Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Jogoroto pada Saat PTM Terbatas Semester Genap 2021/2022

Authors

  • Achmed Zoki Pendidikan Jasmani, STKIP PGRI Jombang, Jawa Timur, Indonesia
  • Moh. Zaim Zen Pendidikan Jasmani, STKIP PGRI Jombang, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/respecs.v4i2.2965

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Jogoroto pada saat Pembelajaran Tatap Muka Terbatas semester genap 2021/2022. Penelitian menggunakan metode survey dengan teknik tes, pengukuran menggunakan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia Usia 13-15 tahun. Populasi dengan 475 peserta didik dengan 3 tingkatan kelas, sampel penelitian kelas VII sebanyak 160 peserta didik dengan teknik pengambilan menggunakan purposive sampling. Teknik pengambilan data 5 item tes yang dirancang oleh Tes Kesegaran Jasmani Indonesia meliputi: (1) 50 m lari sprint, (2) gantung angkat tubuh, (3) baring duduk 60 detik, (4) loncat tegak dan (5) lari jarak menengah 800/1000 meter. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 2 peserta didik masuk kategori baik dengan 1.25%, sebanyak 50 peserta didik masuk kategori sedang dengan 31.25%, sebanyak 108 peserta didik dengan 67.5% dan 0% untuk kategori baik sekali dan kurang sekali. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa tingkat kebugaran jasmani peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Jogoroto pada saat pembelajaran tatap muka terbatas masuk kategori kurang. Hasil ini sebagai dasar pembelajaran semester depan, guna meningkatkan tingkat kebugaran jasmani peserta didik yang masih dibawah rata-rata.

Keywords:

Kebugaran Jasmani, Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abduh, et al., (2020). Analisis Hubungan Tingkat Kesegaran Jasmani terhadap Hasil Belajar Siswa. JOSSAE (Journal of Sport Science and Education), 5(2), 75-82.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Untuk Sekolah Dasar. Mata pelajaran pendidikan jasmani. Jakarta: Dikdasmen.

Erlina. (2012). Pengertian Pendidikan Jasmani. Jakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Giriwijoyo, S. (2007). Ilmu Kesehatan Olahraga (Sport Medicine). Bandung: Fakultas Pendidikan Olahraga dan Pendidikan UPI. https://kbbi.web.id/tatap%20muka

Kemendiknas. (2010). Tes Kebugaran Jasmani Indonesia. Jakarta: Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani.

Lengkana, A.S., Muhtar, T. (2021). Pembelajaran Kebugaran Jasmani. CV Salam Insan Mulia.

Mukholid, A. (2004). Pendidikan Jasmani dan Olah raga. Jakarta: Yudhistira.

Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Pekik, D.I. (2000). Dasar-dasar Latihan Kebugaran. Yogyakarta: Lukman Offset.

Syamsul, R. S., et al (2022). Profil Tingkat Kebugaran Jasmani di Masa New Normal Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Batuputih Kabupaten Kolaka Utara. Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 2(1), 36-49

Yanuarius, R.N., (2022). Profil Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta Didik SMP Di Masa Pandemi. Jurnal Penjakora, 9(1), 62-70

Downloads

Abstract Views : 214
Downloads Count: 212

Published

2022-07-19

How to Cite

Zoki, A., & Zen, M. Z. (2022). Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Jogoroto pada Saat PTM Terbatas Semester Genap 2021/2022. JOURNAL RESPECS (Research Physical Education and Sports), 4(2), 98–104. https://doi.org/10.31949/respecs.v4i2.2965