IMPLEMENTASI TEKNIK MOTION GRAPHIC DAN VFX TERHADAP VIDEO EDUKASI CYBERBULLYING

Authors

  • Ade Bastian Universitas Majalengka
  • Dadan Zaliluddin Universitas Majalengka
  • Dadan Romadhoni Universitas Majalengka
  • Yucky Putri Erdiyanti Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/infotech.v8i2.2329

Keywords:

Cyberbullying, Video Edukasi, Motion Graphic, Visual Effect

Abstract

Perkembangan teknologi di dunia maya dapat diterapkan dalam pembuatan multimedia. Multimedia dapat memberikan informasi dengan cara yang lebih efektif dan menarik perhatian. Multimedia edukasi saat ini terus dikembangkan salah satunya melalui pembuatan video edukasi. Video edukasi merupakan suatu tampilan multimedia yang dirancang untuk menginformasikan pesan dan bertujuan untuk mendidik, memberikan ilmu pengetahuan, serta mengembangkan potensi diri yang ada dalam diri setiap manusia. Cyberbullying sebagai tindakan mengintimidasi menggunakan media atau perangkat elektronik, tindakan perundungan di media sosial adalah tindakan yang disengaja oleh pelaku dengan maksud atau tujuan yang menyebabkan timbulnya kerugian, tindakan yang selalu dilakukan secara konsisten atau berulangulang. Masih banyaknya pihak yang menganggap tindakan cyberbullying merupakan tindakan wajar mendorong produksi video edukasi ini. Mengkombinasikan ilustrasi, foto atau bentuk seni digital lainnya yang divisualisasikan menjadi video motion graphic. Penelitian ini menggunakan metode Pipeline Production berupa edukasi penanganan cyberbullying. Video Live action dibantu dengan visual effect untuk menambah dinamis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

D.E. Kurniawan, A. Dzikri, H. Widyastuti, E. Sembiring, and R.T. Manurung, “Smart Mathematics : A Kindergarten Student Learning Media Based on The Drill and Ptractice Model”, J. Phys. Conf. Ser., Vol 1175, p. 12037, Mar. 2019.
Puspita, N. and W. Wardiyah, “The Development of Motion Graphic As Education Material for Promoting Adequate Home Drug Storage”, SANITAS : Jurnal Teknologi dan Seni Kesehatan, Vol. 10 No. 2, pp. 92-101, 2019.
Hase, C.N., Goldberg, S. B., Smith, D., Stuck, A., & Campaign, J. (2015). Impacts of Traditional Bullying And Cyberbullying on the Mental Heatlh of Middle School and High School Students. Psychology in the School, 607-617.
Hellsten, Laurie-ann., M. (2017). An Introduction to Cyberbullying Outline: Methodological Issues in Researching Cyberbullying. University of Saskatchewan, Canada.
Ismail. (2019). Apa Itu Storyboard Dan Cara Menggunakannya Dalam Produksi. Retrieved February 19, 2022, from studioantelope: https://studioantelope.com/apa-itu-storyboard
Krasner, Jon. (2008). Motion Graphic Design : Applied History and Aesthetics. Oxford: Focal Press.
Munir. (2013). Multimedia dan Konsep Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Okun, J.A. (Ed.), Zwerman, S. (Ed.), Fink, M., Morie, J.F., et al. (2010). The VES Handbook of Visual Effects: Industry Standard VFX Practices and Procedures. Oxford: Focal Press.
Rahman, A., Aryani, F., & Sinring, A. (2018). Pengembangan Media Video Bimbingan Konseling untuk Mengurangi Perilaku Bullying. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling.
Savitri, J. M., & Nugraha, N. D. (2018). Perancangan Motion Graphic Sebagai Media Edukasi Bullying Anak Untuk Orangtua. eProceedings of Art & Design.
Sapty, Flourensia Rahayu. (2012). Cyberbullying sebagai Dampak Negatif Penggunaan Teknologi Informasi. Journal of Information System, Volume 8, Issue 1, April 2012, pp 22-31.

Downloads

Published

21-06-2022

How to Cite

Ade Bastian, Dadan Zaliluddin, Dadan Romadhoni, & Yucky Putri Erdiyanti. (2022). IMPLEMENTASI TEKNIK MOTION GRAPHIC DAN VFX TERHADAP VIDEO EDUKASI CYBERBULLYING. INFOTECH Journal, 8(2), 1–5. https://doi.org/10.31949/infotech.v8i2.2329

Issue

Section

Articles