Meningkatkan Hasil Belajar Forehand Tenis Meja Menggunakan Metode Problem Solving

Authors

  • Kahan Tony Hendrawan Pendidikan Jasmani, STKIP PGRI Jombang, Jawa Timur, Indonesia
  • Faisol Hamid Pendidikan Jasmani, STKIP PGRI Jombang, Jawa Timur, Indonesia
  • Novita Nur Synthiawati Pendidikan Jasmani, STKIP PGRI Jombang, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/respecs.v4i2.2952

Abstract

Pendidikan jasmani dan kesehatan itu pendidikan melalui gerak manusia. Akibat dari hal tersebut, maka pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan harus mampu mengembangkan seluruh aspek pribadi manusia, dan harus berpegang teguh kepada norma-norma pendidikan. Dasar dasar pendidikan jasmani dan kesehatan merupakan peganggan pelaksanaan tugas. (Sukintaka, 2008:36). Definisi ini mengandung makna bahwa, pendidikan jasmani merupakan suatu mata pelajaran yang kompleks, dengan memanfaatkan aktivitas jasmani sebagai sarana untuk mencapai tujuan dari pendidikan Penguasaan terhadap teknik dasar merupakan unsur pokok dalam pembelajaran tenis meja. Tolak ukur keberhasilan dalam pengajaran tenis meja adalah penguasaan keterampilan teknik dasar meliputi servis, smash, forehand, backhand. Peneliti mencoba melakukan penelitian dengan harapan ingin melihat ada atau tidaknya masalah dalam proses pembelajaran tenis meja Berdasarkan permasalahan di atas, maka diperlukan metode pembelajaran yang tepat salah satunya dengan cara menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan pendidikan jasmani. Untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Forehand Tenis meja Dengan Menggunakan Metode Problem Solving Pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani Angkatan 2019 A STKIP PGRI Jombang.

Keywords:

Hasil Belajar, Forehenad Tenis Meja, Problem Solving

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, dkk. 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya

Asri, Novri 2020. Pengaruh Latihan Forehand Ke Dinding Terhadap Hasil Forehand Drive Tenis Meja Siswa Smp Negeri 1 Tanjung Batu

Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. YRAMA WIDYA

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Dimyanti, dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Ekawarna. 2011. Penelitian Tondakan Kelas. Jakarta: Gp Press

Fadillah Muhammad.2012. Desain Pembelajaran Paud. Yogyakarta:Acruzz Media

Haryanti. 2010. Penerapan model Pembelajaran Problem Solving Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Mata Pelajaran IPS Terpadu SMP Negeri 2 Jatiyoso Tahun Ajaran 2009/2010.

Hodges, Larry. (2007). Tenis Meja Tingkat Pemula. Jakarta:Raja Grafindo Persada

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Malang: Pustaka Pelajar

Nurhasan, 2010. Tes Dan Pengukuran Dalam Pendidikan Jasmani. Jakarta: Dirjen Olahraga

Sardiman, A. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sukintaka. 2008 Teori Pendidikan Jasmani. Bandung: Yayasan Nuansa Cendekia

Suwandi,Fendy Aprianto. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Passing Bawah BolaVoli Dengan Model Pembelajaran Problem Solving Pada Siswa Kelas V SDN Sambirejo 3 Wonosalam Kabupaten Jombang Tahun Pelajaran 2016/2017.Skripsi. SEKOLAH TINGGI KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN PERGURUAN TINGGI REPUBLIK INDONESIA. JOMBANG. Skripsi tidak diterbitkan

Winarno, M.E. 2006. Tes Keterampilan Olahraga. Malang: Laboratorium Jurusan Ilmu Keolahragaan

Downloads

Abstract Views : 282
Downloads Count: 392

Published

2022-07-20

How to Cite

Hendrawan, K. T., Hamid, F., & Synthiawati, N. N. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Forehand Tenis Meja Menggunakan Metode Problem Solving. JOURNAL RESPECS (Research Physical Education and Sports), 4(2), 105–116. https://doi.org/10.31949/respecs.v4i2.2952