Manajemen Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMK
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6848Abstract
Salah satu kunci untuk mengatasi masalah pada mutu pembelajaran ialah dengan melakukan perubahan terhadap kurikulum. Tercapainya tujuan pembelajaran sangat dipengaruhi oleh faktor guru, siswa dan sistem pengelolaan kurikulum yang baik. Oleh karena itu manajemen kurikulum merdeka hadir untuk memberikan paradigma baru dalam dunia pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan manajemen kurikulum merdeka yang ada di SMK Negeri 1 Gending sehingga bisa menciptakan sistem pembelajaran yang baik untuk meningkatkan mutu dalam pembelajaran. Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMK Negeri 1 Gending di laksanakan dengan menerapkan metode pembelajaran intrakurikuler, ekstrakurikuler dan pembelajaran P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) siswa menjadi lebih aktif dan kreatif karena mereka diberikan kebebasan dalam menentukan gaya belajar yang mereka inginkan. Sehingga hal tersebut mampu meningkatkan kualitas dalam proses pembelajaran.
Keywords:
Manajemen Kurikulum Merdeka, Mutu Pembelajaran, SMK Negeri 1 GendingDownloads
References
Agus, A. H., Norman, E., Hamid, N., & Hasanah, U. (2023). Exploring Student Perspectives on Quality Assurance in Independent Curriculum Services within Educational Institutions. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(3), 763-778.
Akrim, A., Setiawan, H. R., Selamat, S., & Ginting, N. (2022). Transformation of Islamic education curriculum development policy in the national education system. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(7), 2538–2552. https://doi.org/10.18844/cjes.v17i7.7685
Aliyyah, R. R., Rasmitadila, Gunadi, G., Sutisnawati, A., & Febriantina, S. (2023). Perceptions of elementary school teachers towards the implementation of the independent curriculum during the COVID-19 pandemic. Journal of Education and E-Learning Research, 10(2), 154–164. https://doi.org/10.20448/jeelr.v10i2.4490
Ansari, A. H., Alpisah, & Yusuf, M. (2022). Konsep dan Rancangan Manajemen Kurikulum Merdeka di Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Manajemen Administrasi Sekolah-AKWF2305, 1(1), 34–45.
Aprilia, W. (2020). Organisasi dan Desain Pengembangan Kurikulum. Islamika, 2(2), 208–226. https://doi.org/10.36088/islamika.v2i2.711
Arisanti, D. A. K. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka Dan Platform Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 243–250. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386
Faradilla Intan Sari, Dadang Sunedar, & Dadang Anshori. (2022). Analisa Perbedaan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, Vol. 5(1), 146–151.
Hajriyah, H. B. (2020). Modernisasi Pendidikan Agama Islam Di Era Revolusi Industri 4.0. MOMENTUM : Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 9(1), 42–62. https://doi.org/10.29062/mmt.v9i1.64
Laksono, T. A. (2021). Isyarat-isyarat Manajemen Mutu Pendidikan Dalam Al-Qur’an dan Al-Hadits. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(1), 15–28. https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i1.38
Lince, L. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v1i0.829
Malikah, S., Ayuningsih, F., Nugroho, M. R., & Murtiyasa, B. (n.d.). Manajemen Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka. 4(4), 5912–5918.
Manado, I., Umar, M., & Ismail, F. (2017). Jurnal Pendidikan Islam Iqra ’ Vol. 11 Nomor 2 Tahun 2017 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan [FTIK] IAIN Manado. Manado, Iain Umar, Mardan Ismail, Feiby, 11(2), 1–24.
Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Maulidia, M., Shufiatuddin, S. R. A., Damastuti, R., Istiqomah, S. Al, Haq, R. R., & Sholeh, L. (2023). Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 6424–6431. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2781
Musthofa, M. D., & Agus, A. H. (2022). The Implementation of an Independent Curriculum in Improving The Quality of Madrasah Education. International Journal for Studies on Children, Women, Elderly and Disabled, 17, 187–192.
Nasbi, I. (2017). Manajemen Kurikulum: Sebuah Kajian Teoritis. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 318–330. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4274
Ningrum, A. S. (2022). Pengembangan Perangkat PembelajaranNingrum, A. S. (2022) ‘Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar ( Metode Belajar )’, in PROSIDING PENDIDIKAN DASAR, pp. 166–177. doi: 10.34007/ppd.v1i1.186. Kurikulum Merdeka Belajar ( Metode Belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1, 166–177. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.186
Nurwiatin, N. (2022). Pengaruh Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar dan Kesiapan Kepala Sekolah terhadap Penyesuaian Pembelajaran di Sekolah. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(2), 472–487.
Pitaloka, H., & Arsanti, M. (2022). Pembelajaran Diferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Pendidikan Sultan …, November, 2020–2023.
Rahayu, R., & Rahayuningsih, H. H. (2021). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2541-2549.
Rahmansyah, M. F. (2021). Merdeka Belajar: Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran di Sekolah/Madrasah. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 47–52. https://doi.org/10.18860/rosikhun.v1i1.13905
Sandria, A., Asy'ari, H., & Fatimah, F. S. (2022). Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembelajaran Berpusat pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), 63-75.
Sulfemi, W. B. (2018). Manajemen Kurikulum di Sekolah. STKIP Muhammadiyah Bogor, 3.
Zahwa, N., Hilda, N. R., Astuti, T. K., Weryani, W., Prasetyawati, Y., Zulkardi, Z., Nuraeni, Z., & Sukmaningthias, N. (2022). Studi Literatur: Implementasi Merdeka Belajar Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Matematika Selama Pandemi. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 110–119. https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1186
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Abu Hasan Agus R., Siti Ratnatus Solehah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work