research in Education: Conference Series Journal (Vol. 1, No. 1).

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ariyani, D.D., Hastuti, K. P., & Alviawati E. (2014). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (ITK) sebagai Sumber Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 15 Banjarmasi. Jurnal Pendidikan Geografi, 1, (3), 51-59.

Ghavifekr, S. & Rosdy, W.A.W. (2015). Teaching and Learning With Technology: Effectiveness Of ICT Integration in Schools, International Journal of Research in Education and Science, 1(2015) 175-191.

Guedes, G.; Lourenço, J.M.; Filipe, A.M.; Moreira, M.A. (2007). Bolonha: Ensino e Aprendizagem por Projecto. Centro Atlântico: Lisboa, Portugal.

Hamalik, O. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hargreaves, A., Lieberman, A., Fullan, M., & Hopkins, D. (Eds.). (2010). Second international handbook of educational change (Vol. 23). Springer Science & Business Media.

Harliawan, H. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis TIK untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas VIII J SMP Negeri 5 Singaraja. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1).

Jamieson-Proctor, R., Albion, P., Finger, G., Cavanagh, R., Fitzgerald, R., Bond, T., & Grimbeek, P. (2013). Development of the TTF TPACK Survey Instrument. Australian Educational Computing, 27(3), 26-35.

Kristanto, FX. E.B. (2014). http://fxekobudi.net/tik-di-sekolah/kerangka-kompetensi-tik-guru-berdasarkan-unesco-ict-competency-framework-teachers/ diakses 23 September 2014

Mulyasa. (2002). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosda Karya

OECD. (2010). The OECD Innovation Strategy: Getting a Head Start on Tomorrow. OECD Publishing: Paris, France.

Pardede, P., & Sunarto, S. (2020). Persepsi Guru Dan Siswa Terhadap Penggunaan Tik Dalam Pembelajaran Di Sekolah Menengah Di Jakarta Dan Sekitarnya. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(3), 226-237. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/ jdp DOI: 10.33541/jdp.v12i3.1295

Risnawita, R. (2009). Hubungan Proses Belajar Mengajar Berbasis Teknologi dengan Hasil Belajar: Studi Metaanalis. Jurnal Psikologi, 36, (2), 164-176. Diambil dari https://jurnal. ugm.ac.id/jpsi/article/ download/7893/6126

Rusli. (2009). Teknologi dan Informasi dalam Pendidikan. Jakarta: Gaung persada.

Silalahi, U. (2009). Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT Refika Aditama

Sudibyo, L. (2011). Peranan dan Dampak Teknologi Informasi dalam Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal WIDYATAMA Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, 20(2), 175-185.

Sudjana, N. (2010). Dasar-Dasar Proses Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Syah, D. (2009). Strategi belajar Mengajar. Jakarta: Diadit Media.

Wardani, M. A. P. , Rufi’i, & Harwanto. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis ICT terhadap Pencapaian Hasil Belajar Sistem Computer Siswa. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 99-106.

Downloads

Abstract Views : 4636
Downloads Count: 1256

Published

2023-08-17

How to Cite

Lasut, E. M. M., Supit, D., & Lotulung, M. S. D. (2023). Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1401–1408. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5426

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.