Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Jigsaw Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kebowan 01

Authors

  • Indra Cahyo Saputro Univesitas Kristen Satya Wacana, Salatiga
  • Elvira Hoesein Radia Univesitas Kristen Satya Wacana, Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5068

Abstract

Matematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang dibutuhkan dalam berbagai aspek kehidupan sehingga sangat penting untuk dipelajari. Namun kenyataanya banyak ditemukan siswa masih kesulitan dalam belajar matematika. Hal ini ditunjukkan dengan keaktifan dan hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model pembelajaran kooperatif Jigsaw. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subjek dari semua kelas SD N Kebowan 01 adalah tes formatif dan lembar observasi. Hasil menggunakan jenis jigsaw dapat meningkatkan keaktifan dan  hasil belajar matematika siswa. Pada pra siklus siswa yang tuntasmelebihi KKM adalah 6 siswa (33%) dari 18 siswa. Setelah diberikan tindakan pada siklus I, terjadi peningkatan siswa yang tuntas sebanyak 11 siswa (61%), kemudian setelah dilakukan tindakan pada siklus II meningkat menjadi 16 siswa (89%) dari 18 siswa yang tuntas KKM.. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan model jigsaw dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan hasil belajar siswa. Guru dapat menggunakan model jigsaw pada kacamata lain dan siswa diharapkan lebih aktif dan bertanggung jawab untuk kegiatan diskusi kelompok.

Keywords:

jigsaw, Hasil Belajar, Keaktifan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariawan, & Pratiwi. (2017). Eksplorasi Kemampuan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Dalam Penyelesaian Soal Cerita Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 82–95. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/9184/6327. 82-95

Aufa, A., Hambali, D., & Resnani. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Peta Pikiran terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V SDN 01 Bengkulu Tengah. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(2), 284–290. https://doi.org/10.33369/juridikdas.4.2.284-290.

Gandasari, A., Purwatih, Y. E., Ege, B., & Subekti, M. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Jigsaw terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Tema Udara Bersih bagi Kesehatan. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 6(1). https://doi.org/10.31932/jpdp.v6i1.640.

Hariandi, A., & Cahyani, A. (2018). Meningkatkan keaktifan belajar siswa menggunakan pendekatan inkuiri di sekolah dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 353-371.

Isjoni. (2010). Cooperative Learning: Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Istichomah. (2021). Penerapan Metode Jigsaw untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Menyampaikan Informasi Berdasarkan Hasil Pengamatan. Jurnal Educatio, 7(4), 1551–1557. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1541.

Mahendra, E. (2017). Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika Dalam Pembelajar Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9257

Nopiyanto, Y. E., & Raibowo, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Penjas pada Mata Kuliah Filsafat Penjas dan Olahraga. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(2). https://doi.org/10.31258/jope.2.2.61-69

Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717-1724.

Putra, I. N. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Memahami Unsur Intrinsik Cerpen. Indonesian Journal of Educational Development, 1(4), 692–701. https://doi.org/10.5281/zenodo.4562064.

Rismawati, R., Rustono, & Nugraha, A. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 218–226.

Ruseffendi, E. T. (1991). Penilaian Pendidikan dan Hasil Belajar Siswa Khususnya dalam Pengajaran Matematika untuk Guru dan Calon Guru. Bandung: Tarsito

Slameto. (2015). Metodologi Penelitian & Inovasi Pendidikan. Salatiga: Satya Wacana University Press.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdikarya.

Susilo, R. H., Marli, S., & Salimi, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Jigsaw terhadap Hasil Belajar Tematik Kelas IV Sekolah Dasar. , 9(11). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(11). https://doi.org/10.26418/jppk.v9i11.43444.

Wardani, D. T. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievement Divisions) Dan Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Tahun Ajaran 2014/2015. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 3(2), 105–112. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v3i2.657

Wardani, N. S. (2015). Implementasi Pakem Melalui Model Pembelajaran Aktif Dalam Perkuliahan Konsep Dasar IPS SD Berbasis Pendidikan Kecakapan Hidup. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(2).

Wardani, N., Slameto, & Winanto, A. (2012). Asesmen Pembelajaran SD. Salatiga: Widya Sari Press.

Wardani, T., & Wiyasa, I. K. N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Catur Paramitha Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1), 25–33. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24358

Downloads

Abstract Views : 458
Downloads Count: 338

Published

2023-07-09

How to Cite

Saputro, I. C., & Radia, E. H. (2023). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Jigsaw Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kebowan 01. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1198–1203. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5068

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.