Evaluasi Model Context, Input, Process dan Output Pada Program Sekolah Adiwiyata
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.7326Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripiskan evaluasi model CIPP pada program sekolah Adiwiyata di SDN 9 Sungai Raya. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian evaluasi model CIPP dengan tipe pendekatan kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru sekaligus tim adiwiyata, dan siswa yang totalnya berjumlah 4 orang terdiri dari 3 perempuan dan 1 laki-laki berumur dari 11 tahun sampai dengan 55 tahun dengan penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi serta instrumen utamanya adalah peneliti sendiri. Prosedur analisis data menggunakan model interaktif Milles dan Huberman. Temuan utama dalam penelitian ini diantaranya terdapat peraturan perundangan yang mendasari program, perumusan visi-misi sekolah, tersedia sumberdaya manusia sarana prasarana, kurikulum bermuatan Adiwiyata, kemitraan, dan karakter siswa yang berbudaya lingkungan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah evaluasi komponen context sudah memenuhi kriteria, evaluasi komponen input sebagian besar sudah terpenuhi, evaluasi komponen process dilaksanakan dengan baik, dan evaluasi komponen product menunjukan karakter siswa yang peduli dan merawat lingkungan dengan rutin bersih-bersih, menyiram tanaman, hemat air, dan hemat energi. Implikasi dari penelitian ini adalah menambah pengetahuan tentang pelaksanaan sekolah Adiwiyata khususnya bagi sekolah, peneliti selanjutnya, dan bagi para pembaca. Yang kedua memberikan hasil evaluasi dari pelaksanaan program Adiwiyata agar program bisa dilakukan lebih baik lagi di masa yang akan datang.
Keywords:
Evaluasi CIPP, Program AdiwiyataDownloads
References
Ananda R., Banurea K. (2017). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Medan : CV Widya Puspita
Ferdi W.P. (2013) Pembiayaan Pendidikan Suatu Kajian Teoritis, Puslitjak, Balitbang, Kemendikbud. dapat diunduh di https://www.researchgate.net/publication/323635921_Pembiayaan_Pendidika n_Suatu_Kajian_Teoritis/link/5aa147580f7e9badd9a42fb2/download
Handayani, T. (2014). Evaluasi Program Adiwiyata Dalam Mewujudkan. The Progressive and Fun Education Seminar The Progressive and Fun Education Seminar, Yogyakarta, 2014, 184–190. Dapat diunduh di https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/7645/21.pdf?sequence=1
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayan. (2011) Panduan Adiwiyata Sekolah peduli dan berbudaya lingkungan. Jakarta : Depdikbud. Diunduh dari https://www.scribd.com/doc/185890174/Buku-panduan-Adiwiyata-2011-final-pdf
Maryani, I. (2016). Evaluasi Pelaksanaan Program Sekolah Adiwiyata Ditinjau Dari Aspek Kegiatan Partisipatif Di Sdn Ungaran I Yogyakarta. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 1(3), 170. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v1i3.2723
Pelita, A. C., & Widodo, H. (2020). Evaluasi Program Sekolah Adiwiyata di Sekolah Dasar Muhammadiyah Bantul Kota. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(2), 145–157. https://doi.org/10.17977/um009v29i22020p145
Prawiro, S., & Hartmann, M. D. (2017). Evaluating the Implementation of Sekolah Adiwiyata ( Adiwiyata ) Program : Evidence from Indonesia. 12(6), 1483–1501. Dapat diunduh http://www.ijese.net/makale/1914.html
Prihantini, P. (2020) Rumusan Visi Misi dan Konsistensinya Terhadap Kultur Sekolah. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora. dapat diunduh di https://www.semanticscholar.org
Stern, M. J., Powell, R. B., & Hill, D. (2014). Environmental education program evaluation in the new millennium: what do we measure and what have we learned? Environmental Education Research, 20(5), 581–611. https://doi.org/10.1080/13504622.2013.838749
Subianto, B., & Ramadan, Z. H. (2021). Analisis Implementasi Program Adiwiyata Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1683–1689. dapat https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.900
Widodo H., Haryadi Didit (2019). Pengembangan Kurikulum Berbasis Adiwiyata Untuk Meningkatkan Kemampuan Practical Life. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 195-210. dapat diunduh di DOI: 10.31538/ndh.v5i2.558
Xiong, H., Fu, D., Duan, C., Liu, C. E., Yang, X., & Wang, R. (2013). Current status of green curriculum in higher education of Mainland China. Journal of Cleaner Production, 61, 100–105. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2013.06.033
Yachina, N. P., Khuziakhmetov, A. N., & Gabdrakhmanova, R. G. (2018). Formation and development of the regional system of continuous environmental education of a teacher. Ekoloji, 27(106), 1315–1322. dapat diunduh di http://ekolojidergisi.com/download/formation-and-development-of-the-regional-system-of-continuous-environmental-education-of-a-teacher-5413.pdf
Zhang, G., Zeller, N., Griffith, R., Metcalf, D., Williams, J., Shea, C., & Misulis, K. (2011). Using the Context, Input, Process, and Product Evaluation Model (CIPP) as a Comprehensive Framework to Guide the Planning, Implementation, and Assessment of Service-learning Programs. Journal of Higher Education Outreach and Engagement, 15(4), 57–84. tersedia http://openjournals.libs.uga.edu/index.php/jheoe/article/view/628
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Astuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work