Analisis Pembiasaan Berbahasa Jawa Krama Alus Untuk Membentuk Karakter Sopan Santun Peserta Didik Pada Fase B di SD
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v11i2.12774Abstract
Pembiasaan adalah salah satu metode dalam pendidikan berupa penanaman kebiasaan. Pembiasaan berbahasa Jawa Krama Alus yang dilakukan dapat menjadikan peserta didik mengerti akan tata krama sehingga menghasilkan suatu perilaku sopan santun. Cara pembiasaan berbahasa Jawa Krama Alus pada peserta didik yaitu dengan cara pembiasaan dalam berkomunikasi sehari-hari, menanamkan sikap sopan santun dalam berbahasa Jawa, dan melatih bersikap sopan santun dalam berperilaku. Tujuan dilakukannya penelitian ini yakni untuk mengetahui bagaimana analisis dan faktor pembiasaan berbahasa Jawa Krama Alus untuk membentuk karakter sopan santun di SDN 3 Mindahan Kidul, Batealit, Jepara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitiannya adalah pada pembiasaan berbahasa Jawa Krama Alus, sedangkan subjeknya ialah peserta didik fase B. Teknik pengumpulan data dilakukan meliputi Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses analisis pembiasaan berbahasa Jawa Krama Alus dilakukan di sekolah pada saat pembelajaran Bahasa Jawa. Adapun tujuan dari pembiasaan berbahasa Jawa Krama Alus diterapkan yaitu untuk menghargai orang yang lebih tua. Pembiasaan berbahasa Jawa Krama Alus yang dilakukan peserta didik menjadikan peserta didik mengerti akan tata krama sehingga menghasilkan suatu perilaku sopan santun. Pada budaya Jawa seseorang akan dianggap memiliki sopan santun ketika berbicara dengan orang yang lebih tua dengan menggunakan Bahasa Jawa Krama Alus.
Keywords:
Analisis pembiasaan, Berbahasa Krama Alus, Karakter sopan santunDownloads
References
Aeni, K. (2020). Metode penguatan pendidikan karakter peserta didik sekolah dasar (Studi kasus di SDIT Bias Assalam Kota Tegal). Jurnal Perseda, 3(3).
Agustina, R. (2020). Nilai santun dalam budaya masyarakat Jawa: Studi kasus di Desa Tritis Kabupaten Wonogiri. Jurnal Antropologi, 22(2), 123–136.
Arifin, Z. (2020). Pendidikan karakter: Membangun generasi emas melalui pembelajaran yang konsisten. Jakarta: Rineka Cipta.
Ariyanto, R. D., & Andrianie, S. G. S. H. (2020). Implementasi pendidikan karakter di masa pandemi Covid-19: Tantangan dan kontribusi. Prosiding Seminar Nasional FIP.
Artanto, W., & Amien. (2021). Media pembelajaran mengenai kosakata bahasa Jawa Krama untuk anak SD berbasis animasi motion graphic. Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa.
Baryadi, P. (2020). Penggunaan tingkat tutur bahasa Jawa sebagai representasi relasi kekuasaan. Jurnal Ilmiah Kebudayaan Sintesis, 14(1), 1–29.
Chaer, A. (2015). Morfologi bahasa Indonesia (Pendekatan proses). Jakarta: Rineka Cipta.
Hasanah, U., dkk. (2021). Implementasi bahasa Jawa Krama untuk membentuk karakter sopan santun santri di Pondok Pesantren Nurul Chusna Selomerto tahun pelajaran 2021/2022.
Hidayati, N. (2020). Peran pendidikan budaya dalam pembentukan identitas diri siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(1), 67–78. https://doi.org/10.1234/jpk.v6i1.7890
Hübscher, I., Garufi, M., & Prieto, P. (2019). The development of polite stance in preschoolers: How prosody, gesture, and body cues pave the way. Journal of Child Language, 46(5), 825-862. https://doi.org/10.1017/S0305000919000126
Moleong, L. J. (2020). Metodologi penelitian kualitatif. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(2), 123–135. https://doi.org/10.1709/jpp.v15i2.2345
Mustadi, A., dkk. (2018). Landasan pendidikan sekolah dasar. Yogyakarta: UNY Press.
Oktari, D., & Dewi, D. A. (2021). Pemicu lunturnya nilai Pancasila pada generasi milenial. Jurnal Pekan: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1). https://doi.org/10.31932/jpk.v6i1.1170
Purwanto, N. (2018). Pembiasaan berbahasa Jawa Krama Alus dalam meningkatkan kemampuan siswa memahami nilai-nilai budaya Jawa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 23(2), 145–158.
Putri, F. S., Fauziyyah, H., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi sikap sopan santun terhadap karakter dan tata krama siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4987–4994.
Putrihapsari, R., & Dimyati, D. (2021). Penanaman sikap sopan santun dalam budaya Jawa pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2059–2070. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1022
Rahardini, N. A., & Niswah, A. A. (2022). Revitalisasi bahasa minoritas di Indonesia. Jurnal Etnolingual, 6(2), 113–134.
Rahmawati, D. (2020). Pengaruh penggunaan bahasa Jawa Krama Alus terhadap kesadaran siswa terhadap pentingnya menjaga kesopanan dan kesantunan. Jurnal Pendidikan dan Psikologi, 28(1), 34–46.
Sari, D. P. (2021). Penggunaan bahasa Jawa Krama Alus dalam komunikasi antara guru dan siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 15(2), 123–135.
Setiawan, B. (2021). Budaya lokal dalam pendidikan: Membangun identitas dan karakter siswa. Bandung: Alfabeta.
Sitorus, R. (2021). Upaya meningkatkan sikap sopan santun siswa melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas XI. Journal of Education Action Research, 5(1).
Sukardi, A. (2023). Membangun karakter sopan santun di era modern. Surabaya: Penerbit Unesa.
Sudaryanto, T. (2017). Pengaruh penerapan bahasa Jawa Krama Alus terhadap kesadaran berbahasa dan kesadaran budaya siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 17(2), 123–135.
Sugiyono. (2021). Metode penelitian kualitatif: Pendekatan dan teknik. Bandung: Alfabeta.
Supriyadi, A. (2021). Bahasa Jawa Krama: Pengaruhnya terhadap pembinaan akhlak anak. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Thoyyibah, D., Attalina, S. N. C., & Widiyono, A. (2021). Pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap pembentukan karakter disiplin siswa kelas IV SDN 01 Bugel Kedung Jepara di era new normal. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 516–522. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4347
Widiati, U. (2019). Penggunaan bahasa Jawa Krama Alus dalam pembentukan karakter siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 25(1), 56–67.
Wijayanti, A. (2018). Penguatan karakter siswa melalui penggunaan unggah-ungguh bahasa Jawa. Jurnal Kebudayaan Jawa Tengah, 13(1).
Wiranti, D. A., & Munir, M. M. (2019). Pelatihan metode pembelajaran bahasa Jawa Krama untuk usia dini bagi guru RA dan MI. Journal of Dedicators Community, 3(2), 156–159.
Wulandari, S. (2022). Pengaruh pembelajaran bahasa Jawa Krama Alus terhadap pengenalan kearifan lokal di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(2), 123–135. https://doi.org/10.1234/jpk.v8i2.7890
Widiyono, A., Thoyyibah, D., Nasir, A. H. K., & Hidayatullah, M. L. (2019). Pengaruh reward dan punishment terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SDUT Bumi Kartini Jepara. Jurnal Tunas Nusantara, 1(2). https://doi.org/10.34001/jtn.v1i2.1461
Yulianto, B., Maruti, E. S., Suhartono, B., Yohanes, B., Shodiq, S., & Parji. (2023). Stimulating critical awareness of Javanese language in elementary schools: Exploring mother language teaching practices in Indonesia. Cogent Education, 10(1), Article 2202782. https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2202782
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Isnaini Noor Safitri, Dwiana Asih Wiranti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work