Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.11050Abstract
Literasi membaca merupakan keterampilan dasar yang penting bagi pengembangan diri siswa, namun tingkat literasi di Indonesia masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan literasi membaca siswa di SDN 3 Banyuning. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan 22 siswa kelas 1. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning dilakukan melalui langkah-langkah yang meliputi persiapan pembelajaran, kegiatan awal yang menarik, eksplorasi kelompok, presentasi, dan refleksi. Siswa menunjukkan keterlibatan yang tinggi, aktif berdiskusi, dan mampu menganalisis informasi dengan lebih baik. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan literasi membaca siswa secara signifikan, serta mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Penelitian ini menyarankan agar guru menerapkan model ini sebagai alternatif efektif dalam pembelajaran, serta pentingnya dukungan sumber daya dan pelatihan bagi guru untuk mengoptimalkan implementasi model pembelajaran yang inovatif.
Keywords:
literasi membaca, discovery learning, pendidikan dasar, keterlibatan siswa, metode pembelajaranDownloads
References
Abidin, N. R. Z. (2020). Literasi Membaca Sebagai Upaya Pembentuk Karakter Peserta Didik (Jujur dan Bertanggung Jawab). Seminar Nasional Pascasarjana 2020, 3(1), 790–797. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/download/669/587
Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Project based learning integrated to stem to enhance elementary school’s students scientific literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 261–267. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i2.5493
Asfar, A. M. I. T., & Nur, S. (2018). Model pembelajaran problem posing & solving: meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. CV Jejak (Jejak Publisher).
Eriansyah, Y., & Baadilla, I. (2023). Model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada muatan pelajaran bahasa indonesia di sekolah dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(3), 151–158.
Farahiba, A. S. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Peserta Didik Pada Materi Teks Anekdot. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(2), 146–154.
Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher).
Halim, A. (2024). Menumbuhkan Minat dan Keterampilan Literasi pada Siswa Kelas IV MIN 19 Bireuen. Mutiara: Multidiciplinary Scientifict Journal, 2(6).
Halimah, N. (2023). Analisis pembelajaran berdiferensiasi sebagai bentuk implementasi kebijakan kurikulum merdeka. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5019.
Hania, P., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Pemanfaatan Alat Peraga IPS Menggunakan Metode Discovery untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Mlajah 1 Bangkalan. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1).
Hapsari, A. E. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together berbantuan media interaktif untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 1–9.
Karina, M., Judijanto, L., Rukmini, A., Fauzi, M. S., & Arsyad, M. (2024). Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Prestasi Akademik: Tinjauan Literatur Pada Pembelajaran Kolaboratif. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(5), 6334–6343.
Marisya, A., & Sukma, E. (2020). Konsep model discovery learning pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar menurut pandangan para ahli. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2189–2198.
Muttaqiin, A., & Sopandi, W. (2016). Pengaruh model discovery learning dengan sisipan membaca kritis terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Syarif Hidayatullah State Islamic University Jakarta.
Nurbaety, M., Wicaksono, A. S., Mas’ udi, A., Fakhriyah, N., & Selnistia, R. (2024). Analisis Metode Mengajar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Madrasah Aliyah Asy-Syafi’iyyah Karangasem Margasari. SETYAKI: Jurnal Studi Keagamaan Islam, 2(3), 45–51.
Patandung, Y. (2017). Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan motivasi belajar IPA Siswa. Journal of Educational Science and Technology, 3(1), 9–17.
Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan metode pembelajaran berorientasi student centered menuju masa transisi kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8839–8848.
Pramesthy, A. P. D., Ulfiyani, S., Hidayahwati, R., & Ulumuddin, A. (2024). Gaya Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI-7 di SMA Negeri 14 Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(3), 831–839.
Prijanto, J. H., & De Kock, F. (2021). Peran guru dalam upaya meningkatkan keaktifan siswa dengan menerapkan metode tanya jawab pada pembelajaran online. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), 238–251.
Pujiman, P., Rukayah, R., & Matsuri, M. (2021). Penerapan prinsip manajemen kelas dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa di sekolah dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 124–128.
Purtina, A., Zannah, F., & Syarif, A. (2024). Inovasi Pendidikan Melalui P5: Menguatkan Karakter Siswa dalam Kurikulum Merdeka. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 19(2), 147–152.
Puspitasari, V., Rufi’i, & Walujo, D. A. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Model Diferensiasi Menggunakan Book Creator untuk Pembelajaran BIPA di Kelas yang Memiliki Kemampuan Beragam. Jurnal Education and Development Institut, 8(4), 310–319.
Putri, A., & Maknun, L. (2024). PROGRAM LITERASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 4(3), 174–178.
Sari, D. A. K., & Setiawan, E. P. (2023). Literasi baca siswa Indonesia menurut jenis kelamin, growth mindset, dan jenjang pendidikan: Survei PISA. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 1–16.
Sholeha, D. (2021). Upaya peningkatan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran discovery learning. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 218–225.
Sukmawati, H. (2021). Komponen-komponen kurikulum dalam sistem pembelajaran. Ash-Shahabah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 7(1), 62–70.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Made Rian Hariyantini, I Gede Suwindia, I Made Ari Winangun

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work