Upaya Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Aspek Literasi Siswa Melalui Perpustakaan

Authors

  • Chusnul Muali Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
  • Fathor Rohman Universitas Nurul Jadid, Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4151

Abstract

Di era pendidikan 4.0 banyaknya penurunan minat baca siswa dikarenakan beberapa hal, diantaranya berkembangnya IT, tersedianya geogle yang bisa membantu siswa menjawab segala pertanyaaan dan tersedianya beberapa akun media social yang digemari siswa-siswi seperti, Fb, Ig, Wa, Telegram, Line, Twitter dan bebrapa varian game online serta sepak bola sangat berdampak pada minat siswa dalam membaca.  Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang “Upaya Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Aspek Literasi Siswa Melalui Perpus SMA Tunas Luhur”, dengan menggunakan metodelogi penelitian Kualitatif  jenis study kasus di SMA Tunas Luhur tahun 2022. instrumen yang peneliti gunakan data dokumen, penggunaan hp dan recorder ketika wawancara berlangsung.  Berdasarkan hasil penelitian tersebut   upaya yang dilakukan kepala sekolah untuk mengembangkan aspek literasi siswa melalui perpustakaan SMA Tunas Luhur ada empat yaitu koleksi buku, program perpustakaan, system dan manajemen penyelenggaraan serta sarana  prasarana . Empat cara ini di upayakan oleh kepala sekolah untuk mengembangkan aspek litersai siswa di SMA Tunas Luhur terutama dalam hal membaca..

Keywords:

Kepala Sekolah, Literasi Siswa, Manajemen perpustakaan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2015). Pembelajaran Multiliteras. PT Refika Aditama.

Ayok, M. (2021). Pentingnya Kualitas Guru dan Keterlibatan Orang tua dalam Meningkatkan Kualitas Siswa. LOGON ZOES: Jurnal Teologi, Sosial Dan Budaya, 4(1), 77–88. https://doi.org/10.53827/lz.v4i1.27

Budiharto, Triyono, S. (2018). Literasi Sekolah Sebagai Upaya Penciptaan Masyarakat Pebelajar Yang Berdampak Pada Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 5(1), 153–166.

Dindin, M. S., Solahudin, M., Faizah, I., & Khairani, S. R. (2017). Konsep Mukmin dalam Tafsir Al-Qurán Bi Al-Imla’. Al-Bayan: Jurnal Studi Al-Qurán Dan Tafsir, 2(1), 10–20.

Ijah Rochimah Boru Sagala. (2021). Membangun Minat Membaca Anak Melalui Perpustakaan Sekolah.

Irman syarif, E. (2020). Pengadaan Taman Baca Dan Perpustakaan Keliling Sebagai Solusi Cerdas Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik SDN 30 Parombean Kecamatan Curio. Maspul Journal of Community Empowerment, 1(1), 109–117.

Mahfudh, M. R., & Imron, A. (2020). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Literasi Membaca Siswa di SMA Negeri 1 Kota Kediri. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 3(1), 16–30. https://doi.org/10.33367/ijies.v3i1.1138

Minsih, M., Rusnilawati, R., & Mujahid, I. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Sekolah Berkualitas Di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 29–40. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.8467

Mulyadi, M. (2011). Penelitian kuantitatif dan kualitatif serta pemikiran dasar menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1), 128–137.

Mutia, P., Atmazaki, & Nursaid. (2018). Implementasi aktivitas literasi di sma negeri batusangkar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(3), 257–266.

Nilda, N., Hifza, H., & Ubabuddin, U. (2020). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 12–18.

Rohim, Dhina Cahya, and S. R. (2020). PERAN LITERASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SEKOLAH DASAR. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p230-237.

Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis pengembangan budaya literasi dalam meningkatkan minat membaca siswa di sekolah dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151–164.

Ummami, W., Wandra, D., Gistituati, N., & Marsidin, S. (2021). Kebijakan Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1673–1682. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/984

Widodo, A. (2020). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), 11–21.

Ya’cub, M., & Ga’a, D. S. (2021). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Pengembangan Sarana Prasarana. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 60–69. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v2i2.67

Zahriani, N., Wahyuni, N. S., Siregar, D. K., & Pane, A. I. (2021). Upaya Kepala Sekolah Dalam Peningkatkan Kinerja Guru dan Partisipasi Orangtua Terhadap Pelaksanaan Aktivitas Pembelajaran Anak Pada Masa Pandemi Covid- 19 di TK Swasta Tunas Bangsa Medan Timur. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 92–109.

Downloads

Abstract Views : 447
Downloads Count: 267

Published

2023-01-30

How to Cite

Muali, C., & Rohman, F. (2023). Upaya Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Aspek Literasi Siswa Melalui Perpustakaan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 42–47. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4151