Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Smart Apps Creator untuk Melatih Keterampilan Membaca Puisi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v11i2.12885Abstract
Penelitian ini bertujuanuntuk mernacang dan mengembangkan pembelajaran interaktif multimedia menggunakan aplikasi Smart Apps Creator (SAC) yang dirancang khusus untuk melatih keterampilan peserta didik dalam membaca puisi. Multimedia ini dilengkapi dengan fitur atau konten seperti materi puisi, video latihan, video puisi, teks puisi, dan kuis interaktif. Bertujuan untuk melatih peserta didik dalam aspek pelafalan,intonasi,ekspresi wajah,irama dan gestur tubuh. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca puisi peserta didik di kelas VA di SD Negeri 2 Selabintana, kurang rasa percaya diri dan minimnya media pembelajaran yang menarik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan pengembangan model ADDIE. Hasil validasi dari ahli materi, media, dan praktisi menjukkan bahwa produk ini dinilai “Sangat Layak” dengan skor tata-rata lebih dari 95%. Uji coba pada 25 peserta didik menjukkan peningkatan signifikan dengan nilai N-Gain score 0,78 masuk ke dalam kategori tinggi dan hasil persentase dengan skor 78,79% masuk ke dalam kategori efektif. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa multimedia pembelajaran interaktif berbasis SAC tidak hanya efektif untuk melatih keterampilan membaca puisi, tetapi juga mampu memotivasi peserta didik untuk berekspresi dengan percaya diri melalui pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan
Keywords:
Pengembangan, multimedia pembelajaran interaktif, aplikasi Smart Apps Creator, keterampilan membaca puisiDownloads
References
Akbar, M., Nizaar, M., Fujiaturrahman, S., Haifaturrahmah, & Sari, N. (2022). Keefektifan Media Audio Visual Berbasis Etnosains Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Paedogoria, 2(2020), 17–23.
Al Fatah, S. M., Jupriyanto, J., & Cahyaningtyas, A. P. (2019). Analisis Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pesona Dasar, 7(2), 18–25. Https://Doi.Org/10.24815/Pear.V7i2.14755
Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar [Development Of Video-Based Interactive Learning Multimedia To Increase Learning Interest Of Elementary School Students]. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327.
Aulia Nur Hakim, L. Y. (2024). Dampak Teknologi Digital Terhadap Pendidikan Saat Ini. Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(1), 145–163. Https://Publisherqu.Com/Index.Php/Pediaqu
Belva Saskia Permana, Lutvia Ainun Hazizah, & Yusuf Tri Herlambang. (2024). Teknologi Pendidikan: Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 19–28. Https://Doi.Org/10.55606/Khatulistiwa.V4i1.2702
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. Https://Doi.Org/10.21070/Halaqa.V3i1.2124
Dalimunthe, A., Affandi, M., & Suryanto, E. D. (2021). Pengembangan Modul Praktikum Teknik Digital Model Addie. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 8(1), 17. Https://Doi.Org/10.24114/Jtikp.V8i1.26777
H Helly, A. M., Lagu, D. B., & Blegur, I. K. S. (2022). Pemanfaatan Smart Apps Creator Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android. Circle : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(02), 158–168. Https://Doi.Org/10.28918/Circle.V2i02.6101
Harianto, E. (2020). Keterampilan Membaca Dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Didaktika, 9(1). Https://Ejournal.Iaifa.Ac.Id/Index.Php/Salimiya
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation And Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation And Evaluation) Model In Islamic Education Learning. Jurnal Uin, 1(1), 28–37.
Irfan, M. (2025). Pengaruh Multimedia Pembelajaran Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Di Sd Negeri 122 Tassipi Kecamatan Amali Kabupaten Bone. 02(03), 423–428.
Ismulya, E. S. (2020). Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi Siswa Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Siswa Di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Jurnal Persada, Iii(3), 176–181.
Kaunang, M. (2022). Penggunaan Pendekatan Emotif Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Puisi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. 1(1).
Lutfiana Baroditus Sobakhah, A. M. B. (2019). Pengembangan Media Pop Up Book Untuk Pembelajaran Membaca Puisi Kelas I Sd. Jtiee, 3(1).
Nafitri, S. E., Mz, A. F. S. A., & Kharisma, A. I. (2024). Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Sebagai Media Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. 4(2), 922–929. Https://Doi.Org/10.52562/Biochephy.V4i2.1346
Patricia, F. A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Materi Himpunan Berbasis Puzzle Dengan Pendekatan Kontekstual. 9(4), 1112–1122.
Rabhani, A. P., Maharani, A., Putrie, A. A., Anggraeni, D., Azisabil, H. F., Cantika, I., Cahyani, I., Destianti, L. L., Mahmud, P. T., & Firmansyah, R. (2020). Audit Sistem Informasi Absensi Pada Kejaksaan Negeri Kota Bandung Menggunakan Framework Cobit 5. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 9(2), 275–280. Https://Doi.Org/10.32736/Sisfokom.V9i2.890
Rachmah, L. L. (2025). Pengembangan Media Pakar Untuk Pengenalan Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Kelompok B. 12(2), 191–199.
Sari, H. V., & Suswanto, H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Mengukur Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer Jaringan Dasar Program Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 1008–1016. Http://Journal.Um.Ac.Id/Index.Php/Jptpp/
Wahyudi, W., Yahya, M. D., Jenuri, J., Susilo, C. B., Suwarma, D. M., & Veza, O. (2023). Hubungan Penggunaan Multimedia Dalam Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik. Journal On Education, 6(1), 25–34. Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V6i1.2910
Yogaswara, M. R. (2024). Pendekatan Teori Belajar Kontruktivisme Dalam Kurikulum Merdeka Melalui Media Asmblr 3d Pada Materi Fotosintesis. 4(4).
Yunanda, M., Karma, I. N., & Zain, M. I. (2023). Pengembagangan Media Kartu Gambar Berbantuan Teknik Scrambel Dalam Membaca Permulaan Siswa Kelas Iii Sdn 5 Danger Tahun Ajaran 2022/2023. Renjana Pendidikan Dasar, 3(1), 1–9. Https://Prospek.Unram.Ac.Id/Index.Php/Renjana/Article/View/332%0ahttps://Prospek.Unram.Ac.Id/Index.Php/Renjana/Article/Download/332/215
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Maulida Ajizah, Astri Sutisnawati, Iis Nurasiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work