Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Keterampilan Membaca Intensif Melalui Media Koran di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1275Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai mata pelajaran Bahasa Indonesia topik membaca intensif untuk menentukan gagasan utama dan pendukung. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dalam membaca intensif untuk menentukan gagasan utama dan pendukung dengan menggunakan media koran. Desain prosedur penelitian ini menggunakan desain PTK yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, obeservasi dan refleksi.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data yang terdiri dari (1) pengumpulan data; (2) reduksi data; (3) penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada awal pra siklus nilai rata-rata kelas sebesar 66,75. Pada siklus I mengalami peningkatan yang semula 66,75 menjadi 73. Pada siklus II mengalami peningkatan rata-rata nilai menjadi 88. Simpulan penelitian ini bahwa penerapan media koran dapat meningkatkan minat dan hasil belajar keterampilan membaca intensif pada siswa kelas VI SDN 2 Warujayeng Nganjuk.
Keywords:
Minat, Hasil Belajar, Membaca Intensif, Media KoranDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work