Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia dengan Model Cooperative Script pada Siswa Kelas IV

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2125

Keywords:

model pembelajaran cooperative script, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Perlu diterapkannya model pembelajaran bervariasi diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Cooperative Script pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV dan mendeskripsikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan, dengan tahapan Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV UPTD SDN Mekarsari Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 33 siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui lembar observasi dan lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan penerapan model pembelajaran Cooperative Script pada siklus I sudah mencapai kategori baik dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi kategori sangat baik. Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai kategori cukup dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi kategori baik sekali. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Cooperative Script untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV UPTD SDN Mekarsari Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu Tahun Pelajaran 2021/2022 sudah tercapai.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-05-08

How to Cite

Rukmana, I. ., Khoimatun, K., & Sugiro, H. . (2022). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia dengan Model Cooperative Script pada Siswa Kelas IV . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 584–588. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2125

Issue

Section

Articles