Survei Aktivitas Jasmani pada Waktu Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SMA Budi Utomo Jombang Tahun Ajaran 2021/2022

Authors

  • Risfandi Setyawan Pendidikan Jasmani, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Persatuan Guru Republik Indonesia, Jombang, Indonesia, 61418
  • Kahan Tony Hendrawan Pendidikan Jasmani, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Persatuan Guru Republik Indonesia, Jombang, Indonesia, 61418
  • Aditya Harja Nenggar Pendidikan Jasmani, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Persatuan Guru Republik Indonesia, Jombang, Indonesia, 61418

DOI:

https://doi.org/10.31949/respecs.v4i2.2636

Keywords:

Aktivitas Fisik, Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Sekolah Menengah Atas

Abstract

Perencanaan  pendidikan  jasmani dilakukan  secara  seksama  untuk  memenuhi perkembangan,  pertumbuhan,  dan  kebutuhan perilaku setiap anak. Salah satu dalam pendidikan di sekolah adalah pendidikan jasmani yang mempunyai arti, proses pembelajaran yang melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dalam perilaku hidup sehat, dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosional. Sebab itu pemerintah mulai mengatur strategi agar pembelajaran dapat dilaksanakan secara tatap muka. sehingga muncullah kebijakan baru tentang (PTMT) pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku seperti halnya  tenaga kependidikan telah melakukan vaksinasi, pembelajaran dilakukan dengan membatasi jam pertemuan, serta penerapan protokol Kesehatan yang ketat. Untuk tetap menjaga diri dan tetap terhindar dari Covid-19, maka tetap melakukan aktivitas fisik sebagai gerakan tubuh yang dihasilkan oleh otot rangka yang memerlukan pengeluaran energi. Aktivitas fisik diartikan sebagai setiap bentuk gerakan tubuh yang dihasilkan oleh otot-otot skeletal dan menghasilkan pengeluaran energi yang bermakna serta dibagi dalam kelompok ringan, sedang, dan berat. Setiap aktivitas yang dilakukan membutuhkan energi yang berbeda tergantung lama intensitas dan kerja otot. Aktivitas fisik melibatkan beberapa bentuk pengerahan tenaga fisik dan gerakan sukarela yang membakar kalori dan menyebabkan tubuh seseorang bekerja lebih keras dari biasanya.Aktivitas fisik adalah segala kegiatan atau aktivitas yang menyebabkan peningkatan energi oleh tubuh melampaui energi istirahat. Berdasarkan uraian diatas, penulis melakukan penelitian dengan judul “Survei Aktivitas Fisik Pada Masa PTM Terbatas Di SMA Budi Utomo Jombang Tahun Pelajaran 2021/2022”

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Callow, Daniel D., Arnold-Nedimala, Naomi A., Jordan, Leslie S., Pena, Gabriel S., Won, Junyeon, Woodard, John L., & Smith, J. Carson. (2020). The Mental Health Benefits of Physical Activity in Older Adults Survive the COVID-19 Pandemic. American Journal of Geriatric Psychiatry, 28(10), 1046– 1057. https://doi.org/10.1016/j.jagp.2020.06.0 24

Djalante, R. et al. (2020) ‘Review and analysis of current responses to COVID-19 in Indonesia: Period of January to March 2020’, Progress in Disaster Science, 6, p. 100091. doi: 10.1016/j.pdisas.2020.100091

Haskell, W . L.,I. Lee, R. R. Pate, K. E. Powell, S. N. Blair, B. A. Franklin, C. A. Macera, G. W. Heath, P. D. Thompson and A. Bauman (2007). “Physical activity and public health : updated recommendation for adults from the American College of Sports Medicine and the American Heart Association.” Medicine and science in sports and exercise 39(8): 1423.

Pattanang, E, (2021). Perencanaan pelaksanaan pembelajaran tatap muka di Masa pandemi. Paskasarjana Universitas Kristen, hal vol2 hal 12-19.

Sofyan, D., Saputra, Y. M., Nurihsan, J., & Kusmaedi, N. (2021). Indonesian Ver-sion of the Healthy Lifestyle Beliefs Scale for College Student: A Psychometric Study. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 10 (1), 21-27. https://doi.org/10.15294/active.v10i1.44988

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung, Indonesia: Alfabeta

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &D.Bandung:Alfabeta.

World Health Organization, (2017). Physical Activity. http://www.who.int/mediacentre/factsheets/fs385/en Diakses 2 juni 2021.

WHO. World Health Organization, World Health Statistic Report 2015. Geneva

Woods, Jeffrey A., Hutchinson, Noah T., Powers, Scott K., Roberts, William O., Gomez-Cabrera, Mari Carmen, Radak, Zsolt, Berkes, Istvan, Boros, Anita, Boldogh, Istvan, Leeuwenburgh, Christiaan, Coelho-Júnior, Hélio José, Marzetti, Emanuele, Cheng, Ying, Liu, Jiankang, Durstine, J. Larry, Sun, Junzhi, & Ji, Li Li. (2020). The COVID-19 pandemic and physical activity. Sports Medicine and Health Science, 2(2), 55–64. https://doi.org/10.1016/j.smhs.2020.05.0 06

Downloads

Published

2022-06-23

How to Cite

Setyawan , R., Hendrawan, K. T., & Nenggar, A. H. (2022). Survei Aktivitas Jasmani pada Waktu Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SMA Budi Utomo Jombang Tahun Ajaran 2021/2022. JOURNAL RESPECS (Research Physical Education and Sports), 4(2), 64–72. https://doi.org/10.31949/respecs.v4i2.2636

Most read articles by the same author(s)