Analisis Kebutuhan Bahasa Inggris Mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Authors

  • Dariyanto Dariyanto 123Univeristas Bhayangkara Jakarta Raya, Jakarta
  • Asrori Yudha Prawira Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Jakarta, Indonesia
  • Awiria Awiria Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/respecs.v4i2.3496

Keywords:

Analisis kebutuhan, Bahasa Inggris, Mahasiswa PKO, ESP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan bahasa Inggris bagi  mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO). Analisis kebutuhan dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris memfokuskan pada target (target needs) dan kebutuhan pembelajaran (Learning needs). ESP sebuah pendekatan pengajaran bahasa Inggris dengan fokus pemenuhan kebutuhan pembelajar bahasa Inggris. Hal ini dimaksudkan untuk mencapai  pengajaran dan pembelajaran yang lebih efektif dan komprehensif. Mahasiswa untuk (non-English program) akan lebih akrab dengan bahasa Inggris berbasis kebutuhan dan disiplin ilmunya. Dengan ESP pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris diharapkan dapat memfasilitasi mahasiswa untuk mudah berkomunikasi dengan bidang ilmu yang mereka tekuni. Desain ESP meminimalkan rendahnya penguasaan bahasa Inggris bagi pembelajar dengan tujuan tertentu. Tehnik pengumpulan data yang akan digunakan adalah kuesioner terhadap 42 mahasiswa, dan wawancara langsung terhadap  dosen bahasa Inggris dan dosen PKO. Hasil analisis kebutuhan bahasa Inggris mahasiswa PKO: pentingnya pembelajaran bahasa Inggris untuk meningkatkan dan menguasai bahasa komunikasi yang diaplikasikan dalam konteks percakapan ataupun praktikum. Materi bahasa Inggris yang berkaitan dengan istilah-istilah bahasa Inggris yang relevan dengan program studi kepelatihan olahraga menjadi target pembelajaran. Materi-materi lain yang bersifat aplikatif dalam peningkatan keterampilan menyimak dan berbicara juga menjadi prioritas pembelajaran. Metode pembelajaran beragam untuk bahasa Inggris bagi mahasiswa PKO menjadi pilihan yang harus dirancang oleh dosen pengampu. Hasil penelitian diharapkan menjadi referensi untuk desain dan pengembangan silabus khususnya mata kuliah bahasa Inggris.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alsamadani, H.A. (2017) ‘Needs analysis in ESP context: Saudi engineering students as a case study.’, Advances in Language and Literary Studies, 8(6), pp. 58–68.

Damanik, W., Sinambela, E. and Pasaribu, A.N. (2021) ‘Needs Analysis of English for Specific Purposes At Politeknik Gihon’, Journal of English Educational Study (JEES), 4(1), pp. 79–88. doi:10.31932/jees.v4i1.1157.

Farah, R.R. (2021) ‘Exploring the English Needs of Mechanical Engineering Students in ESP Class: Indonesian University Context’, Al-Ta lim Journal, 28(1), pp. 76–82. doi:10.15548/jt.v28i1.627.

Hutchinson, T. and Water, A. (1987) English for Specific Purposes. Cambridge: Cambridge University Press.

Indrasari, N. (2016) ‘English for Specific Purposes: A Need Analysis at The Second Semester of Physics Education Students of IAIN Raden Intan Lampung in The Academic Year of 2015/2016’, English Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris, 9(1), pp. 161–172.

Munir, S. (2014) ‘Pengembangan Materi Ajar Bahasa Inggris untuk Agen Travel (Sebuah Kajian English for Occupational Purposes )’, Pengembangan Humaniora, 14(3), pp. 260–274.

Nation, I.S.P. and Macalister, J. (2010) Language Curriculum Design. New York: Routledge.

Rahman, M. (2015) ‘English for Specific Purposes (ESP): A Holistic Review’, Universal Journal of Educational Research, 3(1), pp. 24–31. doi:10.13189/ujer.2015.030104.

Richard, Jack, C. (1997) From Reader to Reading Teacher: Issues And Strategies for Second Language Classrooms. United Kingdom: Cambridge University Press.

Richard, Jack, C. (2001) Curriculum Development in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

Richards, J.C. and Renandya, W.A. (2002) Methodolgy in Language Teaching: An Anthology of Currenct Practice. Cambride: Cambride Press.

Widianingsih, B. and Listyaningrum, R. (2019) ‘A Need Analysis Of English Learning For Designing English Curriculum And Worksheet ( A Case Study for the sixth semester of Electrical Engineering Students in the Academic Year of 2015/2016 at State Polytechnic of Cilacap)’, Epigram, 15(2), pp. 135–144. doi:10.32722/epi.v15i2.1247.

Wulandari1, R.Z., Muhsin2, M.K. and Tambunan (2016). ‘A Need Analysis of English for Specific Purposes (ESP) for Nursing Students at SMKS Kesehatan Kendari’, 4(1), pp. 1–23.

Zhou, X. (2018) ‘Curriculum Design and Teaching Practice of ESP: A Case of Electric Power English at NEEPU’, DEStech Transactions on Social Science, Education and Human Science, (icems), pp. 78–82. doi:10.12783/dtssehs/icems2018/20102.

Downloads

Published

2022-07-30

How to Cite

Dariyanto, D., Prawira, A. Y., & Awiria, A. (2022). Analisis Kebutuhan Bahasa Inggris Mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga. JOURNAL RESPECS (Research Physical Education and Sports), 4(2), 177–191. https://doi.org/10.31949/respecs.v4i2.3496