Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning in Science Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Sikap Spiritual Dan Hasil Belajar Agama Hindu Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.11134Abstract
Penelitian ini menguji dampak model Children Learning in Science (CLIS) yang didasarkan pada nilai-nilai Tri Kaya Parisudha (pikiran baik, perkataan baik, dan perbuatan baik) terhadap sikap spiritual dan hasil belajar siswa kelas empat SD di Gugus VII Banyuning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan fokus pada dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan model CLIS dan kelompok kontrol yang menerapkan metode konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes untuk mengevaluasi kinerja siswa dalam pelajaran agama Hindu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model CLIS secara signifikan meningkatkan sikap spiritual dan prestasi akademik siswa dibandingkan dengan metode konvensional. Kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan substansial dalam sikap spiritual, dengan skor yang meningkat dari rata-rata 75,6 menjadi 88,4. Selain itu, prestasi akademik juga meningkat secara nyata, dengan kelompok eksperimen mencapai nilai rata-rata post-test 85,7, dibandingkan dengan 75,2 pada kelompok kontrol. Analisis statistik mengkonfirmasi keefektifan model CLIS, dengan korelasi yang signifikan (r = 0,68) antara sikap spiritual dan hasil akademik. Pendekatan CLIS, yang diperkaya dengan nilai-nilai Tri Kaya Parisudha, menumbuhkan lingkungan belajar holistik yang mengintegrasikan pendidikan etika dan moral dengan inkuiri ilmiah.
Keywords:
Children Learning in Science, Tri Kaya Parisudha, spiritualDownloads
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta: Depdiknas.
Dewantara, K. H. (2013). Pendidikan. Yogyakarta: Taman Siswa.
Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sudjana, N. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2011). Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wisudawati, A. W., & Eka, F. M. (2014). Metodologi Pembelajaran Sains Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.
Wiyana, I. W. G. (2017). "Implementasi Tri Kaya Parisudha dalam Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar." Jurnal Pendidikan Hindu, 5(2), 123-135.
Yusuf, S. (2011). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ketut Surini, I Made Ari Winangun

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work