Kurikulum Darurat Masa Pandemi dan Capaian Kompetensi Siswa di SDN Pameungpeuk Bandung

Authors

  • Waska Warta Universitas Islam Nusantara
  • Rita Sulastini Universitas Islam Nusantara
  • Neneng Yety Hanurawaty Universitas Islam Nusantara
  • Entuy Kurniawan Universitas Islam Nusantara
  • Yosephina Ardiani Septiati Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4413

Keywords:

Kurikulum Darurat, Masa Pandemi, SDN Pameungpeuk Bandung

Abstract

Pandemi COVID-19  mengakibatkan  adanya perubahan kurikulum, salah satunya dengan diberlakukannya  Kurikulum Darurat sebagai pengganti Kurikulum Tiga Belas (Kurtilas). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kurikulum masa pandemic dan capaian pembelajaran siswa SD Pameungpeuk Kabupaten Bandung Barat. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu memperoleh gambaran penerapan kurikulum darurat di SD Pameungpeuk Kabupaten Bandung Barat. Subjek dalam penelitian ini adalah ini adalah kepala sekolah, guru, siswa yang belajar dengan menggunakan Kurikulum Darurat dan orang tua murid.  Metode pengumpulan data adalah melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analis data mendeskripsikan secara mendalam aspek-aspek penerapan penggunaan kurikulum darurat di SD Pameungpeuk Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Hasil penelitian adalah pembelajaran daring di SD Pameungpeuk Cisarua Kabupaten Bandung Barat menggunakan metode JARONAH, JARUNGJUNG, JARNASI dan JALURAH untuk meminimalisir hambatan-hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Kesimpulan yang diperoleh adalah penggunaan kurikulum darurat dengan menggunakan metode pembelajaran secara daring  berdapak kurang baik terhadap penerapan kurikulum berikutnya,  serta berimbas pada sikap dan perilaku peserta didik yang sangat mengalami penurunan secara drastic. Untuk mengoptimalkan pembelajaran dimasa pasca pandemic disarankan untuk menggunakan rancangan model (Discovery/Inquiry Learning) dengan pendekatan humanistic.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, R. N., Fakhriyah, F., & Ahsin, M. N. (2021). Peran orang tua sebagai fasilitator anak dalam proses pembelajaran online di rumah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 105. https://doi.org/10.30659/pendas.8.2.105-117

Anjelin, A. E., & Purnomo, H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(3), 159–163. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i3.236

Fauzi, W. N. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Berbasis Online masa Pandemi Covid-19 di SDIT Luqman Al-Hakim Sleman. EL-HIKMAH: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 14(2), 171–186. https://doi.org/10.20414/elhikmah.v14i2.2885

Hamsa Ramadhan, A., Fadillah, H., Khaliza, R., & Nasution, I. (2022). Penerapan Kurikulum Darurat sebagai Strategi Pendidikan dalam Kondisi Pandemic Covid-19. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 401–407. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2383

Irmawati, I., & Kaltsum, H. U. (2022). Sarana dan Prasarana Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3918–3930. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.1629

Kurniawati, A. et al. (2022). Jurnal Pendidikan Analisis Efektivitas Metode Pembelajaran Daring Di Sd Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan, 13(1), 51–64.

Nurhasanah. (2020). Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19 pada Kelompok B.5 TK Kemala Bhayangkari Bone. Educhild, 2(2), 58–67. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/nsv42

Pratama, R. E., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i2.9405

Rahayu, A. D., & Haq, M. S. (2021). Sarana dan Prasarana dalam Mendukung Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09(1), 186–199.

Rahayu, G. D. S., & Firmansyah, D. (2019). Pengembangan Pembelajaran Inovatif Berbasis Pendampingan Bagi Guru Sekolah Dasar. Abdimas Siliwangi, 1(1), 17. https://doi.org/10.22460/as.v1i1p17-25.36

Ratiwi, R. D., & Sumarni, W. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Daring. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(ISSN: 2686 6404), 304–309.

Riyani, R., Sultan, M. A., & Yulia, H. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19 Pada tingkat Sekolah Dasar Analysis of Students’ Interest in Online Learning during the COVID-19 Pandemic at the Elementary School Level. Pinisi Journal of Education, 1(1), 231–238. https://ojs.unm.ac.id/PJE/article/view/25841/13037

Sugiyanto, R., Rahmawati, L., Ciciana, M., Fransiska, C., & Ayuningrum, S. F. (2021). Kesiapan Guru dalam Pembelajaran Daring di SD Lingkungan DAS Desa Pahandut. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 12(02), 196–204. https://doi.org/10.37304/jikt.v12i02.138

Ulfadhilah, K. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Efektif Di Masa Pandemi Pada Anak Usia Dini. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia DIni, 5(1), 1–17.

Downloads

Published

2023-02-13

How to Cite

Waska Warta, Rita Sulastini, Neneng Yety Hanurawaty, Entuy Kurniawan, & Yosephina Ardiani Septiati. (2023). Kurikulum Darurat Masa Pandemi dan Capaian Kompetensi Siswa di SDN Pameungpeuk Bandung . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 100–107. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4413